Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Destinasi Wisata di Kepulauan Riau, Indah Banget!

Bisa menatap Singapura dari kejauhan

Zikra Mulia Irawati

Beberapa hari terakhir, masyarakat Indonesia tengah heboh dengan pernyataan Mahathir Mohamad. Mantan Perdana Menteri Malaysia tersebut mengatakan bahwa Kepulauan Riau seharusnya menjadi bagian dari negaranya. Alasan Mahathir berbicara demikian adalah karena penduduk di wilayah ini bersuku Melayu, sebagaimana halnya warga Malaysia.

Hal lain yang juga menjadi magnet Kepulauan Riau adalah bentang alamnya yang indah. Aspek sejarah yang juga tinggal di sana pun menjadi sebuah daya tarik wisata yang tak dapat diabaikan begitu saja. Berikut 7 rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi.

1. Pulau Bintan

advontura.com

Pulau Bintan jadi salah satu pulau terindah di Indonesia. Terlebih lagi, fasilitas yang tersedia juga bukan kaleng-kaleng. Terdapat deretan resor mewah, lapangan golf kelas dunia, hingga pesisir pantai yang memiliki pemandangan yang menakjubkan. Untuk mencapai ke pulau ini, kamu bisa menempuh jalur kapal feri atau jalur udara.

2. Pulau Penyengat

Wonderful Kepri

Tak jauh dari Pulau Bintan, terdapat Pulau Penyengat. Dinamakan demikian karena konon dahulu ada seorang pelaut yang disengat hewan sejenis tawon di sini. Ia kemudian menyebarkan cerita ini kepada masyarakat luas.

Pulau Penyengat juga menyimpan sejarah sebagai pusat Kerajaan Melayu Riau-Lingga. Jika ingin berwisata religi, cobalah untuk mengunjungi Masjid Agung Sultan Riau yang dibangun menggunakan campuran putih telur dan jeruk nipis sebagai semennya. Selain itu, kamu juga bisa berziarah ke makam dua tokoh penting, yaitu Raja Ali Haji dan Raja Haji Fisabilillah.

3. Pulau Ranoh

batambanget.com

Pulau Ranoh atau yang lebih dikenal dengan Ranoh Island menyuguhkan pantai yang indah di Kota Batam. Kamu bisa snorkeling atau menaiki berbagai permainan air yang seru. Terdapat berbagai spot foto yang Instagramable banget untuk kebutuhan kontenmu, lho!

4. Kepulauan Anambas

kkp.go.id

Tak heran jika provinsi ini bernama Kepulauan Riau. Rupanya, terdapat sebuah daerah bernama Kepulauan Anambas yang memiliki 255 pulau kecil. Meski hanya sekitar 26 pulau yang berpenghuni, potensi wisata di sana tak dapat diabaikan. Pulau Bawah misalnya. Kamu akan menjumpai resort berbasis konservasi yang menawarkan pemandangan indah. Hidden gem, nih!

5. Kepri Coral

kepritravel.com

Wisata bawah laut Kepri Coral bisa jadi solusi untuk kamu yang penasaran dengan indahnya laut, tetapi tak bisa berenang. Terdapat akuarium besar di bawah laut yang memungkinkan kamu untuk menyaksikan Pulau Pengalap dari sudut yang tak biasa.

6. Palm Spring Golf

indonesia.allabout.city

Kepulauan Riau berbatasan langsung dengan Singapura. Oleh karena itu, tak perlu heran jika gedung-gedung pencakar langit di negara tersebut tampak dari kejauhan.

Salah satu spot terbaik untuk menangkap pemandangan ini adalah dari Palm Spring Golf yang terletak di Nongsa Batam. Kawasan seluas 274 hektar ini memiliki pantai yang indah. Fasilitas golf di sini bahkan sudah berskala internasional, lho!

7. Nagoya Hill Shopping Mall

tripadvisor.co.id

Destinasi wisata terakhir ini wajib kamu kunjungi sebelum meninggalkan provinsi cantik ini. Apa lagi jika bukan untuk membeli oleh-oleh? Di Nagoya Hill Shopping Mall, kamu bisa membeli berbagai buah tangan bermerek dengan harga yang cukup miring. Surga belanja banget, deh!

IDN Media Channels

Latest from Travel