Bandung menjadi salah satu daerah wisata pilihan baik oleh turis lokal maupun mancanegara. Tak hanya memiliki suasana dan udara yang sejuk, Bandung juga dikelilingi tempat wisata menarik, mulai dari alamnya, café, museum, hingga jalan-jalan terkenal.

Kamu yang sedang berencana berlibur ke Bandung, Popbela punya rekomendasi 11 tempat nongkrong di Bandung yang instagrammable dan cocok untuk menghiasi feed-mu. Konsepnya yang unik, bisa membuat kamu betah. So, let’s check this out!

1. Cakrawala Nature Sparkling Restaurant

Cakrawala Nature Sparkling Restaurant punya konsep unik dengan bentuk restoran yang juga unik. Di sini, ada sebuah ruangan ajaib bernama “galaxy” yang membuat suasana santai bagaikan berada di alam terbuka dengan beratapkan gugusan bintang yang indah.

Dibangun di tempat yang tinggi, Cakrawala Nature Sparkling Restaurant punya pemandangan kota Bandung yang keren abis saat malam hari. Restoran yang didesain seperti istana ini memiliki beragam menu yang siap menemanimu nongkrong bersama teman-teman atau keluarga.

Lokasi: Jl. Pagermaneuh No.57, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Jam operasional: Senin - Jumat pukul 09.00 – 21.00 WIB, Sabtu - Minggu pukul 09.00 – 22.00 WIB

2. 150 Coffee & Garden

Duduk santai di bean bag sampai duduk di kursi bisa kamu pilih di café satu ini. Ada area outdoor dengan lapangan hijau luas serasa piknik yang tentunya memiliki suasana sejuk. Ada pula ruangan indoor dengan desain kayu. Menu yang ditawarkan juga beragam mulai dari menu western, Indonesia, Jepang, hingga Tiongkok.

Lokasi: Jalan Sulaksana No.50, Cicaheum, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat 40282

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 21.00 WIB

3. Delapan Padi

Nongkrong sambil duduk di ayunan? Delapan Padi tempatnya! Kamu bisa berayun di resto satu ini tapi hati-hati jangan sampai kena meja sebelah, ya. Kamu yang mau kerja atau nugas di sini juga bisa, kok, karna tersedia kursi formal biasa yang dihiasi dengan tanaman hias. Untuk menunya, ada beragam makanan dan minuman, mulai dari smoothies bowl hingga Beef Fondue yang hadir dengan potongan daging tenderloin Australia.

Lokasi: Jl. Dipati Ukur No.8, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132

Jam operasional: Senin-Kamis pukul 06.30 – 22.00 WIB, Jumat-Minggu pukul 06.30 – 23.00 WIB

4. Two Cents

Two Cents merupakan kedai kopi dengan desain minimalis modern didominasi elemen kayu serta banyak sudut Instagramable. Two Cents memiliki area outdoor dan indoor yang bisa kamu pilih untuk tempat nongkrong favorit. Sajian kopi di Two Cents memiliki nama-nama unik, seperti Orange Honey Latte Macchiato, Basil Espresso Tiny, Mushroom Melts, Cafe Cinnamon Mappletini dan lainnya.

Lokasi: Jalan Lombok Nomor 28a, Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 22.00 WIB

5. Sanji Eatery

All in one, Sanji Eatery menyajikan suasana Santorini, Bali, dan Yogyakarta dalam satu tempat. Memiliki dua lantai, ruangan di Sanji Eatery didominasi warna putih dan cokelat yang memberi kesan hangat.

Pernak-pernik atau interiornya di setiap sudut café menjadi spot Instagramable bagi pengunjung. Sanji Eatery menghadirkan beragam sajian kopi dan menu, baik menu khas Indonesia, western, Italia, dan signature atau menu khas Sanji Eatery.

Lokasi: Jalan Sumber Mekar No.56, Babakan, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung

Jam operasional: Setiap Hari 11.00 - 21.00 WIB

6. Goldstar 360 Café

Bukan konsep alam atau minimalis, Goldstar 360 Café punya konsep a la Santorini tepatnya konsep goa putih khas negara Yunani. Di café ini kamu akan merasakan makan di dalam 'goa' bak penjara jaman purbakala tapi yang ini estetik dan instagrammable.

Menariknya lagi, di sini ada juga ruangan tersembunyi sepeti Mega Lakkos, Stravomyti, Mykonos dan Petralona. Tak hanya goa-goa estetik, rooftop-nya pun tak kalah menyediakan pemandangan indah dan spot foto menarik.

Lokasi: Jalan Dangdeur Indah No. 2B, Sukagalih, Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: untuk Cave, setiap hari pukul 12.00-20.00 WIB, untuk Rooftop, setiap hari pukul 11.00-22.30 WIB khusus Sabtu sampai pukul 24.00 WIB

7. Orofi Café by The Valley

Nongkrong santai dengan suasana Santorini? Tempat satu ini harus masuk list, Bela. Orofi Café by The Valley punya desain seperti café di Santorini dengan dominasi warna putih dan pemandangan kota Bandung yang eksotik terutama jika cuaca cerah. Menunya beragam mulai dari appetizer, main course, hingga dessert yang memanjakan lidah.

Lokasi: Jl. Lembah Pakar Tim. No.99, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: Senin – Jumat pukul 16.00 – 23.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 11.30 – 23.00 WIB

8. Kalpa Tree Dine and Chill

Di Kalpa Tree Dine and Chill kamu akan menemukan kolam renang kebiruan yang segar dengan pemandangan indah. Tepat di tengahnya, ada sebuah jalur mengarah ke area lingkaran yang menjadi tempat makan.

Area outdoor-nya punya suasana elegan, masuk ke area indoor, suasana akan terasa lebih hangat dan nyaman. Paduan pintu-pintu berbingkai kaca, tangga spiral hitam, dan bar terbuka dengan perapian bergaya Western akan buat kamu makin terpesona dan tak berhenti foto-foto. Penasaran, Bela?

Lokasi: Jl. Kiputih No.37, Ciumbuleuit, Bandung, Jawa Barat 40142

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 -22.00 WIB

9. One Eighty Coffee

Resto kali ini unik banget, jika makan di pinggir kolam renang sudah biasa. One Eighty Coffee menawarkan sensasi makan di dalam kolam renang. Tenang, gak harus pakai baju renang, kok. Di sini kaki kamu saja yang masuk ke area tempat makannya.

Suasana alam dan teduh menyelimuti café ini dengan pepohonannya yang cantik. Kamu yang nggak mau becek-becekan, ada area indoor di bangunan utama cafe yang terdiri dari dua lantai yang terhubung dengan sebuah tangga spiral, dihiasi dengan konsep dinding bata bergaya industrial yang dipadu dengan interior kayu. Kamu bisa menikmati masakan enak khas Indonesia dan maupun Barat di resto ini.

Lokasi: Jl. Ganesha No. 3, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 22.00 WIB

10. Sydwic

11 Tempat Nongkrong di Bandung dengan Spot Foto Terbaikinstagram.com/sydwic__

Cari café unik dengan harga bersahabat? Kamu bisa, nih, melipir ke Sydwic. Tempat nongkrong satu ini memiliki konsep scandinavian yang menarik, dengan ruangan minimalis yang dihiasi dengan lampu dan tanaman gantung. Sydwic menawarkan varian menu yang beragam dengan cita rasa lokal.

Lokasi: Jalan Cilaki 63, Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 22.00 WIB

11. Mana Café

Nuansa putih cokelat, dinding kaca besar, hingga ilalang cantik yang menghiasi area indoornya sangat cocok untuk membuat gambar estetik untuk feed Instagram-mu. Vibes drama Korea juga kental di kafe satu ini.

Langit senja dan cahaya lampu Kota Bandung membuat suasan café ini lebih manis dan hangat. Tak hanya untuk kencan atau hangout dengan teman, Mana Café tak jarang jadi tempat pernikahan, lho, Bela. Café ini menyediakan banyak pilihan khas Indonesia yang cocok untuk kamu penyuka masakan lokal.

Ada acara seru juga di sini, Bela, yaitu nonton film di tenda alias Teras Mana Cinema yang dimulai dari pukul 19.00 - 21.30 WIB setiap hari. Untuk jadwalnya, kamu bisa lihat di Instagram resminya.

Lokasi: Jl. Cibengang No.17, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: Setiap hari 14.00 – 22.00 WIB

Itulah 11 tempat nongkrong di Bandung yang instagramable. Mana yang ingin kamu kunjungi? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Rekomendasi Hotel Mewah Bintang Lima di Bandung, Mulai dari Rp1,1 Juta

Baca Juga: Info Rute, Lokasi, dan Harga Tiket ke De Ranch Lembang Bandung

Baca Juga: Sejuk dan Dingin, Inilah 7 Staycation Alam di Bandung