Beberapa waktu belakangan wacana pemindahan ibukota Indonesia dari Jakarta ke Pulau Kalimantan kian santer terdengar. Kalimantan pun semakin berbenah untuk mempersiapkan diri menjadi kota paling penting bagi Indonesia kelak.

Sama seperti semua wilayah di Indonesia lainnya, Kalimantan memiliki potensi wisata yang tak kalah cantik. Berikut ini deretan lokasi wisata indah nan eksotis di Kalimantan yang harus kamu kunjungi.

1. Kepulauan Derawan

Calon Ibukota Indonesia, Ini 7 Lokasi Wisata Indah di KalimantanInstagram.com/indietravel.id

Kamu yang suka dengan wisata laut, wajib berkunjung ke Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Bak Hawaii, kita bisa menyewa pengingapan tepat di atas laut di Kepualauan Derawan ini. Ada 31 pulau yang bisa kamu kunjungi di sini. Derawan juga memiliki wisata bawah laut nan eksotis yang sayang untuk kamu lewatkan.

2. Jembatan Gantung Desa Nateh

Calon Ibukota Indonesia, Ini 7 Lokasi Wisata Indah di KalimantanInstagram.com/ceritabanjar_

Berdiri di atas jembatan gantung dengan latar pegunungan dan hutan yang lebat bisa menjadi lokasi oke untuk berfoto sekaligus Instagrammable. Jembatan Gantung Desa Nateh membentang di atas Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Jembatan tersebut menghubungkan dua bukit yang saling berdekatan. Kamu bisa berfoto di atasnya, atau bermain air di bawahnya. 

3. Pasar Terapung Lok Baintan

Calon Ibukota Indonesia, Ini 7 Lokasi Wisata Indah di KalimantanInstagram.com/gingerguide

Ini dia yang menjadi ciri khas dari Kalimantan Selatan, yakni Pasar Terapung Lok Baintan. Kita bisa membeli semua kebutuhan dapur di pasar terapung yang masih menggunakan transaksi tradisional ini. Kamu bisa menaiki kapal klotok dengan mesin untuk bisa ke pasar ini dan yang harus kamu perhatikan saat berkunjung ke Pasar Terapung Lok Baintan adalah jangan membuang apapun ke sungai.

4. Goa Liang Tapah

Calon Ibukota Indonesia, Ini 7 Lokasi Wisata Indah di KalimantanInstagram.com/nafibilen_

Keindahan bumi yang lain selain sungai dan laut yang bisa kamu nikmati di Kalimantan Selatan adalah Goa Liang Tapah. Goa ini bisa kamu susuri dengan mengikuti aliran sungai bawah tanahnya. Atau jika kamu takut untuk mengeksplor ke dalam goa, kamu bisa menikmati air sungai nan jernih di bagian luarnya.

5. Danau Biru Pengaron

Calon Ibukota Indonesia, Ini 7 Lokasi Wisata Indah di KalimantanInstagram.com/disbudpar.banjarkab

Danau ini terbuat akibat dari tambang batu bara yang tidak ditutup. Air hujan yang tertampung membuat bekas galian terisi air berwarna biru jernih. Meski indah untuk difoto, namun ada baiknya kita tetap hati-hati saat berkunjung ke sana supaya tidak tercebur karena danau buatan ini cukup dalam.

6. Danau Labuan Cermin

Calon Ibukota Indonesia, Ini 7 Lokasi Wisata Indah di KalimantanInstagram.com/ayizaki

Jika sehari-hari kita selalu melihat kepadatan lalu lintas kota, berlibur sejenak di Danau Labuan Cermin bisa menjadi solusi terbaik. Danau yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini memiliki air yang sangat jernih dan dikelilingi dengan hutan yang rimbun. Udara segar dan suasana yang tenang membuat kita ingin selalu mampir ke sana.

7. Taman Nasional Tanjung Puting

Calon Ibukota Indonesia, Ini 7 Lokasi Wisata Indah di KalimantanInstagram.com/tanjungputing

Ingin merasakan langsung hutan hujan tropis khas Kalimantan yang terkenal? Kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting yang terletak di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Termasuk salah satu hutan hujan tropis, di Taman Nasional Tanjung Puting kita juga bisa berkunjung ke penangkaran orang utan yang kian punah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Lokasi Wisata untuk Si Pencinta Gadget dan Teknologi