Mendengar nama Kota Padang, pasti makanan khas Rendang yang langsung muncul dalam pikiranmu, ya, Bela? Nggak bisa dipungkiri kalau kota tersebut memang terkenal dengan kulinernya yang menjadi makanan terlezat sedunia. Namun tahukah kamu, Padang juga menyimpan destinasi wisata yang nggak kalah mengagumkannya?

Ada wisata gua, wisata perbukitan, pegunungan, bahkan pulau dengan pemandangan yang menawan. Lebih kerennya lagi, semua menjadi destinasi wisata yang turut terkenal di mata wisatawan domestik dan mancanegara! Apa saja wisata yang patut dikunjungi ketika berkunjung ke Kota Padang?

1. Danau Singkarak

7 Destinasi Wisata Alam Kota Padang yang Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/caugapala

Jalan-jalan ke Padang, kamu wajib mengunjungi danau terluas di Sumatera Barat, yaitu Danau Singkarak. Luasnya danau ini membentang sampai dua kabupaten, Solok dan Padang Panjang. Pemandangannya pun nggak kalah cantik. Faktor ini pula yang menjadikan danau ini sebagai salah satu tempat diselenggarakannya olahraga internasional balap sepeda tahunan terkenal, yakni Tour de Singkarak.

2. Puncak Gagoan

7 Destinasi Wisata Alam Kota Padang yang Wajib Kamu KunjungiInstagram.com/noraagustin_

Puncak Gagoan bisa dibilang "Tebing Keraton"-nya Padang. Namun, pemandangan yang ditawarkan cukup berbeda. Ketika berdiri di salah satu puncak tertingginya, kamu akan disuguhkan pemandangan barisan bukit dan pepohonan yang menyejukkan mata. Nggak lupa juga, dari sini kamu bisa melihat Danau Singkarak yang terkenal itu. Puncak Gagoan adalah destinasi yang tersembunyi di balik Pegunungan Bukit Barisan. Jika ingin ke sini, silakan berkendara ke arah Paninggahan, Kecamatan Junjuang Siriah, Solok.

3. Lembah Anai

7 Destinasi Wisata Alam Kota Padang yang Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/fisakinah

Siapa yang nggak pernah mendengar Lembah Anai? Bukan, bukan nama tempat makan, ini melainkan salah satu wisata air terjun paling terkenal. Posisinya persis di samping jalan raya Padang-Bukittinggi. Jadi jika sedang berkendara melintas jalan tersebut, kamu pasti akan melewatinya, dan berhenti sejenak untuk memandangi kemegahannya. Namun hati-hati jika mengunjunginya saat musim hujan, volume air dapat meningkat dan percikan airnya bisa sampai ke sisi jalan raya.

4. Ngarai Sianok

7 Destinasi Wisata Alam Kota Padang yang Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/exploredolan.id/@bariklinovra

Terletak di perbatasan Bukittinggi dan Agam, Ngarai Sianok merupakan destinasi wisata alam berbentuk lembah sempit yang dikelilingi bukit-bukit bertebung curam dengan aliran sungai kecil di sela-selanya. Konturnya terbentuk dari proses alami bumi, tepatnya terjadi karena proses turunnya lempengan bumi sehingga menimbulkan patahan jurang yang curam. Terdengar seram? Sebaliknya, Ngarai Sianok menawarkan pemandangan yang memesona, Bela. Ada beberapa taman di lembah ini yang cocok kamu singgahi dan dapat bersantai, seperti Taman Panorama.

5. Air Terjun Langkuik Tinggi

7 Destinasi Wisata Alam Kota Padang yang Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/piknikyuks/@deluminous1991

Ada banyak wisata air terjadi tersembunyi di Sumatera Barat, namun salah satu yang paling terkenal adalah Air Terjun Langkuik Tinggi. Berlokasi di Malalak Barat, Malalak, Kabupaten Agam, kamu akan menemukan air terjun dengan ketinggian sekitar 100 meter yang megah. Untuk mencapai air terjun ini, kamu perlu berjalan melewatin hutan yang rindang, seperti sedang bertualang! Selain air terjun utama, ada lima air terjun lainnya yang tersembunyi di kawasan yang sama. Kamu pun akan bertemu dengan warga lokal yang singgah untuk menyegarkan diri di air terjun tersebut. Wisata Air Terjun Langkuik Tinggi ini jadi destinasi yang cocok untuk kamu yang cinta petualangan alam dan suka bermain air.

6. Ngalau Simarasok

7 Destinasi Wisata Alam Kota Padang yang Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/hitss_tanahdatar/@reninovita_7

Kota Padang juga memiliki destinasi gua yang wajib kamu datangi, lho! Terletak di kawasan Jorong Simarasok, Agam, Ngalau Simarasok adalah salah satu destinasi wisata alam yang masih terjaga keasliannya. Tempat ini merupakan gabungan gua, sungai, dan pepohonan hijau, kombinasi ke semuanya memberikan nuansa alam yang menyegarkan, cocok untuk liburan penuh ketenangan. Sepanjang perjalanan ke tempat itu, kamu akan melihat sarang burung walet milik warga lokal. Kemudian dalam gua, kamu dapat melihat susunan stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan. Kamu pun dapat menelusuri sungai menggunakan perahu sampan yang disewakan warga setempat.

7. Pulau Cubadak

7 Destinasi Wisata Alam Kota Padang yang Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/padangtripisland

Kota Padang juga memiliki destinasi pulau, dan yang paling terkenal di mancanegara adalah Pulau Cubadak. Pulau yang berlokasi di Kabupaten Pesisir Selatan ini menjadi terkenal karena salah satu wisatawan asal Jerman membuat video dokumenter mengenai keindahan pulau ini. Alhasil, banyak turis asal negara tersebut dan juga negara Italia datang berkunjung, bahkan membangun bisnis resor. Pulau Cubadak konon merupakan kawasan kawah sehingga kekayaan alam bawah lautnya sangat beragam.

Masih banyak lagi destinasi wisata alam yang tersebar di penjuru Kota Padang. Selain itu, juga ada wisata yang bisa kamu nikmati di daerah perkotaannya, seperti Kota Tua Padang yang menawarkan suasana vintage, dan Masjid Raya Sumatera Barat yang menjadi landmark Kota Padang.  Tunggu apa lagi? Yuk, siapkan perjalananmu ke bagian barat Indonesia ini!

Baca Juga: Nggak Cuma Pempek, di Palembang Juga Ada 7 Lokasi Wisata Bersejarah