Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengumumkan ibu kota baru Indonesia pada konferensi pers yang digelarn pada pukul 13.35, Senin (26/8/19) siang tadi. Saat ini, diketahui bahwa ibu kota baru yang dipilih adalah sebagian wilayah di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Panser Utara, Kalimantan Timur. 

Untuk kamu yang belum tahu mengenai fakta unik dari ibu kota baru Indonesia ini, simak artikelnya di bawah ini, yuk! 

1. Kutai, Daerah Pesisir Pulau Kalimantan yang Indah

Ini Dia 7 Fakta Unik Ibu Kota Baru Indonesia, Kalimantan TimurJongfajar.blogspot.com

Untuk kamu yang belum tahu, Kutai Kartanegara adalah Ibu Kota Kalimantan Timur. Kota ini dikenal sebagai daerah pesisir yang indah. Di sini, kamu bisa melihat kemajuan industri yang berdampingan dengan keindahan alam pesisirnya yang indah. 

2. Penuh dengan Tempat Bersejarah

Ini Dia 7 Fakta Unik Ibu Kota Baru Indonesia, Kalimantan TimurKaltimprov.go.id

Di Kutai, kamu bisa menemui beragam tempat wisata yang sarat akan nilai sejarah. Sebut saja Museum Mulawarman, Museum Kayu, Hingga Pulau Kumala yang pastinya harus kamu kunjungi ketika berkunjung kesini. Sebagian besar tempat-tempat ini berada di Tenggarong, Ibu Kota Kutai Kartanegara, jadi jangan lupa datang ke Tenggarong, ya! 

3. Ditinggali Banyak Suku Adat

Ini Dia 7 Fakta Unik Ibu Kota Baru Indonesia, Kalimantan TimurKoleksiaddatindonesia.info

Jika mendengar nama Kalimatan, pastinya kita akan langsung ingat dengan banyaknya suku adat di sana. Di Kutai sendiri, masih tinggal banyak suku adat seperti: Suku Tunjung, Suku Benuaq, Suku Bentian, Suku Bukat, sampai Suku Penihing.

4. Festival Erau, Festival Khas Kutai yang Bertaraf Internasional

Ini Dia 7 Fakta Unik Ibu Kota Baru Indonesia, Kalimantan TimurIndonesiakaya.com

Festival Erau sendiri dulunnya adalah tradisi adat masyarakat di Kutai. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kini tradisi itu berubah menjadi festival budaya terbesar di Kutai yang dinamai Festifal Erau. Bukan hanya berlangsung selama sehari, festival ini biasanya digelar selama 1 minggu lebih dengan beragam jenis upacara di dalamnya.  

5. Gula Jengkol

Ini Dia 7 Fakta Unik Ibu Kota Baru Indonesia, Kalimantan TimurTemanjalanjalan.com

Hah, gula jengkol? Jadi gulanya terbuat dari jengkol? Bukan, kok Bela! Gula jengko sebenarnya adalah gula kelapa biasa yang dicetak dalam wadah berbentuk cekung. Karena bentuknya yang menyerupai jengkol, jadilah masyarakat di sana menyebutnya sebagai gula jengkol. 

6. Jadi Daerah Penghasil Gula Kelapa atau Gula Merah

Ini Dia 7 Fakta Unik Ibu Kota Baru Indonesia, Kalimantan TimurHelloborneo.com

Tahu nggak sih, aktifitas produksi gula merah di sana sudah berlangsung selama puluhan tahun, lho! Hal inilah yang membuat banyak masyarakat di sana yang memilih mata pencahariannya sebagai petani gula merah. Uniknya di Panser, ada gula yang bentuknya unik. Yaitu gula dengan bentuk kerucut yang dibalut daun rotan dan diikat simpul. Kalau ke sini, jangan lupa bawa oleh-oleh yang satu ini, ya! 

7. Dampo Durian

Ini Dia 7 Fakta Unik Ibu Kota Baru Indonesia, Kalimantan TimurCookpad.com

Jika kamu berkunjun ke Penajam, jangan sampai nggak membeli kudapan yang satu ini, Dampo Durian. Dampo durian adalah kudapan mirip dodol yang sudah dibuat turun temurun dengan resep dan teknik tradisional. Dampo durian dibuat dari bahan dasar durian yang belum matang atau yang rasanya hambar. Dampo durian adalah kudapan mirip dodol yang sudah dibuat turun temurun dengan resep dan teknik tradisional. Kalau kamu kurang menyukai memakan durian  dalam bentuk buah, kamu harus coba olahan durian yang satu ini, ya. Dijamin enak! 

Walau belum diumumkan letak ibu kota secara spesifik, setidaknya fakta unik Kalimantan Timur di atas jadi bikin kamu sedikit tahu ya tentang ibu kota baru Indonesia.

Baca Juga: Fix! Ini Kata Jokowi Soal Ibu Kota Baru Indonesia di Kalimantan