Penggemar K-Pop dan berencana liburan ke Korea Selatan? Kamu nggak bisa melewatkan dukhoo tour, Bela. Melansir dari Soompi, itu adalah istilah untuk tur penggemar atau tur stan. Jadi, para penggemar dari idol-idol grup favoritnya akan mengingat berbagai tempat umum yang pernah didatangi oleh Bias-nya. Kemudian, merencanakan tur sepanjang hari untuk mengunjungi tempat itu.

Masing-masing anggota boyband maupun girlband ini pasti telah mengunjungi banyak tempat di negaranya sendiri, ya? Termasuk tujuh lelaki tampan yang tergabung dalam grup bernama Bangtan Sonyeondan, atau biasa disingkat BTS, tentu telah menjelajah ke seluruh sudut Korea Selatan. Namun, ada tujuh tempat publik yang cukup berkesan di hati mereka. Tujuh tempat ini jadi destinasi yang wajib didatangi jika kamu seorang ARMY dan baru saja tiba di Seoul.

Restoran Yoojung Sikdang

Lebih Dekat dengan BTS, Ini 7 Tempat Spesial yang Wajib ARMY Kunjungi jungmal.blogspot.com

Yoojung Sikdang adalah sebuah nama restoran yang berada di Gangnam-Gu, Seoul. Restoran yang terkenal dengan menu babi bakarnya ini memiliki tempat spesial di hati BTS. Mereka mengaku kalau Yoojung Sikdang sudah menjadi tempat makan langganan dari sejak debut sampai sekarang. Sang pemilik selalu memperlakukan mereka bagai anak sendiri, dan rasa hidangan makanannya lezat bagai masakan rumah. Di sisi lain, sang pemilik restoran senang dengan anggota BTS karena mereka bersikap sopan, dan ia yakin kalau mereka akan sukses (terbukti sekarang!). Kalau berkunjung untuk makan di sana, kamu akan menemukan pojok-pojok tempat makan yang dipenuhi poster, foto, potongan artikel, bahkan tanda tangan anggota BTS.

BT21 Line Store + Cafe

Lebih Dekat dengan BTS, Ini 7 Tempat Spesial yang Wajib ARMY Kunjungi aminoapps.com

Sudah tahu 'kan kalau BTS punya ikon LINE mereka sendiri yang bernama BT21? Jika pergi ke Korea Selatan, kamu bisa membeli merchandise resmi BT21 di seluruh toko LINE yang tersebar di penjuru kota Seoul. Namun jika memungkinkan, kunjungi toko yang berada di Itaewon, Bela. Sebab di cabang ini, kamu bisa menemui Tata, RJ, Chimmy, Cooky, Mang, Shooky, Koya, dan Van secara nyata, yaitu digambar langsung oleh para anggota BTS sendiri. Selain itu, pada toko yang terletak di lantai 2 ini, kamu akan menemukan berbagai macam merchandise. Jika naik satu lantai lagi, kamu akan mendapati kafe LINE Store, dengan satu sudut ruangan didedikasikan sebagai tempat spesial BT21. Jangan lupa foto-foto, ya!

Kolam renang nggak terpakai di Seoul National University

Lebih Dekat dengan BTS, Ini 7 Tempat Spesial yang Wajib ARMY Kunjungi cdias.co.jp

Kalau menyukai era HYYH (album The Most Beautiful Moments in Life), kamu harus menyempatkan diri untuk berkunjung ke destinasi ini, yaitu kolam renang nggak terpakai di Seoul National University. Ini adalah salah satu lokasi syuting untuk video "HYYH On Stage: Prologue". Tempat ini memiliki nuansa mistis namun terasa tenang. Boleh jadi karena lokasinya yang berada di jauh dari jalan raya dan halte bis. Selain itu, sentuhan coretan warna-warni di atas dinding putih menambah kesan misterius yang menyelimuti kawasan ini. Mungkin kamu ingin membuat reka ulang adegan di video ala kamu sendiri?

&gather Cafe

Lebih Dekat dengan BTS, Ini 7 Tempat Spesial yang Wajib ARMY Kunjungi trendsmap.com

Pada salah satu episode program "Run BTS!", para anggota BTS menjadi barista di sebuah kafe dan mendapatkan kesempatan untuk meracik kopi dengan rasa yang mereka inginkan. Nah, kafe itu bernama &gather cafe. Berlokasi di Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul, ARMY yang berkunjung ke sana dapat melihat, merasakan, juga membayangkan betapa ramai dan lucunya tingkah anggota BTS ketika sedang membuat secangkir kopi khasnya sendiri. Kamu bisa mencobanya, loh! Ada daftar menu kopi spesial dengan resep dibuat oleh tujuh anggota BTS, yang dapat memuaskan dahagamu. Kira-kira, bagaimana rasa kopi buatan BIAS-mu, ya?

Laundry Pizza

Lebih Dekat dengan BTS, Ini 7 Tempat Spesial yang Wajib ARMY Kunjungi aminoapps.com

Laundry Pizza adalah salah satu restoran di daerah Gangnam-gu, Seoul,  yang menjadi lokasi pemotretan BTS untuk jacket cover album "Love Yourself: Her". Terlepas dari itu adalah sebuah restoran pizza, desain interiornya kuat dengan nuansa vintage. Juga, terdapat hiasan-hiasan yang menyerupai detail mesin cuci, menjadikan tempat ini sangat unik! Nggak heran jika terpilih jadi setting foto album. Kalau ke sini, jangan lupa mencicipi pizza-nya. Konon,  rasanya pun lezat!

VT Pink House

Lebih Dekat dengan BTS, Ini 7 Tempat Spesial yang Wajib ARMY Kunjungi kittykoreana.blogspot.com

VT Pink House yang berlokasi Jalan Woosan, Mapo-gu, Hongdae ini sebenarnya merupakan kafe hidangan penutup milik salah satu merk kosmetik ternama di Korea Selatan. Namun sejak menggandeng BTS sebagai ambassador terbarunya, tempat ini pun dihiasi dengan berbagai hal berbau boyband favoritmu. Mulai dari foto, poster sampai ada satu tempat spesial di mana kamu bisa berfoto dengan para anggota. Jadi selain menikmati hidangan penutup yang manis, kamu bisa memanjakan mata dengan melihat berbagai foto BTS yang dicetak menyerupai tinggi asli mereka.

Star Gallery di Lotte Department Store

Lebih Dekat dengan BTS, Ini 7 Tempat Spesial yang Wajib ARMY Kunjungi soompi.com

Nggak hanya menjadi tempat yang wajib dikunjungi ARMY, Star Gallery di Lotte Department Store sendiri memang dikategorikan sebagai salah satu destinasi wisata yang harus kamu kunjungi ketika berada di Seoul. Saat sampai ke tempat itu, kamu bisa merasa sangat dekat dengan masing-masing anggota karena foto mereka berdiri tinggi di sepanjang koridor! Juga, ada cap tangan yang bisa kamu sentuh sehingga secara nggak langsung, kamu seakan menyentuh tangan BIAS-mu. Kalau kamu seorang multi-fandom atau penggemar lebih dari satu grup, Star Gallery akan langsung jadi favoritmu, Bela. Sebab nggak hanya BTS, kamu pun bisa melihat EXO, Twice, dan Super Junior.

Kira-kira, mana yang akan kamu kunjungi pertama kali untuk bisa merasa lebih dekat dengan BTS, Bela?

Baca Juga: Keren! BTS Berhasil Dominasi Nominasi di The Grammy Awards 2019