Indonesia memang terkenal dengan keberagaman budaya, suku, ras, dan agamanya, termasuk salah satunya rumah adat. Selain sebagai tempat tinggal, rumah adat juga menjadi simbol peninggalan nenek moyang yang harus tetap dilestarikan. Setiap rumah adat memiliki keunikannya tersendiri, termasuk rumah adat Aceh. 

Nah, sebagai generasi millennial, kita tetap harus mengenali dan melestarikan budaya-budaya yang ada nih, Bela. Mau tahu apa keunikan dari rumah adat Aceh? Yuk, simak di bawah ini!

1. Berbentuk rumah panggung

Dapat Bertahan Hingga 200 Tahun, Ini 5 Keunikan Rumah Adat Acehcelticstown.com

Rumah adat Aceh memiliki bentuk panggung dengan atap tinggi. Sejarahnya adalah, agar penghuni rumah terhindar dari serangan binatang buas. Tinggi tiang rumah yang bisa mencapai 3 meter, supaya air tidak masuk ke dalam rumah jika sedang terjadi banjir.

2. Dibangun menggunakan bahan-bahan dari alam

Rumah adat Aceh dibangun berdasarkan kepercayaan yang dianut oleh masyarakat terdahulu. Menurut para leluhur, rumah bukan hanya sekadar tempat tinggal tetapi juga ekspresi keyakinan akan penciptanya. Sehingga, dalam bahan pembuatannya rumah adat Aceh memang selalu menggunakan bahan-bahan dari alam. 

Masyarakat Aceh tidak pernah menggunakan paku untuk menyambung tiang yang satu dengan tiang lainnya. Mereka mengikat kuat dengan rotan atau pasak. Meskipun begitu, rumah adat Aceh digadang-gadang dapat kokoh hingga 200 tahun, lho. Keren banget ya, Bela

3. Bagian depan rumah menghadap ke barat

Dapat Bertahan Hingga 200 Tahun, Ini 5 Keunikan Rumah Adat Acehsteemitimages.com

Masyarakat Aceh tidak pernah melupakan unsur agama dalam pembangunan rumah. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa hal, seperti bagian depan rumah adat Aceh yang dibangun menghadap ke arah kiblat. Menandakan bahwa masyarakat Aceh tidak pernah lupa akan Tuhan sebagai Maha Pencipta.

4. Gentong air di depan rumah

Rumah adat Aceh juga memiliki keunikan lain yaitu selalu mempunyai gentong air di depan rumah. Gentong tersebut diletakkan oleh penghuni rumah agar tamu-tamu yang datang dapat mencuci kaki mereka terlebih dahulu. Sehingga kaki para tamu sudah bersih ketika memasuki rumah. Artinya, tamu-tamu yang datang mempunyai niat yang baik terhadap tuan rumah.

5. Memiliki jumlah anak tangga ganjil

Dapat Bertahan Hingga 200 Tahun, Ini 5 Keunikan Rumah Adat Acehhttps://steemitimages.com

Aceh memang dikenal sebagai salah satu provinsi yang memiliki nilai religius yang tinggi. Selain letak rumah yang menghadap ke barat, jumlah anak tangga juga menjadi hal yang harus diperhatikan dalam membangun rumah adat ini. Setiap rumah adat Aceh memiliki jumlah anak tangga yang ganjil. Hal ini mengikuti kepercayaan umat Islam, bahwa Allah menyukai hal-hal yang berjumlah ganjil. 

Nah, itu dia beberapa keunikan tentang rumah adat Aceh. Semoga bisa menambah wawasan kamu tentang budaya di Indonesia ya, Bela!