Mau melepas penat di Ibu Kota, namun khawatir dengan situasi pandemi? Coba curi waktu untuk cuti satu atau dua hari, lalu berkunjung ke kota terdekatmu, Bogor.

Untuk kalian yang tinggal di Jakarta, Kota Bogor adalah tempat yang paling cocok untuk melakukan traveling, karena jarak yang tak jauh dan mudah dijangkau. Dari sekian banyak tempat wisata, curug (wisata air terjun) merupakan tempat andalan Kota Bogor untuk traveling. Berikut ini beberapa curug yang ada di Kota Bogor.

1. Curug Idas atau Cikuluwung 2

Mau Traveling Dekat Jakarta di Tengah Pandemi? Coba 7 Curug Ini, Yuk!instagram.com/hens4m

Curug yang memiliki kolam seluas 15 meter di atas aliran air tejun setinggi 10-15 meter ini terletak di Kampung Sukaasih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Curug ini mempunyai air berwarna biru dengan dikelilingi pepohonan hijau disekitar kolam. Biaya masuk ke curug sangat terjangkau yaitu Rp10 ribu dan biaya parkir sebesar Rp5.000. Karena kolam di sana mempunyai kedalaman yang lumayan, pihak pengelola pun menyewakan pelampung seperti ban dan pelampung jaket.

2. Curug Luhur

Mau Traveling Dekat Jakarta di Tengah Pandemi? Coba 7 Curug Ini, Yuk!instagram.com/s.annwar

Mempunyai tinggi curug 624 cm dengan dua arus air terjun yang sejajar, berada di daerah Kecamatan Ciomas, Bogor. Curug ini terletak di Gunung Salak sekitar 70 km dari selatan Jakarta. Jam buka curug ini dimulai dari pukul 07.00-17.00 dengan biaya masuk curug sebesar Rp40 ribu. Fasilitas lainnya yang terdapat di sana adalah penginapan berupa home stay, villa, dan camp.

3. Curug Kondang

Mau Traveling Dekat Jakarta di Tengah Pandemi? Coba 7 Curug Ini, Yuk!instagram.com/hadjukemal

Lokasi curug ini terletak di Wana Wisata Gunung Bunder atau kawasan Gunung Salak Endah yang termasuk Taman Nasional Halimun-Salak di Kecamatan Pamijahan Bogor. Curug Kondang mempunyai tinggi kurang lebih 10 meter dan air jatuh dengan derasnya. Kolam sejuk di bawah aliran air terjun cocok untuk berendam untuk orang dewasa maupun anak-anak. Biaya masuk Curug Kondang sebesar Rp7.500, fasilitas tolitet dan tempat ganti baju juga sudah banyak.

4. Curug Ciherang

Mau Traveling Dekat Jakarta di Tengah Pandemi? Coba 7 Curug Ini, Yuk!instagram.com/swijaya1

Waktu yang pas untuk datang ke curug ini dimulai dari pukul 07.00-18.00 karena jam itulah waktu sibuk Curug Ciherang. Lokasi curug ini terletak di Sinarjaya, Sukamakmur, Wargajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Biaya yang dikeluarkan untuk masuk ke dalam curug ini sebesar Rp20 ribu per orang. Sama dengan wisata curug lainnya, kita diharuskan berjalan kaki ke lokasi curug. Namun tak perlu khawatir karena jalur menuju lokasi sangat nyaman dan aman untuk para pengunjung.

5. Curug Pangeran

Mau Traveling Dekat Jakarta di Tengah Pandemi? Coba 7 Curug Ini, Yuk!instagram.com/curugpangeran

Tak ada kalahnya dengan wisata curug lainnya, Curug Pangeran terletak di Kecamatan Pamajihan, Bogor. Perjalanan menuju area curug ditempuh sekitar 500 meter, selain itu disediakan pula fasilitas seperti toilet dan tempat parkir. Perjalanan yang lumayan jauh tidak perlu dikhwatirkan karena sepanjang jalan anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah, di tempat ini juga memiliki spot foto yang kekinian. Harga tiket masuk sebesar Rp3.000 dan biaya parkir Rp5.000 untuk motor dan Rp10 ribu untuk mobil.

6. Curug Cibaliung

Mau Traveling Dekat Jakarta di Tengah Pandemi? Coba 7 Curug Ini, Yuk!instagram.com/rudiansyahachmad08

Wisata alam ini berada di kawasan Kampung Wadung, Desa Karangtengah, Kecamatan Bababakan Madang, Kabupaten Bogor. Dengan medan yang naik turun anda harus siap untuk melakukan tracking. Curug ini belum banyak didatangi oleh pengunjung, sehingga tempat masih terlindungi dan bersih. Harga tiket masuk sebesar Rp15 ribu dan Rp5.000 untuk biaya parkir.

7. Curug Leuwi Lieuk

Mau Traveling Dekat Jakarta di Tengah Pandemi? Coba 7 Curug Ini, Yuk!instagram.com/fakirpiknik

Ini adalah salah satu curug yang masuk ke dereta wisata yang intagrammable, sekitar 35 menit anda perlu jalan kaki menju lokasi curug dengan track curam. Curug ini terletak di Kampung Wangan Cileungsi, Desa Krang Tengah, Kecamatan Madang, Kabupaten Bogor. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk masuk ke lokasi sebesar Rp10 ribu per orang.

Bogor memang dikenal dengan seribu curugnya, semoga tujuh rekomendasi curug di atas dapat membantu ya dalam memilih wisata air terjun untuk traveling kalian. Udah nggak zaman hari libur di rumah aja, buat diri kalian nyaman ya Bela!

Baca Juga: Deretan Curug di Bogor yang Belum Diketahui Banyak Orang

Baca Juga: Sejuk dan Dingin, Inilah 7 Staycation Alam di Bandung

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Horor di Bogor, Ada Gerbang Menuju Kerajaan Gaib