Jika kamu menghabiskan waktu di Instagram, kamu mungkin memperhatikan bahwa Islandia telah menjadi tujuan perjalanan yang sangat populer.

Negara nordik yang terletak di Eropa Timur ini menawarkan beberapa pemandangan alam paling indah di dunia, dengan gletser, air terjun, pantai berpasir hitam, geyser, dan lainnya. Sangat mudah bagi para wisatawan untuk menjelajahi kota Reykjavík yang trendi, berkunjung spa panas bumi Blue Lagoon yang populer, dan mengikuti rute wisata Golden Circle.

Meskipun penduduk setempat ramah menyambut turis, mereka juga mengamati bahwa pata turis ini sering membuat beberapa kesalahan selama menginap. Inilah beberapa kesalahan yang sebaiknya kamu hindari saat berkunjung ke Islandia, Bela.

1. Membeli air mineral

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Turis Ketika Berkunjung ke IslandiaUnsplash.com/Timo Voß

Ternyata jika kita membeli air kemasan di Islandia, hal ini membuat penduduk lokal nggak suka, Bela. Mereka menganggap air kemasan sangat nggak ramah lingkungan. Penduduk setempat mengklaim bahwa air keran mereka berkualitas sangat baik sehingga aman untuk dikonsumsi dan gratis. Pelajaran untukmu jika berkunjung ke Islandia, lebih baik bawa tumblr  dan kamu bisa mengisinya dengan air minum. Selain lebih hemat, kamu juga berkontribusi mengurangi sampah plastik.

2. Nggak bawa baju hangat atau jaket

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Turis Ketika Berkunjung ke IslandiaUnsplash.com/Roland Denes

Meski setiap pagi stasiun televisi lokal akan memberikan informasi mengenai ramalan cuaca, namun penduduk lokal menyarankan untuk membawa baju hangat atau jaket ke mana pun kamu pergi. Sebab, cuaca bisa berubah sangat ekstrem dalam waktu 24 jam saja. Walaupun cuaca cerah dan kamu berkunjung saat musim panas, jangan lupa untuk membawa mantel atau jaket di tasmu, ya!

3. Mencoba terlalu banyak kegiatan dalam satu waktu

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Turis Ketika Berkunjung ke IslandiaUnsplash.com/Simon English

Luas Islandia memang kecil, namun bukan berarti kamu bisa melakukan banyak hal sekaligus di waktu yang bersamaan, Bela. Kamu harus membuat opsi jadwal kegiatan yang teratur dengan rentang waktu yang nggak berdekatan. Sebab, kondisi jalan yang sempit dan cuaca yang nggak bisa diprediksi bisa mengacaukan jadwal yang sudah kamu buat.

4. Tidak menghargai cuaca

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Turis Ketika Berkunjung ke IslandiaUnsplash.com/Craig Whitehead

Lagi-lagi soal cuaca menjadi kesalahan yang sering dilakukan para turis saat berkunjung ke Islandia. Perhatikan ramalan cuaca atau pasang aplikasi pemantau cuaca di ponsel supaya kamu bisa mempersiapkan diri dengan keadaan yang terburuk.

5. Tidak mencoba makanan lokal

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Turis Ketika Berkunjung ke Islandiaguidetoiceland.is/

Kalau hal ini nggak kamu lakukan, menjadi kesalahan terbesarmu saat berkunjung ke Islandia. Banyak makanan tradisional yang harus kamu cicipi karena nggak akan kamu temui di negara lain. Misalnya, ada hidangan kepala domba yang direbus dengan rasa super lezat. Wajib coba, nih!

Seperti itulah hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan di Islandia. Memiliki iklim dan cuaca yang tak menentu, membuat kamu harus siap dengan segala yang terjadi di setiap harinya. Jadi, kalau mau berlibur ke Islandia, harus selalu siap dengan keadaan apapun, ya. Hargai pula tata krama di negar tersebut, agar perjalananmu menyenangkan.

Baca Juga: 16 Makanan Khas Islandia yang Bikin Geleng-Geleng Kepala

Baca Juga: Tips Travelling ke Islandia dengan Low Budget

Baca Juga: Keindahan Islandia yang Bikin Kita Takjub Seketika