Salah satu hal yang membuat sebuah negara unik dan spesial, adalah keberagaman kultur dan budaya yang dimiliki. Salah satunya, India yang sangat terkenal dengan nilai tradisi dan ritual yang begitu indah dan kaya, sehingga mampu menarik perhatian dunia.

Namun, beberapa tradisi dan ritual India nyatanya dianggap cukup menarik dan berbeda. Melansir dari indiatimes.com, berikut adalah 11 ritual India terkait yang akan membuatmu menganga seketika saking takjubnya. Penasaran apa saja? 

1. Aghoris kanibalistik

Inilah 11 Ritual India yang Bikin Kamu Menganga Saking Takjubnya!timjidad.com

India memiliki beragam sekte yang cukup terkenal, seperti sekte Aghoris Kanibalistik yang memuja Dewa Siwa. Dalam kepercayaannya tersebut, para pengikut meyakini bahwa segala sesuatu yang disediakan alam dapat dikonsumsi. Tanpa terkecuali manusia.

Itu artinya, jelas bahwa Aghoris Kanibalistik memang melakukan kegiatan 'melahap' manusia. Biasanya, mereka melakukannya dengan menyeret mayat dari sungai, merenungkannya, lalu mencabik-cabik setiap anggota tubuh untuk dilahap mentah-mentah. Tidak ketinggalan, tulang dan tengkoran diolah sebagai wadah makanan. 

2. Veni Daan di Allahabad

Inilah 11 Ritual India yang Bikin Kamu Menganga Saking Takjubnya!timjidad.com

India memiliki ritual aneh, yang biasa dilakukan oleh pasangan Hindu yang tinggal di area bernama Allahabad dan Mahrashtra. Tepatnya dalam pernikahan Hindu, pasangan suami-istri akan berjanji untuk menghabiskan tujuh masa hidup bersama melalui ritual Veni Dan.

Ritual itu sendiri hanya dilakukan di Allahabad. Mereka akan menyelenggarakan perayaan besar dengan ciri khas sang istri mengenakan pakaian tradisional, mengikat rambutnya ke belakang. Kemudian ketika upacara selesai, sang istri harus duduk di pangkuan suami untuk membiarkan seikat rambut dipotong dan dipersembahkan ke sungai.

3. Melempar bayi di Maharashtra dan Karnataka

Inilah 11 Ritual India yang Bikin Kamu Menganga Saking Takjubnya!phinemo.com

Siapa yang menyangka bahwa penduduk Maharashtra dan Karnataka memiliki tradisi yang paling menakutkan, yaitu ritual melempar bayi. Kegiatan turun-temurun ini berlangsung pada Desember dengan melibatkan ayah dan bayi yang baru saja lahir.

Awalnya, sang ayah akan diminta untuk menaiki tangga atau dinding candi dengan bayi di tangan atau diikat di belakang. Begitu mencapai puncak, bayi tersebut akan segera diserahkan kepada pria yang berdiri di puncak dengan mengayunkannya bolak-balik.

Dari situ, pria tersebut akan menjatuhkan sang bayi dari ketinggian sekitar 10-15 meter. Tentu, sekelompok pria menunggu di bawah sambil memegang selimut, untuk mendapati bayi tersebut dan diserahkan kembali kepada sang ibu. Tradisi ini dianggap akan memberikan kesehatan dan kekuatan yang prima hingga hidup dengan umur yang panjang.

4. Dhinga Gavar di Jodhpur

Inilah 11 Ritual India yang Bikin Kamu Menganga Saking Takjubnya!timjidad.com

Festival Rajasthani Gangaur merupakan salah satu festival yang cukup terkenal di India. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa Dhinga Gavar merupakan perpanjang dari festival tersebut dengan cara diselenggarakan secara terpisah di Jodhpur.

Tepatnya di 11 lokasi di kota Jodhpur setelah matahari terbenam. Patung Dhinga Gavar yang merupakan permaisuri Siwa, akan dihias dengan pakaian Rajasthani dan sarat dengan ornamen emas. Kemudian, Dewa tersebut pun ditawari ganja dan buah kering.

Tak berhenti di situ, pada malam hari, para permepuan diharuskan mengenakan pakaian khusus dan melakukan parade di jalan-jalan dengan tongkat panjang di tangan. Para pria yang mendekati setiap perempuan, akan dipukul dengan tongkat demi memberi kemakmuran.

5. Festival Aadi di Tamil Nadu

Inilah 11 Ritual India yang Bikin Kamu Menganga Saking Takjubnya!planet.merdeka.com

Berbicara mengenai festival yang cukup terkenal di India, kamu perlu mengetahui Festival Aadi di Tamil Nadu. Festival ini sangat dinikmati oleh para penduduk desa hingga mampu melibatkan ratusan orang yang tergabung dalam kegiatan festival.

Pada intinya, kegiatan yang dilakukan meliputi ratusan penduduk desa berbaris di luar kuil. Di sana, para pemuka agama memecahkan kelapa di atas kepala setiap orang. Meskipun cedera medis cenderung terjadi hingga memperoleh peringatan, ritual in imasih saja tetap berlangsung.

6. Bayi dicelupkan ke dalam air mendidih di Bijalapur

Inilah 11 Ritual India yang Bikin Kamu Menganga Saking Takjubnya!thehealthsite.com

Sebuah tempat bernama Bijalapur, Karnataka, India, sayangnya masih menyelenggarakan sebuah tradisi atau ritual yang dianggak cukup tidak manusiawi. Bagaimana tidak! Ritual tersebut meminta para penduduk untuk mencelupkan bayi berusia 3 bulan ke dalam air panas mendidih.

Memang, bayi tersebut akan segera diangkat. Namun, kondisi luka bakar yang cukup parah akan tetap terjadi akibat suhu yang sangat panas. Menurut kepercayaan, ritual tersebut dianggap sebagai cara untuk berterima kasih kepada para dewa dan pemuka agama.

7. Festival Thimithi di Tamil Nadu

Inilah 11 Ritual India yang Bikin Kamu Menganga Saking Takjubnya!ibtimes.co.uk

Sebuah legenda di India menceritakan bahwa pasca perang Mahabharata yang dipimpin oleh Pandawa, sang istri yang bernama Draupadi dapat berjalan melalui hamparan api dan muncul tanpa adanya cedera. Hal ini dianggap sebagai kesuciannya.

Untuk mengormati dan mengenang kesucian tersebut, Festival Thimithi diselenggarakan di Tamil Nadu dengan cara mengharuskan orang-orang berjalan di atas hamparan bara api. Namun, langkah yang dilakukan harus secara perlahan dan tidak boleh terburu-buru.

8. Ritual terinjak-injak sapi di Ujjain, Bhopal

Inilah 11 Ritual India yang Bikin Kamu Menganga Saking Takjubnya!boombastis.com

India memiliki hari spesial yang bernama hari Ekadashi. Tentu, ada perayaan besar yang dilakukan, tepatnya di Ujjain dan Bhopal. Perayaan besar diselenggarakan melalui ritual mendadani ternak dan menghias banteng serta sapi, dengan sedemikian rupa.

Setelah selesai melalui proses menyenangkan tersebut, para penduduk harus membaringkan diri di tanah dan melepaskan setiap sapi dan ternak untuk menginjak-injak semua penduduk desa. Dalam waktu bersamaan, mereka akan melantunkan keinginan.

9. Made Snana di India Selatan

Inilah 11 Ritual India yang Bikin Kamu Menganga Saking Takjubnya!deccanchronicle.com

Kuil di sebagian besar India Selatan menyajikan makanan atau prasadam di atas daun raja pisang. Makanan tersebut harus dimakan oleh setiap penduduk maupun pengunjung dengan cara duduk bersila di tanah sebagaimana yang dianggap baik.

Kemudian, tradisi Made Snana akan meminta para penyembah menyudahi santapan makanannya untuk lebih lanjut berbaring di tanah dan berguling-guling di atas daun raja pisah yang masih berisi sisa makanan. Praktek tersebut dikatakan mampu meringankan masalah kesehatan yang diderita dan memberi kesehatan yang lebih baik.

10. Mengubur anak-anak di pasir Karnataka

Inilah 11 Ritual India yang Bikin Kamu Menganga Saking Takjubnya!timjidad.com

Sebuah ritual yang sangat berbahaya cenderung dilakukan oleh penduduk Karnataka di India. Dalam ritual tersebut, anak-anak dengan keterbelakangan seperti cacat fisik maupun cacat tertentu, akan dikubur di pasir sampai ke leher mereka pada hari gerhana Matahari.

Proses penguburan tersebut akan lebih lanjut diikuti dengan membuat lubang yang cukup dalam sebelum matahari terbit. Tujuannya, untuk menempatkan anak-anak di dalam lubang selama satu hingga enam jam. Cara ini dianggap dapat menyembuhkan mereka.

11. Lath Maar Holi

Inilah 11 Ritual India yang Bikin Kamu Menganga Saking Takjubnya!indiatoday.in

Nama Lath Mar Holi merupakan bagian dari ritual Holi yang diselenggaran di kota Barsana atau Radha, dekat Mathura. Ia tumbuh dari sebuah kepercayaan bahwa Krishna akan mengunjungi Radha di desanya dan para perempuan atau gopi akan mengusirnya.

Atas dasar itulah, ritual diawali dengan kedatangan para pria dari Nandgaon ke Barsana. Kemudina, para perempuan akan menyambut mereka dengan pukulan tongkat. Tidak ada batasan dalam memukul sehingga terkadang, pria dapat mengalami luka parah di kepala.

Itulah 11 ritual India yang akan bikin kamu menganga saking takjubnya! Menarik sekali budaya India ya, Bela.

Baca Juga: Tempat Berbahaya di India ini Menantang, Namun Bisa Merenggut Nyawamu

Baca Juga: Bikin Merinding, Ini 10 Ritual dan Sekte Mistis Terseram di Dunia

Baca Juga: Dari Tulus, Raisa sampai Agnez Mo, Ini Ritual Aneh Penyanyi Indonesia Sebelum Naik Panggung!