Sudah lama kamu ingin bertualang sendiri di kota atau negara baru, namun kesempatan itu nggak pernah datang, sampai detik ini. Mungkin kamu baru saja menerima penawaran bekerja di luar kota, atau diterima di salah satu universitas ternama di luar negeri. Apapun itu, adalah kesempatan yang tepat untukmu mewujudkan impianmu sedari dulu, yaitu tinggal di tempat baru dan memulai petualangan solomu.

Namun, apa yang harus dilakukan saat baru saja tiba di tempat baru? Apa yang perlu kamu lakukan untuk mengenal dan beradaptasi di lingkungan baru, dengan tetangga dan teman baru? Ke mana saja sebaiknya kamu menjelajah untuk lebih mengenal tempat tinggal barumu? Tenang, Bela. Melansir dari Elite Daily, ada tujuh hal yang bisa kamu lakukan saat baru datang di kota atau negara baru.

1. Makan di restoran sekitar tempat tinggalmu

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Traveling Sendiri di Kota Baru Pexels.com/Quang Anh Ha Nguyen

Setiap kota atau negara memiliki tempat makan terkenal atau yang menjadi favorit masyarakat sekitarnya, atau restoran spesial yang menghidangkan kuliner khas tempat tersebut. Maka, datangi tempat itu dan nikmati sajiannya. Sembari menikmati santapanmu, kamu bisa memandangi lingkungan di luar restoran, melihat rutinitas orang-orang di kota tersebut, dan mengamati pemandangan kota yang akan selalu kamu lihat dalam beberapa waktu ke depan. Cara ini juga membantumu untuk merasa lebih nyaman makan sendiri di tempat umum.

2. Memelajari rute transportasi umum

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Traveling Sendiri di Kota Baru Pexels.com/Vlad Kovriga

Benar kalau sekarang sudah ada transpotasi online yang memudahkanmu untuk bepergian ke mana saja. Namun, menaiki transportasi umum adalah cara terasyik untuk menikmati pemandangan kota, sekaligus membuat perjalananmu benar-benar seperti petualangan! Jadi, cari tahu informasi moda transportasi yang tersedia di kota tempatmu berada, pelajari rutenya, dan ketahui tujuan dari masing-masing perjalanan. Lagipula, mengetahui rute transportasi umum dapat membantumu ketika handphone sedang nggak ada sinyal atau rusak, yang membuatmu kesulitan untuk memesan kendaraan online. Bukan begitu?

3. Mencari tahu planetarium atau tempat observasi lokal

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Traveling Sendiri di Kota Baru pexels.com/Eneida Nieves

Adalah hal seru untuk bisa memandangi langit malam penuh bintang dengan jelas. Jadi, nggak ada salahnya untuk mencari tahun informasi seputar planetarium atau tempat observasi di tempatmu berada. Pemandangan yang ditawarkan akan membuatmu merasa romantis ketimbang hanya mengamati lampu-lampu gedung tinggi di kota.

4. Pergi ke pantai atau taman nasional

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Traveling Sendiri di Kota Baru pexels.com/Pixabay

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan jika berada di kota, seperti mengunjungi museum, planetarium, restoran, dan sebagainya. Namun jangan lupa, ada juga tempat menarik lainnya yang perlu kamu jelajahi di luar pusat kota, seperti mengunjungi pantai atau taman nasional.

Luangkan waktumu untuk mengunjungi destinasi wisata ala terdekat di tempatmu berada. Jangan lupa bawa kamera karena kamu memerlukannya untuk mengabadikan panorama indah—dan mengunggahnya di media sosialmu!

5. Mengikuti open trip di kota mu

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Traveling Sendiri di Kota Baru pexels.com/Nina Uhlíková

Jika bingung menentukan destinasi atau mencari teman untuk menjelajahi tempat-tempat seru, kamu bisa mencari travel yang menawarkan wisata keliling di kotamu. Saat ini, ada jenis wisata open trip di mana kamu bisa jalan-jalan bersama turis-turis lain yang berasal dari tempat lain. Nggak hanya mendapatkan pengalaman seru, kamu juga bisa menambah teman baru!

6. Berfoto di kebun raya

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Traveling Sendiri di Kota Baru pexels.com/Nina Uhlíková

Pastinya kamu nggak lupa untuk berfoto-foto di setiap tempat baru yang kamu kunjungi. Namun, jangan lupa untuk mengunjungi dan berfoto di kebun raya yang ada di kota tempatmu berada. masing-masing kebun raya dari berbagai kota memiliki keindahannya tersendiri, wajib kamu abadikan dan menjadi koleksi! Namun, jangan lupa untuk tetap menjaga keindahannya selama berkunjung, ya.

7. Belanja di pasar tradisional

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Traveling Sendiri di Kota Baru Pexels.com/Te lensFix

Salah satu cara terbaik untuk tahu seluk-beluk kota baru yang kamu tinggali adalah membaur dengan penduduk lokalnya. Ini bisa dengan cara mengunjungi tempat makan tradisional, atau berbelanja di pasar tradisionalnya. Kamu bisa melihat interaksi dan budaya masyarakat kota tersebut dengan jelas, juga merasakan ramaht-tamah penduduknya dengan lebih nyata. Nggak lupa juga, kamu bisa mencicipi kue-kue pasar khas tempat tersebut, atau mendapatkan bahan pangan segar untuk diolah saat pulang ke rumah.

Jadi, sudah menyiapkan diri untuk bertualang dan tinggal di luar kota sendirian, Bela? Jangan lupa untuk melakukan 7 hal ini agar dapat mengenal tempat tinggalmu serta merasakan petualangan seru di kota baru!