Hubungan antara Korea Selatan dan Korea Utara sampai saat ini masih saja belum berdamai, baik secara ideologis maupun politis. Hotel Haegumjang yang menjadi saksi bisu perdamaian antara masyarakat Korea Selatan dan Korea Utara ini pun dihancurkan oleh Kim Jong Un, Presiden Korea Utara.

Diketahui, Hotel Haegumjang adalah hotel terapung pertama di dunia yang berlokasi di Gunung Kumgang, Korea Utara. Gunung Kumgang merupakan resor wisata Korea Utara yang menjadi lokasi rekonsiliasi langka antara warga Korea Selatan dan Korea Utara. Selain Hotel Haegumjang, beberapa lokasi Gunung Kumgang juga dirombak habis-habisan oleh Pemerintah Korea Utara.

Makna Gunung Kumgang dalam bahasa Korea berarti "berlian" ini kerap menjadi tempat reuni keluarga Korea Selatan dan Korea Utara yang terpisahkan akibat perang antar dua negara tersebut.

Terbengkalai, Hotel Haegumgang Dibongkar Pemerintah Korea UtaraCNN News

Seorang juru bicara dari Kementerian Unifikasi Korea Selatan berusaha untuk menelusuri lebih lanjut perombakan beberapa lokasi di Gunung Kumgang tersebut, salah satunya Hotel Haegumjang. Fyi, kedua negara itu sudah sepakat untuk mengelola area tersebut.

Perusahaan Hyundai Asai asal Korea Selatan juga turut bertanggung jawab atas pembongkaran kawasan wisata tersebut.

"Gunung Kumgang menjadi titik penting pertukaran antar Korut dan Korsel," ujar juru bicara Hyundai Asan Park Sung-Uk, Mengutip dari CNN.

Pembongkaran sudah dimulai sejak April 2022

Terbengkalai, Hotel Haegumgang Dibongkar Pemerintah Korea UtaraVOA Indonesia

Sebelum heboh dibicarakan oleh masyarakat, sebenarnya pemerintah Korea Utara membongkar resor Gunung Kumgang sejak April kemarin.

Resor Kumgang sudah lama berhenti operasi sejak 2008 karena kasus penembakan perempuan Korea Selatan oleh tentara Korea Utara. Perempuan tersebut dianggap telah melanggar hukum dengan melewati batas kawasan resor Kumgang dan memasuki zona militer Korea Utara.

Sejak saat itu, resor Kumgang menjadi terbengkalai dengan kondisi sungguh memprihatinkan. Sepi, berkarat, rusak bahkan kawasan tersebut sudah menjadi "kawasan hantu".

Presiden Kim Jong Un yang datang ke resor Kumgang pada tahun 2019 pun memberi instruksi untuk segera membongkarnya karena dianggap "kumuh" dan "terbelakang".

Terbengkalai, Hotel Haegumgang Dibongkar Pemerintah Korea UtaraKorea News Agency/AP

Rencananya, Kim Jong Un ingin merevitalisasi semua struktur resor Kumgang dan menyesuaikannya dengan budaya Korea Utara. Pemerintah Korut ingin mengambil alih penuh atas kepemilikan resor tersebut tanpa campur tangan Korea Selatan.

Mengutip Wikipedia, Hotel Haegumgang dulunya merupakan resor mewah mengapung di Great Barrier Reef Australia. Sempat bangkrut pada tahun 1998, Pemerintah Korea Utara lalu membeli hotel tersebut pada tahun 2000 sebagai daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Gunung Kumgang.

Resor mewah ini resmi berganti nama menjadi Hotel Haegumgang pada Oktober 2000 dan dibuka untuk wisatawan serta menjadi tempat reuni antar keluarga Korea Selatan-Korea Utara yang terpisahkan. Sedangkan resor Kumgang sendiri berbatasan dengan utara Zona Demiliterisasi Korea (DMZ).

Bagaimana opinimu tentang rencana revitalisasi resor Kumgang ini? Yay or nay? Share pendapatmu di kolom komentar ya, Bela!

Baca Juga: 6 Hal yang Mungkin Tak Kamu Ketahui Tentang Korea Utara & Diktatornya

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Pembelot Korea Utara Memilih Kembali ke Negaranya

Baca Juga: Padat Doktrin, Ini 10 Fakta Tentang Sistem Pendidikan di Korea Utara