Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pantai Mesra Jogja: Lokasi, Fasilitas, dan Daya Tariknya

Pemandangannya romantis

Nafi' Khoiriyah

Wisata alam di Jogja memang menarik untuk dijelajahi, terutama pantai pasir putihnya. Untuk melihat panorama tersebut, wisatawan perlu menjelajah wilayah Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Salah satu pantai yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Mesra. Meski cukup baru, tetapi pantai ini cocok untuk refreshing bersama dengan pasangan atau keluarga karena suasananya yang romantis. 

Sebelum berkunjung langsung ke Pantai Mesra, lihat dulu informasi lengkapnya dalam artikel ini, ya!

1. Lokasi dan rute Pantai Mesra

instagram.com/pantaimesrajogja

Pantai Mesra atau disebut juga dengan Pantai Ngrawe terletak di Jalan Pantai Kukup, Ngepung, Kemadang, Ngrawe, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika berangkat dari Kota Jogja, wisatawan perlu menempuh jarak sekitar 59 kilometer. Lama perjalanan jika menggunakan kendaraan bermotor sekitar 1 jam 30 menit. Mengenai rute menuju Pantai Mesra, kamu bisa memulai keberangkatan ke arah Wonosari. 

Setelah itu arahkan kendaraan ke Panggang, lalu jalan terus sampai ke daerah Ngepung. Untuk sampai ke Pantai Ngrawe, pengunjung perlu melewati gerbang retribusi Pantai Baron. Kemudian, cukup ikuti jalan menuju Pantai Mbuluk. 

Sampai di persimpangan, belokkan kendaraan ke arah Pantai Ngrawe atau Pantai Mesra. Nah, pengunjung bisa memarkirkan kendaraan di sekitar kawasan itu. 

2. Jam buka dan harga tiket Pantai Mesra

instagram.com/pantaimesrajogja

Seperti kebanyakan pantai lainnya, Pantai Mesra sebenarnya buka setiap hari selama 24 jam. Namun, waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Mesra adalah pada pagi dan sore hari.

Sebab di waktu tersebut, kamu bisa melihat pemandangan pantai yang indah dengan cuaca yang tidak begitu terik. Jika akan kembali ke Jogja, pastikan kamu pulang sebelum terlalu gelap karena harus melalui jalanan yang sepi. 

Harga tiket masuk Pantai Mesra pun masih cukup terjangkau. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk Rp10 ribu per orang saja. Sedangkan untuk biaya parkir, siapkan biaya mulai dari Rp3 ribu untuk roda dua atau Rp5 ribu untuk roda 4. 

3. Daya tarik Pantai Mesra

instagram.com/pantaimesrajogja

Pantai Mesra memiliki daya tarik pasir putih yang bersih dengan hamparan rumput yang tak banyak ditemui di pantai lainnya. Banyak yang menggambarkan suasana pantai ini seperti di Miami. 

Selain pantai dan pasir putihnya, ada pula kursi dan lampu taman yang bisa jadi spot untuk foto. Tak heran kalau banyak orang yang menjadikan Pantai Mesra sebagai latar foto prewedding. Suasananya yang romantis juga cocok sebagai tujuan liburan pasangan. 

Selain itu, kawasan Pantai Mesra juga layak untuk dikunjungi karena kawasannya yang bersih dari sampah. Hal itu tidak merusak keindahan pantainya yang memukau. 

Pantai Mesra yang termasuk di wilayah Pantai Selatan juga membuatnya memiliki ombak yang besar. Ombak yang menerpa karang di pantai ini membuat pemandangan makin estetik.

4. Fasilitas Pantai Mesra

instagram.com/pantaimesrajogja

Jangan khawatir kalau ingin menghabiskan waktu di Pantai Mesra, sebab ada beragam fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung. Mereka menyediakan lahan parkir, musala, gazebo, toilet, sampai banyak warung makan yang bisa dijelajahi. 

Fasilitas tersebut masih dalam kondisi yang baik sehingga nyaman digunakan pengunjung. Bahkan, jika ingin menginap, di sekitar Pantai Mesra terdapat homestay dan penginapan dengan suasana pantai yang indah. 

Pantai Mesra sepertinya menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi saat akhir pekan atau liburan. Bukan hanya menawarkan keindahan garis pantai saja, tetapi ada banyak fasilitas yang bisa dinikmati.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Pantai Mesra, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Travel