Semenjak pemerintah menetapkan status endemi, aktivitas masyarakat kini berangsur normal, termasuk aktivitas plesir ke luar negeri. Mengutip dari data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penumpang tujuan luar negeri naik 55,77% per April 2022. Sejalan dengan meningkatnya perjalanan internasional yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia, transaksi wisatawan asal Indonesia di luar negeri juga semakin meningkat.

Saat ini pun, Popbela yakin, kamu juga sudah mulai merencanakan perjalanan ke luar negeri. Baik itu untuk urusan pekerjaan, atau sekadar healing dari penatnya rutinitas. Supaya healing nggak bikin rekening kering, simak beberapa tips berikut dari Bank OCBC NISP ini, yuk!

Rencanakan tujuan wisata dan tanggal keberangkatannya

Tips Healing Tapi Nggak Bikin Kantong Kering dari Bank OCBC NISPUnsplash.com/Toa Heftiba

Supaya liburanmu tenang dan rapi, kamu perlu menyusun berbagai rencana yang diperlukan. Mulai dari lokasi negara tujuan, kapan waktu berangkat, biaya yang dibutuhkan, serta berapa lama kamu akan tinggal di sana. Dengan membuat rencana ini, kamu bisa mengestimasikan waktu, sehingga kamu bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum waktu cuti liburan tiba. Jadi, saat sedang berlibur, tak ada lagi gangguan telepon pekerjaan.

Selain itu, estimasi biaya juga penting. Kamu bisa mulai menabung dan menyisihkan berapa banyak dari pendapatan agar liburanmu tenang. Jangan lupa untuk menyesuaikan kurs mata uang negara yang kamu tuju agar kamu bisa berbelanja dengan bebas dan aman.

Mencicil biaya dari jauh hari agar punya bekal lebih banyak

Tips Healing Tapi Nggak Bikin Kantong Kering dari Bank OCBC NISPInstagram.com/Kartuposinsta

Dalam acara diskusi media dengan Bank OCBC NISP yang digelar pada 6 Juli 2022, Travel Enthusiast Kenny Santana atau yang dikenal dengan akun Instagram @Kartuposinsta berbagi tips kepada Popbela soal persiapan traveling yang sering dilakukannya. Menurut Kenny, penting baginya untuk menabung dengan jumlah yang cukup agar saat traveling nanti tidak kekurangan uang dan masih memiliki dana darurat jika terjadi hal yang tak diinginkan.

"Biasanya aku lihat dulu, nih, ada jangka waktu berapa lama sampai ke tanggal traveling-ku. Dari situ aku rutin menabung untuk ongkos. Biasanya kalau kurs lagi murah, aku bisa nabung banyak. Jadi sistemnya, aku beli menabung valas sesuai dengan mata uang tujuan traveling-ku nanti," ungkap Kenny.

Bisa jadi tips yang bisa kamu tiru, nih, Bela.

Bank OCBC NISP memudahkan traveling-mu dengan menghadirkan Kartu Debit Global Wallet

Tips Healing Tapi Nggak Bikin Kantong Kering dari Bank OCBC NISPDok. OCBC NISP

Untuk memberi kemudahan, kenyamanan dan keamanan bagi kamu dalam bertransaksi di luar negeri, khususnya saat ingin traveling, Bank OCBC NISP menghadirkan Global Wallet, fitur terbaru yang tersedia pada Kartu Debit Mastercard. Dengan Kartu Debit Global Wallet, nasabah NYALA OCBC NISP dan Premier Banking OCBC NISP dapat melakukan tarik tunai di ATM luar negeri, serta bertransaksi belanja di berbagai negara dengan 11 mata uang asing. Transaksi tersebut akan langsung didebet dari saldo rekening mata uang asing nasabah, artinya tidak ada konversi kurs.

"Kartu Debit Global Wallet merupakan produk unggulan yang kami hadirkan untuk seluruh nasabah setia Bank OCBC NISP. Nasabah dapat bepergian ke luar Negeri dengan aman dan nyaman ketika melakukan tarik tunai di ATM atau melakukan transaksi pembayaran di merchant yang akan langsung di debit dari rekening valas sesuai dengan mata uang negara tersebut, tanpa ada konversi kurs," ujar Andrae Krishnawan W, Direktur Bank OCBC NISP, mengutip dari rilis yang diterima Popbela.

Ada 11 mata uang asing dalam satu kartu

Tips Healing Tapi Nggak Bikin Kantong Kering dari Bank OCBC NISPDok. OCBC NISP

Kartu Debit Global Wallet ini mencakup kemudahan bertransaksi untuk 11 mata uang asing, yaitu USD, AUD, SGD, JPY, EUR, HKD, CHF, NZD, CAD, GBP dan CNH. Artinya, untuk kamu yang sedang bepergian ke luar negeri dapat bebas bertransaksi di puluhan negara yang menggunakan mata uang tersebut sebagai alat pembayaran.

"Untuk transaksi pembayaran di merchant, selain tidak ada konversi kurs, juga tidak ada biaya administrasi. Begitu pula untuk penarikan tunai di Singapura, Nasabah dapat menikmati bebas biaya pada lebih dari 500 ATM OCBC Singapura. Urusan keuangan selama jalan-jalan menjadi aman dan dapat fokus berlibur di negara tujuan wisata favorit," jelas Chinni Yanti selaku Personal Banking Tribe Leader & Retail Proposition Head Bank OCBC NISP dalam acara peluncuran Kartu Debit Global Wallet di Jakarta, 6 Juli 2022.

Belanja dan traveling dengan rasa tenang

Tips Healing Tapi Nggak Bikin Kantong Kering dari Bank OCBC NISPDok. OCBC NISP

"Kalau biasanya kita berbelanja di Singapura, misalnya, menggunakan kartu debit biasa dengan mata uang rupiah, saat berbelanja yang terdebet uang rupiah itu akan mengikuti kurs saat itu dan malah bikin mahal. Padahal kalau dihitung lagi, belanja di Singapura mungkin bisa lebih murah, tapi karena kurs saat itu sedang naik, jadi harganya ikut mahal. Ini yang bikin kita khawatir saat bertransaksi di luar negeri. Kartu Debit Mastercard Global Wallet ini salah satu keuntungannya adalah mengatasi kekhawatiran itu," lanjut Chinni.

Kartu Debit Mastercard Global Wallet merupakan salah satu dari rangkaian #SolusiValasTanpaBatas dari Bank OCBC NISP. Selain dapat berbelanja tanpa khawatir soal kurs, masih ada keuntungan lainnya yang dapat kamu nikmati. Seperti, kemudahan mengelola keuangan dalam 12 mata uang melalui satu rekening; transaksi jual-beli valas dengan kurs yang kompetitif melalui ONe Mobile maupun melalui kantor cabang; menabung secara online dan real-time; transfer ke luar negeri dengan Telegraphic Transfer (TT) melalui aplikasi One Mobile; serta kemudahan mengambil uang valas di 83 kantor cabang Bank OCBC NISP.

#SolusiValasTanpaBatas dari Tabungan dan Kartu Debit Global Wallet OCBC NISP juga sangat bermanfaat untuk persiapan dana pendidikan anak ke luar negeri, saat anak bersekolah di luar negeri, untuk pembayaran pengobatan di luar negeri, serta jadi solusi para pebisnis dengan kebutuhan transaksi dan transfer valas.

Kemudahan yang dihadirkan #SolusiValasTanpaBatas dari Bank OCBC NISP mendapatkan
sambutan yang positif dari nasabah. Hal ini terlihat dari peningkatan transaksi valas di ONe Mobile yang cukup signifikan pada kuartal I 2022 jika dibandingkan periode yang sama pada tahun 2021.

Tips Healing Tapi Nggak Bikin Kantong Kering dari Bank OCBC NISPPopbela.com/Niken Ari

Bagi kamu yang telah memiliki rekening tabungan OCBC NISP dan ingin mendapatkan Kartu Debit Global Wallet dapat menukarkan kartu ATM/Debit yang dimiliki saat ini dengan menghubungi Relationship Manager atau dengan mengunjungi kantor cabang OCBC NISP
terdekat.

Bagi yang belum menjadi nasabah OCBC NISP, segera unduh dan buka rekening melalui aplikasi One Mobile atau datang ke cabang terdekat (aktifkan dan nikmati layanan NYALA OCBC NISP) Informasi selengkapnya mengenai Kartu Debit Global Wallet, hubungi Tanya OCBC NISP di 1500-999 atau kunjungi ocbcnisp.id/liburanhepi.

Siap liburan tanpa rasa khawatir, Bela?

Baca Juga: Liburan Hemat, 8 Wisata Seru di Daegu Ini Harus Kamu Kunjungi

Baca Juga: 5 Tips Jitu Liburan Hemat dengan Low-Budget

Baca Juga: Niat Estetik, 15 Foto Liburan Ini Malah Mematahkan Ekspektasi