Bukan rahasia lagi jika wilayah Indonesia bagian timur memiliki destinasi pulau dan pantai dengan keindahan alam yang menawan. Saat menapakkan kaki di sana, kamu serasa berada di Maldives! Namun, masih banyak pulau-pulau yang belum terjamah dan belum tereskpos di kalangan turis domestik maupun mancanegara sehingga pusat pariwisata hanya berkutat pada tempat yang terkenal saja.

Salah satu contohnya adalah destinasi di Maluku. Mungkin kamu dan banyak pelancong lainnya hanya mengenal destinasi Pulau Ora yang terletak di Seram Utara. Namun selain itu, masih ada banyak pulau lainnya yang memiliki daya tarik memukau. Apa saja?

1. Pulau Bair, Maluku Tenggara

7 Surga Tropis Tersembunyi yang Wajib Kamu Datangi Saat di Malukuinstagram.com/niluh_diah

Pulau yang berada di Tual, Kabupaten Maluku Tenggara disebut sebagai kembaran dari Pulau Raja Ampat. Beberapa ada yang mengatakan jika Pulau Bair sebagai versi mini dari pulau eksotis yang berada di Papua itu. Nggak heran, Bela. Sebab Pulau ini memiliki dua teluk dengan air laut yang jernih, tumbuhan mangrove yang menghiasi permukaan air, serta tebing dan karang kokoh yang membentang di kawasan pulau. Semuanya berpadu menjadi sebuah pemandangan alam yang menawan. Kalau beruntung, kamu dapat melihat beberapa hiu blackpit berenang di dalam air dengan jelas. Arus air di pulau ini tergolong cukup tenang, kamu pun bisa bermain di beberapa pantai jika air sedang dalam masa surut.

2. Pantai Ngurtafur, Maluku Tenggara

7 Surga Tropis Tersembunyi yang Wajib Kamu Datangi Saat di Malukuinstagram.com/sayfbsy

Pernah membayangkan berjalan di atas laut atau berjalan ke tengah laut? Kamu bisa merasakannya secara nyata dengan mengunjungi Pantai Ngurtafur. Pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Pasir Timbul atau Pulau Gosong ini membentang sejauh 2 km ke arah laut, seakan membelah perairan jernih itu menjadi dua bagian. Laut di sekitar pantai ini memiliki air berwarna biru-kehijauan, dan kamu bisa melihat ada banyak ikan dan terumbu karang cantik di bawahnya. 

Di pantai ini pun, kamu bisa melihat Penyu Belimbing (Tabob) di penangkaran yang dikelola World Wide Fund for Nature (WWFN). Kalau beruntung, kamu juga bisa melihat burung Pelikan bermigrasi dari Papua Nugini dan Australia menuju Wallacea. Berada di Pantai Ngurtafur, kamu serasa menyatu dengan alam tropis!

3. Pantai Ngurbloat, Maluku Tenggara

7 Surga Tropis Tersembunyi yang Wajib Kamu Datangi Saat di Malukuinstagram.com/exploredolan.id

Hampir semua pulau dan pantai di Maluku disebut memiliki pasir yang halus. Namun, hanya satu yang benar-benar mendapatkan julukan sah itu, dan itu adalah Pantai Ngurbloat. Destinasi yang terletak di Desa Ngilngig, Maluku Tenggara ini, mendapatkan penghargaan sebagai panti dengan pasir putih terhalus di dunia oleh National Geographic

Ketika menginjakkan atau menyentuhnya dengan tangan, rasanya selembut tepung. Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Pasir Putih Panjang karena membentang sepanjang 5 km sampai Pantai Ngursamadan di Desa Ohilir. Selain pasirnya yang lembut, keindahan alam di atas pulau maupun di bawah laut juga nggak bisa dilewatkan begitu saja. Kamu harus datang ke Pantai Ngurbloat, Bela!

4. Pulau Molana, Maluku Tengah

7 Surga Tropis Tersembunyi yang Wajib Kamu Datangi Saat di MalukuInstagram.com/natgeo.id

Berlokasi di Desa Haria, Saparua, Maluku Tengah, Pulau Molana menyembunyikan keindahan eksotisme yang menakjubkan. Pasir pantainya yang berwarna putih dan halus dan air laut yang berwarna biru jernih, menjadikannya sebagai destinasi terbaik untuk para turis. Namun yang paling menjadi daya tarik adalah keindahan karang laut yang tumbuh subur dan alami, serta ratusan jenis ikan hias maupun ikan karang, dapat ditemukan di bawah permukaan air. Ini yang membuatnya nggak bisa dilewatkan oleh para pelancong yang gemar menyelam atau diving! Di Pulau Molana pun, kamu bisa bertemu dan melihat biawak lebih dekat.

5. Pantai Pintu Kota, Maluku

7 Surga Tropis Tersembunyi yang Wajib Kamu Datangi Saat di MalukuInstagram.com/waizly

Berlokasi di Desa Nusaniwe, Ambon, Maluku, Pantai Pintu Kota bukan berarti dekat dengan ibukota, loh. Destinasi ini termasuk dalam jenis pantai berkarang dan berbatu. Pada salah satu spot, ada sebuah tebing yang menghadap laut dengan lubang di bagian tengah bawah, seakan membentu seperti sebuah gerbang besar. Dari sebrang lubang itu, kamu akan berhadapan langsung dengan Laut Banda, laut yang paling dalam di Indonesia. Meski nggak seluas pantai lainnya, Pantai Pintu Kota ini menjadi salah satu lokasi yang ramai pengunjung. Banyak yang datang untuk melakukan penyelaman demi melihat kecantikan bawah laut yang menakjubkan, atau datang untuk melakukan sesi pemotretan. Lokasi ini terkenal sebagai latar belakang pemotretan pre-wedding, Bela. Tertarik ke sini?

6. Pulau Karang Bais, Maluku

7 Surga Tropis Tersembunyi yang Wajib Kamu Datangi Saat di Malukuinstagram.com/tanamaledo

Terletak di Kota Bula, Kabupaten Sera Bagian Timur, Maluku ini adalah pulau kosong. Tanpa pohon maupun tanpa penghuni. Ketika air laut pasang, pulau ini seakan tenggelam dan nggak akan terlihat dalam pandangan. Namun, bukan berarti kamu nggak bisa mengunjunginya. Pemerintah setempat menjadikan Pantai Karang Bais sebagai salah satu objek wisata Kota Bula, bersama dengan beberapa pulau dan pantai lainnya. Sebab, ia memiliki pesona bawah laut yang nggak bisa diabaikan. Ada hamparan terumbu karang dan ratusan jenis ikan yang beragam. Pulau ini menjadi destinasi favorit para turis yang gemar menyelam.

7. Pantai Liang, Maluku

Pantai Liang yang berada di Ambon, Maluku ini pernah dinobatkan oleh United Nations Development Program (UNDP) - PBB sebagai pantai terindah yang dimiliki Indonesia pada tahun 1990-an. Penghargaan ini menjadikan destinasi ini menarik perhatian para investor dan turis dari berbagai belahan dunia. Bagaimana dengan sekarang? Pantai Liang masih jadi salah satu destinasi tercantik yang Indonesia miliki, kok!

Air laut berwarna kebiruan yang jernih, pasir putih yang lembut, barisan pepohonan yang rindang di sekitar pantai, menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata favorit semua orang. Jika berencana mengunjungi Pantai Liang, disarankan untuk datang pada bulan September, November, April, dan Mei. Sebab melihat dari pergerakan angin musim, bulan itu adalah saat ombak laut tenang dan nggak membuat pantai menjadi lebih keruh. 

Jadi, kapan beli tiket untuk berangkat ke Maluku, Bela? Jangan sampai kamu melewatkan destinasi pulau dan pantai menawan ini saat berkunjung ke sana, ya!

Baca Juga: 7 Artis Ini Buktikan Sumba adalah Secuil Surga di Indonesia Timur