Apa itu Slowcation yang Jadi Tren Liburan Tahun 2024

Apakah slowcation sama seperti staycation?

Apa itu Slowcation yang Jadi Tren Liburan Tahun 2024

Tren baru selalu bermunculan, termasuk dalam dunia travel. Sebelumnya, kita telah mengenal istilah staycation, yang muncul pada krisis ekonomi tahun 2008 di Amerika dan kembali berkembang sejak dunia menghadapi situasi social distancing.

Sekarang, alternatif lain muncul dalam tren liburan pada pertengahan tahun 2024. Tren ini dinamakan dengan istilah yang juga unik, yakni slowcation. Susunan katanya memang mirip dengan istilah staycation, tetapi memiliki definisi yang jelas berbeda.

Apakah konsep yang berbeda ini mengarah pada gaya liburan yang menghargai kehidupan di luar area perkotaan yang hectic? Atau, adakah definisi lain yang tak terduga?

Pengertian slowcation

Apa itu Slowcation yang Jadi Tren Liburan Tahun 2024

Mempelajari perkembangan tren yang berlangsung, slowcation adalah jenis liburan untuk menikmati setiap momen dengan santai tanpa merasa terburu-buru dalam melakukan kegiatan liburan itu sendiri. Itulah mengapa kata "slow" digunakan dalam tren ini.

Untuk menikmatinya, seseorang dapat memiliki setidaknya satu kegiatan liburan setiap hari di sela-sela waktu yang memungkinkan mereka keluar dari rutinitas yang bergerak cepat. Misalnya, mengunjungi museum, pantai, atau tempat-tempat sejenis lainnya.

Hal ini jelas berbeda dengan konsep staycation yang mengutamakan kegiatan liburan di tempat yang dekat dari wilayah tempat tinggalnya dan cenderung diam dalam kamar hotel.

Berbeda dengan slowcation, tren liburan ini memberi kebebasan untuk melakukan perjalanan dengan lebih santai di mana pun. Selain itu, kegiatan liburan dapat mencakup interaksi dengan masyarakat setempat dan melakukan eksplorasi terhadap banyak hal.

Dengan demikian, slowcation akan membuat seseorang benar-benar menikmati liburannya.

Tips melakukan slowcation

Mengikuti tren yang berkembang merupakan hal yang sangat wajar, termasuk tren slowcation. Namun, perlu untuk mengetahui cara melakukan slowcation agar dapat menikmatinya dengan baik, sesuai tujuan, dan tanpa hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut adalah beberapa tips slowcation yang dapat kamu pertimbangkan.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here