Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Wisata Tematik di Jakarta, Ide Outing Akhir Tahun!

Berkunjung ke wisata tematik di Jakarta, yuk!

Nindi Widya Wati

Rencana untuk mengadakan acara outing akhir tahun, memang berbeda-beda. Ada yang lebih suka makan bersama, menonton film di bioskop, hingga staycation sembari merehatkan pikiran dari padatnya aktivitas. 

Nah, kalau kamu sedang berada di wilayah Jakarta, lalu ingin mencari tempat untuk acara outing kantor. Maka, terdapat beberapa wisata tematik yang cukup menarik untuk dikunjungi. Di antaranya, ada wisata yang bisa menguji adrenalin, menyuguhkan pesona bahari, sampai wahana bermain seru yang bisa dicoba bersama rekan kantor. 

Kira-kira manakah tempat wisata tematik di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi? Yuk, simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini, Bela.

1. Amazing D’Carribean

Dok. Istimewa

Rekomendasi wisata pertama, ada Amazing D’Caribbean yang terletak di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Wisata permainan satu ini, menghadirkan permainan arcade yang penuh warna dan hingar bingar permainan gim yang seru untuk berkompetisi bersama rekan kerja.

Mulai dari permainan seperti racing game, bom-bom car, field hockey, ping pong, shooting games, ball pool, dance dance revolution, hingga danz base. Untuk menikmati permainan di sana, lakukan aktivasi isi ulang untuk kartu Amazing D’Carribean, mulai dari Rp90 ribu. 

Waktu operasional Amazing D’Carribean, setiap harinya mulai pukul 10:00 WIB - 22:00 WIB, namun khusus hari Jumat buka pukul 12:00 WIB - 21:00 WIB.

2. Jakarta Aquarium dan Safari

Instagram.com / dwixxii

Di tengah hiruk pikuknya kota Jakarta, ada pesona bahari yang menyejukkan mata di Jakarta Aquarium dan Safari. Wisata yang berlokasi di Central Park Mall, Jakarta Barat ini, menyuguhkan beragam atraksi sekaligus mempelajari kehidupan bawah laut.

Jakarta Aquarium dan Safari memiliki ruangan setinggi 2 lantai dengan 12 zona wisata. Pada lantai pertama, terdapat satwa-satwa air (akuatik) di dalam akuarium raksasa. Lalu, di lantai kedua ada pameran satwa-satwa nonair (nonakuatik). 

Kalau ingin sembari mengisi perut, Jakarta Aquarium dan Safari sudah memiliki beberapa restoran. Untuk harga tiket masuk Jakarta Aquarium dan Safari, harganya mulai Rp145 ribu dengan waktu operasional setiap hari, mulai pukul 10:00 WIB - 21:00 WIB.

3. M7 Tactical

Dok. Istimewa

Jika ingin menguji adrenalin, cobalah berwisata ke M7 Tactical yang cukup menarik serta menegangkan. M7 Tactical terletak di Kuningan City Mall, yang bisa memberi pengalaman simulasi taktikal baku tembak layaknya dalam misi agen rahasia, dengan harga tiket masuk mulai dari Rp71 ribuan.

Semua peralatan di M7 Tactical telah disupervisi oleh para ahli, sehingga aman untuk diikuti oleh anak-anak mulai usia 6 tahun. M7 Tactical buka setiap hari weekday mulai pukul 13:00 WIB - 21:00 WIB, sedangkan saat weekend pukul 10:00 WIB - 21:00 WIB.  

4. Museum Moja

Instagram.com / mojamuseum

Masih di kawasan Jakarta Pusat, kamu bisa seru-seruan dengan mengunjungi Museum Moja yang berlokasi di Stadion Utama, kompleks Gelora Bung Karno. Ada aktivitas bermain roller skate, melukis di kanvas atau dinding, hingga bermain mini golf. 

Wisata yang berdiri hampir enam tahun ini, setiap harinya beroperasi mulai pukul 11:00 WIB - 19:30 WIB. Harga tiket ke Museum Moja, mulai dari Rp110 ribu dan dapat dibeli di www.mojamuseum.com. 

5. Museum Layang-Layang Indonesia

Instagram.com /museumlayanglayang.id

Kalau rasanya ingin kembali ke masa kecil, maka cobalah berwisata ke Museum Layang-Layang Indonesia. Ada beragam aktivitas seru di sini, seperti uji kreativitas dengan membuat keramik, melukis payung, membuat sampai melukis layang-layang, hingga membatik di ruang temu komunitas.

Museum yang berlokasi di Jalan Haji Kamang No.38 Pondok Labu, Jakarta Selatan ini, buka setiap hari mulai pukul 09:00 WIB - 16:00 WIB. Sebelum pulang, bisa mampir di The Gift Shop untuk beli oleh-oleh hasil karya pengrajin UMKM lokal, lho

6. Speedy Karting

Dok. Istimewa

Kalau masih ingin mencari wisata yang menguji adrenalin, ada Speedy Karting yang menawarkan tempat main gokart secara indoor. Wisata dengan lahan seluas 2.000 meter persegi dan panjang sirkuit 250 meter ini, berlokasi tepat di Kuningan City lantai empat.

Speedy Karting buka setiap hari Senin sampai Jumat, mulai pukul 14:00 WIB - 21:00 WIB. Sedangkan, Sabtu, Minggu dan Libur Nasional, buka mulai pukul 10:00 WIB - 21:00 WIB. Tarif yang dibanderol beragam, di antaranya sebagai berikut.

1. Senin dan Selasa mulai dari Rp70.000 per lima menit.

2. Rabu – Jumat dibanderol mulai Rp80.000 per lima menit, Rp150.000 per sepuluh menit, dan Rp3,2 juta per jam untuk grup.

3. Sabtu, Minggu dan Libur Nasional yaitu Rp90.000 per lima menit, Rp170.000 per sepuluh menit, dan Rp3,7 juta per jam untuk grup.

Selain biaya sewa gokart, pengunjung perlu membayar biaya tambahan lainnya untuk kartu sebesar Rp5.000, sarung tangan Rp15.000, dan balaclava (kain penutup kepala) Rp15.000.

7. Bounce Street Asia Trampoline Park

Dok. Istimewa

Kalau menengok di laman media sosial, baik anak-anak hingga orang dewasa terlihat sangat seru bermain di Bounce Street Asia Trampoline Park. Wisata yang kerap disebut Bounce Street Asia ini, menjadi pusat rekreasi dalam ruangan yang dilengkapi dengan trampolin, kolam bantalan busa, arena basket bouncing, serta cafe yang menyediakan beragam hidangan kekinian. 

Bounce Street Asia berada di Sentra Bisnis Kepala Gading, tepatnya di Jalan Artha Gading Sel. Nomor Kav 8 Blok B, RT.18/RW.8, Klp. Gading Bar., Kecamatan Klp. Gading. Wisata ini beroperasional setiap hari, dengan jam buka pukul 10:00 WIB – 19:00 WIB di hari Senin sampai Jumat, dan pukul 10:00 WIB – 19:00 WIB di hari Sabtu dan Minggu. 

Di sisi lain untuk harga tiket Bounce Street Asia pada hari Senin sampai Jumat sebesar Rp150.000. Lalu, pada Minggu, Sabtu, dan Hari Libur Nasional sebesar Rp175.000. Harga tiket tersebut, sudah mencakup foto dan video sepuasnya di booth difotoin.id, serta voucher makan seharga Rp25.000. Kamu dapat membeli tiketnya on-site atau membuat reservasi terlebih dulu lewat situs resmi bouncestreetasia.com, ya. 

8. Pandora

Dok. Istimewa

Saat ingin mencoba hal yang lebih seru dengan teman-teman, cobalah bermain di Pandora Experience. Wahana permainan escape room ini, menegangkan dan penuh misteri. Sehingga, butuh strategi dan kerja sama tim untuk menyelesaikan permainannya.

Biasanya, satu tim terdiri dari 2 sampai 10 pemain. Lalu, akan memilih cerita mitos dan legenda dari belahan dunia seperti Alcatraz, King Solomon, atau Forest of The Dead. Setiap tim, diberikan waktu 120 menit untuk memecahkan teka teki tersebut.

Wisata ini memang ada di beberapa kota di Indonesia, seperti Kuta, Bandung, Jakarta, Surabaya dan Tangerang. Namun, kalau untuk di Jakarta berlokasi di tiga tempat, yaitu Kelapa Gading, Ciputra Mall, dan Baywalk Mall.

Sebelum berkunjung, perlu melakukan reservasi terlebih dahulu lewat website Pandora Experience. Wisata yang buka setiap hari mulai pukul 11:00 WIB sampai 21:00 WIB ini, harga tiketnya sebagai berikut.

1. Dua sampai tiga pemain, rate per person adalah Rp212.000 untuk weekdays dan Rp225.000 untuk weekend. 

2. Empat sampai tujuh pemain dengan rate per person Rp189.000 untuk weekdays dan Rp203.000 untuk weekend. 

3. Delapan sampai 10 pemain memiliki rate per person Rp167.000 untuk weekdays dan Rp180.000 untuk weekend. 

9. Playtopia

Dok. Istimewa

Kalau khawatir dengan cuaca yang tidak menentu, maka wisata indoor seperti Playtopia bisa menjadi pilihan menarik. Taman bermain dalam ruangan ini, dilengkapi dengan berbagai wahana yang ternyata juga ramah anak. 

Playtopia memiliki beberapa cabang di sejumlah daerah, seperti di PIK Avenue Mall yang berada tepat di PIK Avenue Mall lantai 2F unit a-8. Tempat hiburan ini, beroperasi setiap hari, mulai dari pukul 11:00 WIB hingga 22:00 WIB.

Pembelian tiket Playtopia dapat dilakukan secara online, melalui tiket.com. Mengenai harga tiket masuk antara weekday dan weekend berbeda, di antaranya sebagai berikut. 

1. Harga tiket hari Senin sampai Kamis, jika durasinya satu jam membayar Rp100.000 dan kalau tiga jam sebesar Rp150.000.

2. Harga tiket hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, saat bermain satu jam membayar Rp150.000 dan kalau tiga jam Rp200.000.

Harga tiket tersebut berlaku untuk satu anak dan satu dewasa, yang sudah mencakup semua permainan di Playtopia. Jika ingin menambah satu orang pendamping (dewasa), maka akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp50.000.

Sepertinya rekomendasi wisata tematik di Jakarta cukup menarik untuk dikunjungi, ya. Adakah yang menjadi tujuan wisatamu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel