Dampak pandemi COVID-19 memengaruhi berbagai macam sendi ekonomi, di antaranya industri pariwisata. seperti rute pesawat, biro perjalanan, akomodasi dan transportasi yang ikut sepi peminat, hingga akhirnya berdampak pada destinasi pariwisata yang sepi. 

Tak bisa dipungkiri keadaan saat ini memang belum sepenuhnya terkendali, tetapi bukan berarti kita tak bisa berlibur sama sekali. Apakah kamu rindu pemandangan alam, udara segar, atau suara debur ombak di tepi pantai? Jika iya, enam kiat ini bisa dilakukan untuk turut membangkitkan industri pariwisata. 

1. Memilih destinasi yang aman

6 Cara untuk Bantu Industri Pariwisata Saat Pandemi Corona  Unsplash.com / Jeremie Cremer

Pilihlah tujuan wisata yang aman, sehingga mengurangi risiko dan memastikan liburanmu akan menyenangkan. Misalnya dengan melakukan survei terlebih dahulu lokasi yang ingin dituju, seperti keadaan kota atau negara yang tingkat penularan COVID-19 nya rendah. Sementara itu jika tujuannya dekat dengan tempat tinggal, pastikan tujuan wisata tersebut berada di zona wilayah hijau. Tetapi pastikan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan menjauhi lokasi yang berpotensi untuk berkerumun. 

2. Pesan penginapan di hotel atau villa

6 Cara untuk Bantu Industri Pariwisata Saat Pandemi Corona  Pexels.com / Elina Sazonova

Tidak hanya hotel-hotel bergengsi yang mengalami dampak karena kekurangan jumlah pengunjung, tetapi resort pribadi ataupun apartemen yang disewakan melalui aplikasi seperti airBnB pun bernasib sama. Pilihlah lokasi yang aman, seperti jauh dari keramaian atau memberikan fasilitas private. Misalnya, sewa villa yang memiliki pemandangan indah dan menyediakan segala keperluanmu. Tetapi jangan lupa untuk selalu membawa perlengkapan sanitasi dan menjaga kebersihan di manapun kita berada. 

3. Membeli makanan take away di tempat tujuan

6 Cara untuk Bantu Industri Pariwisata Saat Pandemi Corona  Unsplash.com / Dan Burton

Saat membawa bekal terasa cukup merepotkan, kemudian menikmati makanan secara langsung di restoran terasa kurang nyaman, kita tetap bisa menikmati makanan dan minuman di tempat wisata tersebut dengan cara take away. Aman untuk kamu dan orang lain juga.

4. Destinasi terdekat

6 Cara untuk Bantu Industri Pariwisata Saat Pandemi Corona  unsplash.com/LeioMclarenLeiomclaren

Usahakan kamu memilih destinasi liburan yang tidak melibatkan menggunakan transportasi umum, agar terhindar dari risiko penularan virus corona di tempat umum. Manfaatkan wisata alam di daerahmu sendiri, sebagai ajang pamer kekayaan daerahmu. Siapa tahun bisa membuat orang lain tertarik dan turut menambah pemasukan dan geliat ekonomi di daerahmu juga.

5. Unggah foto berliburmu di media sosial

6 Cara untuk Bantu Industri Pariwisata Saat Pandemi Corona  unsplash.com/FallonMichael

Paling penting, bawa obat-obatan pribadi dan vitamin sebagai penunjang daya tahan tubuhmu, ya, Bela. Ketika kamu sedang bersenang-senang liburan, terkadang kamu tidak menyadari bahwa tubuhmu sudah kelelahan. Jadi, selalu konsumsi vitamin sebelum beraktivitas.

6. Jangan sebarkan hoax tanpa dukungan data yang valid

6 Cara untuk Bantu Industri Pariwisata Saat Pandemi Corona  Pexels.com / Andrea Piacquadio

Hindari menyebarkan hoax atau informasi-informasi yang tidak valid, karena bisa menimbulkan keresahan. Lebih baik sebarkan berita positif ataupun informasi tentang tips bagaimana melakukan perjalanan yang nyaman dan sesuai dengan protokol saat pandemi berlangsung. Selain positif, kita juga bisa membantu orang lain untuk berlibur dengan aman. 

Sudah siap merencanakan liburanmu, Bela?

Baca Juga: Dari Museum Hingga Wisata Religi, 5 Rekomendasi Liburan di Tangerang

Baca Juga: 6 Air Terjun Menakjubkan yang Layak Masuk ke dalam Wishlist Liburanmu

Baca Juga: 6 Rekomendasi Vila Mewah di bawah Rp 2 Juta