Kalau ada yang bilang liburan itu cuma menghabiskan uang dan gaji, pendapat tersebut nggak benar  Bela. Sebab kamu bisa memanfaatkan peluang mendapatkan uang kembali usai liburan. Seru banget kan bisa liburan dan tetap produktif di luar jam kerja? Mau tahu apa saja kegiatan serunya? Ini empat hal yang bisa kamu lakukan, Bela.

1. Kirimkan foto, video dan tuliskan perjalananmu travelingmu ke media

4 Cara Menghasilkan Uang Saat Liburan Tanpa Bekerja, Ini Triknyapexels.com/Oliver Sjöström

Kamu melakukan traveling ke luar negeri atau tempat-tempat eksotis lainnya? Jangan disia-siakan Bela dengan kemampuan fotografi dan menulis kamu bisa menjadikannya sebagai uang nantinya. Tetapi untuk menghasilkan foto-foto yang berkualitas tinggi kamu harus mempelajari keterampilan fotografi dan bagaimana cara menggunakan kamera yang layak untuk menghasilkan foto berkualitas. 

Nggak cuma bisa jadi dokumentasi aja tetapi bisa kamu jual ke agency atau website free photo. Terus kalau kamu memiliki bakat untuk menulis kamu dapat menjual artikel perjalananmu ke media online ataupun cetak karena kini banyak media yang memberikan peluang untuk penulis lepas mengirimkan karya-karyanya.

2. Sewakan Ruangan Rumahmu

4 Cara Menghasilkan Uang Saat Liburan Tanpa Bekerja, Ini Triknyapexels.com/Terje Sollie

Kamu mempunyai rumah yang keren akan ditinggal lama selama liburan? Daripada di diamkan kosong begitu saja mendingan kamu manfaatkan dengan menyewakannya. Kamu bisa menjual jasa tersebut sendiri atau melalui website seperti Airbnb. Karena kini banyak para turis yang mencari alternatif menginap tidak hanya di hotel atau hostel saja tetapi di rumah. Kalau kamu merasa rumahmu rapi dan nyaman ditempati maka bisa jadi kandidat nih. 

3. Membeli Barang Bermerk untuk Dijual Kembali

4 Cara Menghasilkan Uang Saat Liburan Tanpa Bekerja, Ini Triknyapexels.com/Godisable Jacob

Ketika kamu ke luar negeri seperti Amerika dan Eropa jangan disia-siakan, kamu dapat menggunakan kesempatan ini untuk membeli beberapa barang bermerk lokal atau mewah yang bisa kamu jual kembali karena biasanya barang-barang bermerk secara dramatis memiliki harga jual lebih murah ketika dibeli di negara asal mereka daripada di Indonesia.

Supaya tidak rugi, kamu dapat memanfaatkan media sosial untuk menawarkan barang yang bisa dipastikan laku seperti Instagram, Facebook dan media sosial lainnya. Hanya saja tetap ikuti aturan setiap negara ya, kalau jumlahnya terlalu banyak kamu harus menggunakan izin bea cukai.

4. Jadi Personal Shopper

4 Cara Menghasilkan Uang Saat Liburan Tanpa Bekerja, Ini Triknyapexels.com/freestocks.org

Kalau berlibur rasanya nggak sah kalau tidak berbelanja, daripada menjadi turis yang boros cukuplah beli barang seperlunya saja. Karena berlibur bisa menjadi ajang berbisnis yang populer dengan sebutan Personal Shopper atau Jasa Titipan (Jastip). Caranya kamu memberikan jasa untuk membelikan titipan orang misalnya seperti tumbler sampai dengan makanan serta snack khas. Menariknya bagi si penitip ia juga tak perlu susah-susah ke luar negeri untuk mendapatkan barang yang ia inginkan dan kamu bisa mendapatkan fee karena membelikan titipan mereka. Asyik kan?

Sudah siap liburan produktif Bela?

Baca Juga: Nggak Kemana-Mana Liburan Nanti? Maraton 5 Film Keluarga Ini Yuk!