Hidup di kota besar salah satu tantangannya adalah kemacetan. Kamu pun harus rela berangkat lebih pagi untuk menghindari jam macet. Jika sudah terjebak macet, suasana hati dan aktivitas harian seketika bisa berubah. Oleh sebab itu bukan hal aneh, jika kamu nggak ingin bawa kendaraan pribadi. Memilih transportasi umum atau daring lebih praktis. Karena, lamanya perjalanan bisa digunakan untuk hal yang lebih produktif.

Ternyata, di dunia ada kota-kota yang dikenal dengan kepadatan lalu lintasnya. Penyebabnya sama, banyaknya kendaraan pribadi di jalanan. Berikut lima kota di dunia yang punya tingkat kemacetan yang tinggi, selain Jakarta.

1. Moscow

Deretan Kota yang Punya Kepadatan Lalu Lintas Tinggirbth.com

Merupakan kota dengan kemacetan paling tinggi di tahun 2018. Mereka bisa menghabiskan waktu sekitar 210 jam dalam setahun untuk menghadapi kemacetan. Penyebabnya adalah, banyaknya masyarakat yang pergi ke pusat bisnis dan perkantoran di jam sibuk. Ini dipengaruhi oleh pertumbuhan jumlah penduduk di perkotaan dan transportasi umum. Selain itu, lebar jalan yang sudah nggak cukup menampung volume kendaraan.

2. Istanbul

Deretan Kota yang Punya Kepadatan Lalu Lintas Tinggidriveaway.com.au

Di tahun 2018, akumulasi kemacetan di kota ini mencapai 157 jam. Menjadi negara nomor dua dengan kemacetan paling parah menurut INRIX Global Traffic Scorecard. Kepadatan penduduk menjadi salah satu faktor penyebab kemacetan yang terjadi di kota ini. Solusi untuk mengurangi kemacetan, pemerintah Turki berusaha memperbaiki infrastruktur dan membuat sistem transportasi yang baru. Puncak kemacetan yang terjadi di kota ini terjadi di sore hingga malam hari.

3. Bogota

Deretan Kota yang Punya Kepadatan Lalu Lintas Tinggiifera.org

Berada diurutan nomor tiga, mengemudi di kota ini akan menghadapi kemacetan hingga 272 jam di tahun 2018. Ibukota Colombia ini mendapatkan posisi pertama dengan kemacetan paling parah di kawasan Amerika Selatan. Untuk mengurangi parahnya kemacetan, pemerintah setempat menyediakan BRT sebagai transportasi umum. Adanya fasilitas transportasi umum diharapkan masyarakat setempat mulai mau memanfaatkannya.

4. Los Angeles

Deretan Kota yang Punya Kepadatan Lalu Lintas Tinggien.wikipedia.org

Dijuluki dengan kota mengemudi, karena akan menghabiskan sekitar 80% kegiatan di jalanan. Tentu saja ini bisa membuat stres dan nggak nyaman. Jalan kota yang punya 6 jalur untuk satu arah ini ternyata nggak cukup menampung padatnya kendaraan di kota Los Angeles. Kota ini masih menduduki posisi kelima sebagai kota dengan kemacetan tinggi di Amerika Serikat. Tahun 2018, rata-rata mereka menghabiskan waktu 128 jam.

5. Bangkok

Deretan Kota yang Punya Kepadatan Lalu Lintas TinggiBangkokAttractions.com

Kota di kawasan Asia Tenggara yang terkenal macet, selain jajanan pinggir jalan yang menggoda. Kalau kamu pernah pergi kesini tentu setuju, kan. Fenomena ini menjadi permasalahan serius di Thailand. Penyebabnya yaitu, terlalu banyak kendaraan pribadi yang melintas. Rata-rata mereka menghabiskan waktu mengemudi dan menghadapi kemacetan antara 64-70 jam per satu tahun. Hampir sama dengan Jakarta, jalanan Bangkok dipenuhi dengan mobil dan motor sebagai kendaraan pribadi.

Kemacetan menjadi salah satu dampak yang harus diterima ketika suatu kota mengalami pertumbuhan penduduk dan ekonomi. Nggak heran kalau jumlah kendaraan di jalan juga bertambah.

Baca Juga: Sekali Seumur Hidup Kamu Wajib Coba Jalan-Jalan Seperti Ini