Kamu pernah nggak sih mendengar kalau ada kampung negara asing di Indonesia? Misalnya seperti Kampung Korea yang ada di Sulawesi atau kawasan Pecinan di beberapa daerah di Indonesia. Pasti hal itu akan membuat kamu bertanya-tanya dong, apa saja sih yang ada di kampung itu, tapi kamu pernah terpikir nggak apakah kampung Indonesia juga ada di negara lain? Ternyata ada juga lho kampung Indonesia di beberapa negara asing yang terdapat di suatu wilayah di negara itu.

Nah, kalau kamu sering traveling keliling dunia kamu wajib banget nih datang ke kampung Indonesia sekedar untuk menyapa saudara kalian sesama orang Indonesia atau sekadar bernostalgia mengingat kampung halaman. Berikut adalah negara-neagra asing yang terdapat kampung Indonesia di dalam wilayahnya.

1. Kampung Surabaya di Amerika Serikat

Wajib Dikunjungi! Inilah Kampung Indonesia yang Ada di Negara AsingDok. Internet

Kampung Surabaya ini terletak di Kota Philadelphia, negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat. Kenapa dinamakan Kampung Surabaya? Karena banyak sekali warga yang berasal dari Surabaya di Kota itu. Terciptanya kampung itu dimulai pada tahun 1998 dimana banyak warga Surabaya yang merantau untuk mencari pekerjaan di Amerika Serikat. Dalam kampung itu juga terdapat restoran-restoran yang dimiliki oleh warga Indonesia, jumlahnya kurang lebih ada 15 restoran. Pada tahun 2017, kampung ini juga pernah dikunjungi oleh Tri Rismaharini selaku Walikota Surabaya, kemudian ia mencoba mesin penyapu jalan sebagai sumbangan warga Surabaya untuk Philadelphia.

2. Kampung Chow Kit Indonesia di Malaysia

Wajib Dikunjungi! Inilah Kampung Indonesia yang Ada di Negara AsingDok. Internet

Kampung yang terdapat banyak sekali Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ini mempunyai sebutan Chow Kit. Nama itu sendiri diberikan oleh seorang pengusaha, Loke Chow Kit. Suasana di sana sangat kental sekali dengan budaya Indonesia seperti, sering terdengarnya lantunan musik dangdut serta keramaian pasar seperti pasar-pasar tradisional di daerah Jawa.

Selain itu terdapat juga penjual barang-barang bekas dan kantor bank asal Indonesia di pasar itu. Uniknya lagi saat melakukan transaksi jual beli mereka menggunakan Bahasa Jawa. Nah kalau untuk restoran, kampung ini juga mempunyai banyak restoran khas tanah air, jadi nggak usah kwatir jika kalian berkunjung dan kelaparan.

3. Kampung Jawa di Thailand

Wajib Dikunjungi! Inilah Kampung Indonesia yang Ada di Negara Asingsheandshe.co.id

Kampung yang memang sudah disahkan oleh Kerajaan Thailand ini merupakan kampung yang diberikan oleh Kerajaan Thailand pada tahun 1986 di daerah Bangkok. Terdapat sebuah masjid di dalam kampung ini yang diberi nama Masjid Jawa. Namun, di kampung ini sudah jarang sekali orang-orang menggunakan Bahasa Indonesia mapun Jawa, warga di sini sudah mulai menggunakan Bahasa Thailand untuk berikomunikasi. Tapi untuk makanan, banyak warga di kampung ini yang masih membuat makanan khas Jawa seperti nagasari dan ambengan nasi kuning.

4. Kampung Indonesia di Ansan, Korea

Wajib Dikunjungi! Inilah Kampung Indonesia yang Ada di Negara AsingDok. Internet

Sebenarnya tidak hanya warga Indonesia yang tinggal di daerah Ansan, banyak juga warga Asia Tenggara yang tinggal di kota ini. Namun, dari semua warga Asia Tenggara yang hidup dan tinggal di sana paling banyak adalah warga negara Indonesia, karena itulah banyak yang mengatakan kalau daerah itu diberi nama Kampung Indonesia. Ketika memasuki daerah itu kamu akan banyak menemui restoran khas Indonesia dan kamu juga akan menemukan bendera Tanah Air yang banyak dikibarkan disana.

5. Kampung Indonesia di Makkah, Arab Saudi

Wajib Dikunjungi! Inilah Kampung Indonesia yang Ada di Negara Asingnusantara-restaurant.business.site

Kampung yang terdapat di wilayah yang tidak jauh dari Masjiddil Harram ini merupakan sebuah bangunan hotel yang banyak sekali dihuni oleh jama'ah lokal dari Indonesia. Karena banyaknya warga Indonesia di sana, jadilah wilayah itu diberi julukan Kampung Indonesia. Selain hotel, banyak pula toko-toko cinderamata dan restoran yang menjual berbagai makanan khas Indonesia. Karena terlalu sering bertemu dengan orang Indonesia, para penjual cinderamata yang berasal dari Arab pun sudah menguasai Bahasa Indonesia. 

6. Kampung Bali di China

Wajib Dikunjungi! Inilah Kampung Indonesia yang Ada di Negara Asingkompasiana.com

Ketika kamu baru memasuki kampung ini pasti akan langsung merasa seperti ada di Bali karena suasana bangunan yang menjadi ciri khas pulau dewata ini. Kampung Bali tersebut tepatnya berada di Nansan, China. Di pintu masuk kampung ini kamu akan melihat tulisan selamat datang di Kampung Bali. Warga yang menetap di kampung Bali pun merupakan orang-orang keturunan asli Bali dan China, untuk komunikasi sehari-sehari mereka menggunakan Bahasa Bali. Namun, terkadang pula menggunakan bahasa Indonesia dan Mandarin. 

Baca Juga: 7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Traveling Sendiri di Kota Baru