Ada Bakar Batu hingga Meriam Bambu, Ini 7 Tradisi Natal di Indonesia

Seru dan nggak boleh kamu lewatkan

Ada Bakar Batu hingga Meriam Bambu, Ini 7 Tradisi Natal di Indonesia

Kehidupan bermasyarakat yang kental akan cerita leluhur, budaya dan sejarah yang dimasak dengan baik pun menghasilkan ragam tradisi daerah yang unik. Tradisi budaya inilah dan menjadi ikon suatu suku, keagamaan, ataupun kepercayaan.

Berbicara soal tradisi, Indonesia mempunyai ragam tradisi unik dalam merayakan Natal, lho. Semaraknya tradisi perayaan Natal ini tak hanya sebagai bentuk mempertahankan budaya tradisional, tetapi juga menjadi tontonan menarik yang tak boleh dilewatkan. Selain membuat Perayaan Natal semakin berwarna, tradisi ini juga menjadi momen istimewa untuk menjalin kebersamaan yang sudah ada sejak dahulu.

Menariknya, tradisi ini dipengaruhi budaya negara yang pernah singgah ke Indonesia untuk menyebarkan kepercayaan Nasrani. Termasuk Belanda, Inggris, dan Portugis. Tak heran, tradisi perayaan Natal di setiap kontinen Indonesia sangatlah impresif dengan menonjolkan warna budaya daerahnya.

Dari tradisi memotong hewan ternak hingga atraksi musik keroncong, berikut 7 tradisi unik perayaan Natal di Indonesia. Ekslusif ada di Indonesia saja!

1. Marbinda dan Marhobas (Sumatera Utara)

Ada Bakar Batu hingga Meriam Bambu, Ini 7 Tradisi Natal di Indonesia

Masyarakat Batak Toba di Sumatera Utara memiliki tradisi menarik merayakn Natal yang nggak boleh kamu lewatkan. Namanya tradisi Marbinda dan Marhobas. Kedua tradisi ini saling berkaitan dan tak bisa dipisahkan. Tradisi yang sudah mendarah daging dalam masyarakat Toba ini menjadi momen intim untuk berbagi terhadap sesama, wujud syukur atas nikmat-Nya, dan menjahit tali persaudaraan.

Marbinda adalah tradisi menyembelih hewan ternak. Sementara Marhobas adalah tradisi memasak hasil sembelih yang dilakukan para pria di desa. Marhobas dilaksanakan setelah tradisi Marbinda.

2. Meriam Bambu (NTT)

Perayaan Natal nggak selalu identik dengan gemerlapnya ornamen pohon Natal, santa claus, dan rumah jahe saja. Di NTT, ada cara lebih seru dan tidak biasa untuk merayakan meriahnya Perayaan Natal, yaitu dengan mengadakan tradisi meriam bambu.

Yang menarik dari tradisi ini adalah suara menggelegar bak petasan di malam tahun baru dan paling ditunggu masyarakat NTT. Bagi penduduk setempat, suara dari meriam bambu merupakan sambutan terhadap kelahiran Yesus Kristus.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here