Akan Dibangun Jurassic Park, Tagar #SaveKomodo Jadi Trending Topic

Warganet menolak pembangunan Jurassic Park

Akan Dibangun Jurassic Park, Tagar #SaveKomodo Jadi Trending Topic

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Jagat dunia maya kini dihebohkan dengan tagar #SaveKomodo yang telah jadi trending topic sejak Minggu (25/10) kemarin. Tagar ini muncul setelah foto seekor komodo yang berhadapan dengan truk pengangkut pasir viral di media sosial.

Foto tersebut menggambarkan kondisi Pulau Komodo saat ini. Di sana proyek taman wisata yang disebut akan mirip dengan Jurassic Park sedang berlangsung. Warganet berang mengetahui hal tersebut karena dinilai merusak habitat asli komodo.

Berikut deretan fakta dan kondisi terkini proyek Jurassic Park komodo yang menuai kecaman warganet.

Foto tersebut dikonfirmasi memang diambil dari kawasan Taman Nasional Komodo

Melalui akun Instagram resmi Kementerian Lingkungan Hidup, foto tersebut memang dikonfirmasi diambil dari kawasan Taman Nasional Komodo. Sebagai informasi, saat ini Taman Nasional Komodo sedang dalam proses pembangunan dan penataan kembali sebagai upaya konservasi yang selalu dilakukan demi berlangsungnya hidup hewan langka tersebut.

“Terkait dengan foto yang tersebar di media sosial akhir-akhir ini, dapat dijelaskan bahwa kegiatan aktivitas pengangkutan material pembangunan yang menggunakan alat berat dilakukan karena tidak dimungkinkan menggunakan tenaga manusia. Penggunaan alat-alat berat telah dilakukan dengan prinsip kehati-hatian,” tulis Kementerian Lingkungan Hidup dalam caption Instagram resminya.

Terdapat 15 ekor komodo berkeliaran di lokasi proyek tersebut

Dari 1.300 populasi komodo yang masih ada saat ini, 5%-nya atau 66 ekor terdapat di lokasi proyek yang terletak di Pulau Rinca, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Selama proyek tersebut berlangsung, setidaknya ada 15 ekor komodo yang berkeliaran di sana dan telah ditangani oleh 5-10 petugas lapangan untuk memastikan keselamatan hewan tersebut.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here