7 Fakta Wisata Rowo Bayu Banyuwangi 

Ternyata di balik keindahannya, memiliki banyak sejarah!

7 Fakta Wisata Rowo Bayu Banyuwangi 

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Belum lama ini kisah horor KKN Desa Penari yang ditulis oleh akun anonim Twitter @SimpleM81378523 dan disebarkan oleh Raditya Dika di YouTube masih menjadi perbincangan hangat para netizen sebab ceritanya yang sangat menyeramkan dan beberapa sulit diterima secara logika. 

Bahkan setelah cerita itu beredar, banyak menuai tebakan terkait nama desanya tersebut. Nama Rowo Bayu di Banyuwangi inilah yang menjadi sasaran dan dikaitkan dengan kisah KKN Desa Penari. Wisata ini bukan berbentuk pantai atau gunung melainkan sebuah rawa. Berikut ini deretan lokasi wisata Rowo Bayu yang harus kamu ketahui. 

1. Lokasi Rowo Bayu

Rowo Bayu terletak di Kawasan KRPH Perhutani Banyuwangi Barat atau di Dusun Sambungrejo Desa Bayu, Kecamata Songgon, Banyuwangi. Berada di ketinggian kurang lebih sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Nama Rowo berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti Rawa sedangkan Bayu adalah nama dari desa setempat. Maka dari itu masyarakat menyebutnya Rowo Bayu.

2. Asal Usul Rowo Bayu

Konon Rowo Bayu memiliki cerita legenda tersendiri yaitu sejarah saat masa Kerajaan Blambangan sebuah Kerajaan Hindu terakhir di Pulau Jawa, meskipun banyak mitos yang mengatakan angker namun lokasi ini tidak membuat pengunjung berhenti berwisata. 

Dulu, tempat ini dipercaya sebagai lokasi favorit Prabu Tawang Alun pemimpin Kerajaan Blambangan untuk bertapa dan meditasi. Kini lokasi tersebut diubah menjadi bentuk candi menutup sebuah batu yang tercetak bekas kaki Prabu Tawang Alun ketika meditasi saat merenungi kematian dua adiknya yang berperang melawan dirinya. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here