Beberapa hari belakangan, viral sebuah video yang direkam oleh seorang pengguna TikTok yang sedang berlibur di Malang dan menginap di hotel bernama Niagara. Sejak awal kedatangannya, video yang diunggah di akun dengan nama @fmpeg ini sudah merasakan keanehan. Seperti keadaan hotel yang sepi, tak ada pegawai sama sekali, serta merasa seolah ada yang memerhatikannya. Tak sampai 15 menit, @fmpeg memutuskan untuk meninggalkan hotel tersebut dan mencari penginapan lain.

https://www.youtube.com/embed/VCSAQ6DcObg

Hotel Niagara yang berlokasi di Malang ini memang benar-benar menyimpan misteri dan terkesan horor. Pada tahun 2018 lalu, tim PM:AM IDNTimes pernah membuat video untuk mengeksplorasi hotel tersebut. Dari hasil video mereka, berikut ini sejarah kisah mistis tentang Hotel Niagara, bangunan angker di Kota Malang.

Sejarah Hotel Niagara

Sejarah dan Kisah Mistis Paling Terkenal di Hotel Niagara MalangYouTube.com/IDNTimes

Hotal Niagara berdiri sejak tahun 1900-an dan merupakan rancangan arsitek asal Brazil, bernama Fritz Joseph Pinedo. Sejak dirancang, hingga selesai, bangunan tersebut membutuhkan waktu 15 tahun untuk proses pembangunannya.

Setelah jadi, bangunan bergaya Eropa, Brazil dan Tionghoa ini digunakan sebagai vila oleh pemiliknya yang berasal dari Tiongkok, Liem Sian Joe. Di awal tahun 1900-an, vila menjadi bangunan yang banyak didirikan di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, karena udaranya yang sejuk.

Di tahun 1920, Liem Sian Joe memutuskan untuk pindah ke Belanda dan menyerahkan vila tersebut ke ahli waris mereka. Sayangnya, oleh sang ahli waris, bangunan tersebut dibiarkan tak terawat. Sampai akhirnya sekitar tahun 1940-an, vila tersebut dihuni oleh beberapa keluarga yang tak jelas asal-usulnya.

Baru pada tahun 1960, ahli waris Liem Sian Joe menjual bangunan ini kepada pengusaha kaya asal Surabaya bernama Ong Kie Tjai. Oleh Ong Kie Tjai, vila tersebut direnovasi dan difungsikan sebagai hotel dengan nama Hotel Niagara pada tahun 1964.

Melihat sejarah Hotel Niagara yang kerap berganti pemilik dan sempat terbengkalai begitu saja, tak heran jika banyak kisah mistis di baliknya. Apa saja kisah mistis Hotel Niagara ini?

1. Manusia berlumuran darah di lantai bawah tanah

Sejarah dan Kisah Mistis Paling Terkenal di Hotel Niagara MalangYouTube.com/IDNTimes

Cerita mistis pertama datang dari lantai bawah tanah Hotel Niagara. Ruang bawah tanah hotel tersebut dipercaya pernah digunakan sebagai lokasi pemakaman korban pembantaian di masa kolonial. Beberapa orang mengaku pernah melihat penampakan badan manusia yang berlumuran darah.

2. Three Beautiful Ghosts di lantai tiga

Sejarah dan Kisah Mistis Paling Terkenal di Hotel Niagara MalangYouTube.com/IDNTimes

Selanjutnya dan paling terkenal, adanya hantu tiga noni Belanda berparas cantik yang menghuni lantai tiga Hotel Niagara. Beberapa pengunjung mengaku pernah melihat noni cantik dengan pakaian khas zaman kolonial. Karena penampakan itu, banyak pengunjung yang menjulukinya dengan sebutan Three Beautiful Ghosts.

3. Gadis yang berubah menjadi sosok perempuan tua yang mengerikan di atap

Sejarah dan Kisah Mistis Paling Terkenal di Hotel Niagara MalangYouTube.com/IDNTimes

Selanjutnya di bagian atap Hotel Niagara. Meski menghadirkan pemandangan Kabupaten Malang yang indah, atap Hotel Niagara tak luput dari kisah mistis. Di masa lalu, ada seorang perempuan keturunan Belanda yang nekat mengakhiri hidupnya dengan gantung diri, di salah satu kamar di lantai 4. Ia melakukan hal itu karena cemburu suaminya berselingkuh dengan perempuan lain.

Konon, arwahnya masih ada di bangunan tersebut dan berkeliaran di lantai 4 dan atap. Beberapa pengunjung mengaku pernah melihat sosok perempuan di atap dan lantai 4. Saat didekati, sosok itu berubah menjadi perempuan tua dengan wajah yang mengerikan.

4. Dilarang menggunakan kamar mandi luar mulai tengah malam

Sejarah dan Kisah Mistis Paling Terkenal di Hotel Niagara MalangYouTube.com/IDNTimes

Ada satu peraturan yang wajib kamu patuhi saat akan menginap di Hotel Niagara. Yakni, pengunjung dilarang menggunakan kamar mandi luar di lantai tiga, mulai dari tengah malam, hingga dini hari. 

Banyak yang percaya, bahwa jika kita menggunakan kamar mandi tersebut pada tengah malam, kita akan mendengar suara tangisan anak kecil yang memiliki wajah yang menyeramkan. Versi lain menyebutkan, anak kecil yang menangis tersebut tidak memiliki wajah yang menyeramkan. Namun, ia memiliki posisi kepala yang terbalik.

5. Kamar khusus untuk makhluk halus

Sejarah dan Kisah Mistis Paling Terkenal di Hotel Niagara MalangYouTube.com/IDNTimes

Beberapa kamar di Hotel Niagara sengaja ditutup permamen dan nggak boleh disewa oleh pengunjung. Ada satu kamar yang memang nggak disewakan kepada pengunjung karena konon kamar tersebut hanya disewakan khusus untuk makhluk halus.

Penasaran bagaimana kondisi hotel ini? Kamu bisa menyaksikannya di video berikut ini.

https://www.youtube.com/embed/_rbgxwtc_ws

Sampai saat ini, Hotel Niagara masih beroperasi seperti biasa. Bahkan harga sewanya mulai dari Rp100 ribu per malam. Kamu berani untuk menginap di hotel ini?

Baca Juga: Hati-Hati Saat Melintas, 10 Jembatan di Pulau Jawa ini Angker Banget

Baca Juga: Mewah tapi Angker, 11 Rumah Artis yang Sering Ada Penampakan Hantunya

Baca Juga: 5 Kisah Mistis Alas Purwo, Hutan Tertua di Pulau Jawa