Great Wall di China, Piramida di Mesir, Taj Mahal di India, adalah beberapa destinasi yang wajib kamu kunjungi seenggaknya sekali seumur hidupmu. Namun, pernahkah kamu menemukan daftar destinasi pariwisata atau negara yang nggak boleh kamu kunjungi meski hanya untuk traveling?

Faktanya, selain ada negara atau destinasi yang masuk wish list jalan-jalan, ada juga yang masuk dalam daftar nggak direkomendasikan untuk dikunjungi. Bahkan, rasanya memang kurang cocok sebagai tempat tujuan traveling. Apa saja?

1. Karostas Cietums Prison Hotel, Liepaja, Latvia

Berbahaya, Ini 9 Negara dan Destinasi yang Nggak Baik untuk DisambangiFlickr.com/Karostascietums

Melansir dari Wbrur, salah satu tempat atau hotel yang nggak direkomendasikan adalah Karostas Cietums Prison Hotel di Liepaja, Latvia. Seperti namanya, hotel ini nampak seperti penjara, dengan kasur bertingkat yang terbuat dari besi di setiap kamar. Memang kabarnya, hotel ini merupakan bekas penjara. Namun pemilik hotel ini sepertinya nggak ingin mengubah interior di dalamnya.

Bahkan pada situs resminya, pemilik hotel ini mengatakan kalau ada sekitar 150 tamu yang menjadi korban tertembak di hari pertama berdiri. Wah, kamu yakin ingin mencoba menginap di sini, Bela?

2. Terowongan di area demiliterasi antara Korea Utara dan Korea Selatan

Berbahaya, Ini 9 Negara dan Destinasi yang Nggak Baik untuk DisambangiCommons.wikimedia.org/Abasaa

Korea Selatan sudah nggak diragukan lagi menjadi salah satu negara destinasi traveling paling terkenal. Namun, ada salah satu area yang kabarnya nggak menjadi rekomendasi untuk dikunjungi. Tempat itu adalah terowongan di area demiliterisasi antara Korea Selatan dan Korea Utara. Area demiliterasi itu sendiri nampak terbuka alias nggak ada benteng atau dinding tinggi yang membatasi di antara dua negara itu.

Meski nggak menjadi rekomendasi, faktanya terowongan ini didesain untuk menarik wisatawan, lho. Para turis dapat meninggalkan barang-barang pribadinya dalam sebuah loker. Kemudian mereka diminta untuk menaiki kereta yang akan membawa ke terowongan kecil yang berujung pada batu kokoh.

3. Winchester Mystery House, San Jose, California

Berbahaya, Ini 9 Negara dan Destinasi yang Nggak Baik untuk DisambangiFlickr.com/Doug Copeland

Singkat cerita, ada sebuah rumah besar di ujung kota San Jose, yang dibangun oleh Sarah Winchester, pewaris dari perusahaan Winchester Gun. Sejarah dibangunnya rumah ini karena seorang cenayang menyuruh sang pewaris melakukan itu demi melindungi dirinya dari roh jahat. Konon, roh jahat itu adalah pembunuh suami dan anak perempuannya. Jadi demi alasan keselamatan, Sarah diminta membangun rumah itu.

Alhasil, dengan berbagai permintaan yang diberikan cenayang, jadilah sebuah rumah dengan 160 kamar, dengan lorong yang membingungkan dan tangga yang dapat membuatmu tersesat. Turis yang telah berkunjung ke tempat itu mengatakan kalau rumah itu hanya berisi kamar kosong. Banyak yang meragukan cerita seram di balik pembangunan rumah itu. Bagaimana menurutmu, Bela?

4. Museum Of Anatomy, Turin, Italia

Berbahaya, Ini 9 Negara dan Destinasi yang Nggak Baik untuk DisambangiMuseoanatomia.unito.it

Ada sebuah museum di Turin, Italia, yang berisikan anatomi manusia yang diawetkan menggunakan formaldehyde. Bernama Museum of Anatomy, tempat ini penuh dengan bagian tubuh dan jari-jemari yang sebagian telah menjadi tengkorak. Namun yang paling menyeramkan adalah adanya bagian ruang museum yang menampakkan tengkorak pendiri tempat itu.

Rupanya, pendiri museum itu sendiri telah berpesan kalau beliau nggak ingin dikubur maupun dikremasi. Melainkan, ia ingin diawetkan menggunakan teknik yang ia kembangkan sendiri dan menjadi pajangan dalam museumnya.

5. Sierra Leone

Berbahaya, Ini 9 Negara dan Destinasi yang Nggak Baik untuk DisambangiPexels.com/KML

Negara di pesisir barat Afrika ini menjadi salah satu negara yang nggak direkomendasikan untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan isu kesehatan, yaitu virus Ebola yang menyebar di negara tersebut. Negara Sierra Leone menjadi salah satu pusat penyebaran virus penyakit Ebola sehingga banyak negara yang melarang warganya terbang ke negara tersebut.

Kasus virus Ebola memuncak pada tahun 2015. Meski telah ditangani pihak berwenang negara tersebut. Sierra Leone masih masuk daftar negara yang nggak boleh dikunjungi para wisawatan. Sebab selain virus Ebola yang masih mewabah, fasilitas kesehatan di negara tersebut sama sekali nggak tersedia.

6. Kenya

Berbahaya, Ini 9 Negara dan Destinasi yang Nggak Baik untuk DisambangiPixabay.com/Nicola Stockton

Kenya menjadi salah satu negara Afrika lainnya yang nggak direkomendasikan untuk para turis yang senang traveling. Pasalnya adalah masalah keamanan dan teroris. Pada tahun 2015 silam, ada sekitar 147 orang menjadi korban jiwa akibat tembakan yang dilepaskan kelompok teroris Al-Shabaab. Hal ini memunculkan isu keamanan warga dan turis yang sedang berada di negara tersebut.

Meski masih banyak wisatawan yang datang ke negara itu, nggak menutup fakta kalau isu teroris dan kekerasan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Bahkan, kelompok teroris turut menargetkan tempat-tempat umum seperti bar dan bandara. Karena itu, banyak negara yang melarang warganya bepergian ke Kenya.

7. Somalia

Berbahaya, Ini 9 Negara dan Destinasi yang Nggak Baik untuk DisambangiPixabay.com/NomadPS

Somalia menjadi negara yang nggak direkomendasikan untuk dikunjungi turis. Pada tahun 90-an, Somalia dianggap sebagai negara yang 'gagal' dan memasuki situasi nggak memiliki hukum. Meskipun sebenarnya ada pemerintahan, hal itu nggak dianggap oleh banyak pihak. Malah, sebagian daerahnya dikendalikan oleh kelompok ekstrem seperti Al-Shabaab. Hal ini menyebabkan warga negara tersebut pun menderita kelaparan dan kesusahan.

Banyak negara enggan menjalin kerja sama dengan Somalia, dan melarang warga negaranya untuk berkunjung ke negara tersebut dengan alasan keamanan. Ada banyak serangan teroris yang terjadi di negara tersebut. Ini yang membuatnya dicap sebagai negara berbahaya.

8. Turki

Berbahaya, Ini 9 Negara dan Destinasi yang Nggak Baik untuk DisambangiPexels.com/Arefin Shamsul

Jangan kaget, namun melansir dari EscapeHere, Turki menjadi salah satu negara yang wajib wisatawan hindari. Meningkatnya bisnis pariwisata di negara tersebut, berbanding lurus dengan meningkatnya kejahatan di negara tersebut. Meski nggak seintens negara-negara di Afrika dan Timur Tengah, namun Turki telah menjadi target organisasi teroris dunia. Terutama karena lokasinya yang dekat dengan Irak dan Syria.

Terjadinya isu kriminal yang dilakukan pengungsi negara ini menyebabkan negara Turki menjadi kurang aman. Turki sendiri menginisiasi operasi militer di beberapa daerah. Juga, negara ini mengalami isu politik dalam negeri yang terkadang berujung pada kericuhan.

9. Republik Demokrasi Kongo

Berbahaya, Ini 9 Negara dan Destinasi yang Nggak Baik untuk DisambangiPixabay.com/Kone Kassoum

Negara Republik Demokrasi Kongo memiliki sejarah yang kelam pada beberapa dekade lalu, dan negara ini masih mengalami ketidakstabilan yang tinggi terlepas situasinya yang terkesan damai. Pada tahun 2015, protes besar-besaran memaksa Presiden Joseph Kabila berhenti menjabat. Lalu pada tahun 2016, pemilu dilangsungkan yang mengundang kericuhan massa. Negara ini sendiri telah rusak karena Perang Sipil Kongo yang dimulai sejak 1996 dan masih berlanjut sampai detik ini.

Kelompok bersenjata berkeliaran menyebar di kota-kota dan melakukan tindak kriminal. Mereka bahkan memalak warga setempat dan wisatawan yang datang berkunjung dengan ancaman dibunuh. Beberapa turis diberhentikan di perbatasan resmi maupun nggak resmi. Selain itu, ada banyak virus penyakit yang merajalela di negara ini, seperti malaria, Ebola, dan penyakit kuning. Kesemua faktor ini menjadikan negara Republik Demokrasi Kongo menjadi negara yang nggak aman untuk turis.

Itulah daftar negara dan destinasi wisatawan yang nggak direkomendasikan untuk traveling. Bagaimana menurutmu, apa negara atau destinasi ini sebenarnya layak dan aman dikunjungi?

Baca Juga: Destinasi Angker di Indonesia