Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Fakta Hotel Pitu Salatiga, Hotel Tertipis di Dunia

Lebar hotel tidak sampai 3 meter!

Zikra Mulia Irawati

Hotel Pitu Salatiga tengah menarik perhatian para pelancong. Berlokasi di Salatiga, Jawa Tengah, bangunan ini diklaim sebagai hotel tertipis di dunia. Berdasarkan informasi di Instagram resmi @piturooms, lebar penginapan ini adalah 2,8 meter. Sementara itu, ketinggiannya mencapai 17 meter dengan panjang ruangan 9,5 meter.

Tak hanya itu, Hotel Pitu Salatiga punya sederet fakta lain yang tak kalah menarik. Simak informasinya di bawah ini, yuk!

1. Filosofi nama Hotel Pitu Salatiga

Pitu merupakan bahasa Jawa dari angka tujuh. Penamaan ini rupanya berasal dari jokes (candaan) terkenal di Salatiga. Nama daerah ini dikaitkan dengan nilai ulangan yang apabila salah tiga, maka akan mendapatkan nilai tujuh.

Begitu akrab dengan candaan lawas ini, Founder PituRooms Ary Indra lantas menamai hotel unik tersebut dengan kata Pitu yang berarti tujuh. 

2. Jumlah kamar di Hotel Pitu Salatiga

Masih selaras dengan nama hotelnya, jumlah kamar di Hotel Pitu Salatiga juga berjumlah tujuh. Penamaannya pun menggunakan penggalan kata angka 1–7 dalam bahasa Jawa, yaitu Ji (siji/satu), Ro (loro/dua), Lu (telu/tiga), Pat (papat/empat), Mo (limo/lima), Nem (enem/enam), dan Tu (pitu/tujuh).

3. Ada spot untuk bersantai dengan pemandangan alam

instagram.com/piturooms

Di bagian rooftop, ada space untuk bersantai dengan pemandangan Gunung Merbabu. Kalau cuaca sedang tak bersahabat, ada pula spot indoor yang dilengkapi jendela lebar sehingga cantiknya alam di sekitar Hotel Pitu Salatiga tetap bisa dinikmati.

4. Punya tempat makan yang sediakan aneka menu

Area santai Hotel Pitu Salatiga juga dilengkapi layanan makanan dengan aneka menu, mulai dari makanan berat, camilan, dan kopi. Mau menyantap hidangan sembari bekerja? Tentu bisa, dong! Area ini buka mulai jam 12 siang setiap hari. Untuk berkunjung pun tak perlu melakukan reservasi, lho.

5. Cara naik ke lantai atas

Ada dua cara untuk naik ke lantai atas Hotel Pitu Salatiga. Pertama, menaiki lift kapsul transparan dengan kapasitas satu orang saja. Kedua, menaiki tangga.

Jika memilih cara kedua, kamu bisa sekalian melihat-lihat beberapa karya seni yang terpajang di beberapa sudut. Selain itu, di pintu kamar pun terpampang kutipan-kutipan indah yang Instagrammable. Serasa di galeri seni saja, ya?

6. Tawarkan paket tur wisata

Salatiga punya pesona alam yang masih asri. Jika tujuanmu menginap adalah untuk rehat sejenak dari hiruk pikuk perkotaan, mengikuti paket PituTur yang ditawarkan oleh Hotel Pitu Salatiga. Pengunjung akan diajak menyambangi sejumlah hidden gems wisata di wilayah ini bahkan mampir ke daerah tetangga selama tiga hari dua malam.

7. Alamat dan cara reservasi Hotel Pitu Salatiga

Melihat berbagai keunikannya, kamu pasti penasaran dengan lokasinya, bukan? Hotel Pitu Salatiga terletak di Jalan Sukowati 33. Dari Terminal Bus Tingkir, perjalanan menuju penginapan ini bisa ditempuh selama 10–15 menit. Dengan harga mulai dari Rp850 ribu, kamu bisa menghubungi nomor WhatsApp yang tertera di bio Instagram @piturooms untuk reservasi. 

Jadi, apakah kamu tertarik merasakan pengalaman menginap yang baru di Hotel Pitu Salatiga, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel