Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Objek Wisata Koh Samui Thailand yang Indah dan Eksotis

Destinasi liburan yang seru

Nafi' Khoiriyah

Koh Samui merupakan pulau terbesar ketiga di Thailand. Ada banyak sekali pantai yang indah dan atraksi lainnya yang beragam. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di sana. 

Selain pantainya, ada berbagai keunikan budaya yang tak kalah menarik untuk dijelajahi. Kalau kamu penasaran dengan wilayah ini, jelajahi objek wisata Koh Samui, yuk!

1. Ang Thong National Marine Park

thainationalparks.com

Objek wisata Koh Samui yang pertama, Ang Thong National Marine Park, merupakan lokasi wisata yang berada di barat laut Koh Samui. Di sana, pengunjung bisa mendaki ke salah satu puncak Pulau Wua Ta Lab.

Pulau tersebut merupakan pulau utama di taman laut ini yang memiliki view menakjubkan. Kamu bisa melihat keindahan puluhan pulau-pulau kecil, termsuk Unseen Thailand.

Tak hanya itu saja, aktivitas seperti snorkeling pun bisa kamu lakukan di Ang Thong National Marine Park. 

2. Big Buddha Temple

jonesyinthailand.com

Big Buddha Temple berada di utara Koh Samui dan menjadi salah satu kuil yang terkenal di Thailand. Kuil ini juga mejadi landmark dari Koh Samui yang paling terkenal. 

Di sana terdapat patung Buddha emas setinggi 12 meter yang bisa dilihat dari kejauhan. Di dalamnya terdapat beberapa kuil berbeda yang lebih kecil. Ada pula pasar yang menjual berbagai macam suvenir unik. 

3. Air Terjun Na Muang

arrivalguides.com

Objek wisata Koh Samui selanjutnya adalah Air Terjun Na Muang yang paling indah di Koh Samui. Sebenarnya, di kawasan ini terdapat 2 air terjun yang bisa dikunjungi. Di Air Terjun Na Muang 1 terdapat sebuah kolam alami di bawahnya. 

Sementara untuk menuju ke Air Terjun Na Muang 2, kamu perlu berjalan kaki selama kurang lebih 19 menit untuk menikmatinya. Jika pergi ke Na Muang, sebaiknya pastikan kamu datang di bulan yang basah agar airnya mengalir deras. 

4. Pantai Aow Leuk

kohtaocompleteguide.com

Ada banyak wisata pantai yang indah di Koh Samui, salah satunya adalah Pantai Aow Leuk. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang lebih terpencil sehingga cocok untukmu yang mencari ketenangan.

Pantainya memiliki warna air yang unik, yakni biru muda yang cerah. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas air, seperti berjemur, snorkeling, maupun bermain kayak di Pantai Aow Leuk. 

5. Bophut's Fisherman’s Village

theluxurysignature.com

Sementara jika ingin berwisata sejarah, berkunjunglah ke Bophut's Fisherman’s Village. Tempat wisata ini merupakan kawasan bersejarah dengan bangunan bergaya pedesaan. 

Kamu bisa menemukan beraneka toko, butik, restoran, sampai hotel berjajar di kawasan ini. Tempat ini juga akan berubah menjadi pasar di malam hari yang menjual barang menarik sebagai oleh-oleh. 

6. Koh Samui Temple

amari.com

Tak kalah populer dengan Big Buddha Temple, objek wisata Koh Samui ini berada di pantai timur laut Samui. Di sana terdapat patung Guanyin yang merupakan Dewi Welas Asih dan Kasih Sayang dengan lengan berjumlah 18. 

Di sini, kamu bisa mengamati seni dan arsitektur Buddha yang unik. Ada pula sejumlah patung dan mural di sekitar kuilnya. Setiap harinya, para umat Buddha memberi penghormatan kepada Guanyin dan Sang Buddha. 

7. Secret Buddha Garden

theprivateworld.com

Secret Buddha Garden berada tersembunyi di perbukitan pedalaman Koh Samui. Destinasi ini menawarkan pemandangan yang megah dengan koleksi patung yang ada di tengah hutan. 

Taman ini konon dibuat oleh seorang petani buah Nim Thongsuk. Patungnya menggambarkan beberapa hewan, dewa, dan manusia dengan pose yang beragam. Di areanya juga terdapat air terjun dengan air sungai yang mengalir. 

8. Pantai Hua Thanon

kosamui.space

Pantai Hua Thanon juga merupakan salah satu pantai indah yang terkenal dengan pemandangannya yang fotogenik. Lokasi ini berada di kawasan muslim sehingga banyak masjid di sekitarnya. 

Hua Thanon juga memiliki pasir putih kemerahan dengan batu-batu di sekitarnya. Di sini kamu akan sering menyaksikan para biksu sedang meditasi dan menjelajah ke desa muslim di sekitarnya. 

9. Koh Tan

kosamui.space

Berbeda dengan objek wisata Koh Samui yang lainnya, Koh Tan merupakan pulau yang kecil dan sepi. Jaraknya hanya sekitar tiga mil atau 15 menit dengan menaiki perahu.

Di sini terdapat pemandangan batu karang yang warna-warni. Pengunjung biasanya melakukan aktivitas snorkeling atau kayak karena perairannya yang jernih.

Pulau ini pun dihuni oleh sekitar 30 orang dengan gaya hidup pedesaan dan listrik terbatas. 

10. Hin Yai dan Hin Ta

tourismthailand.org

Terakhir, Hin Yai dan Hin Ta merupakan destinasi yang unik dengan pemandangan batuan yang disebut Kakek dan Nenek. Wisata ini menjadi populer karena bentuknya yang menyerupai alat kelamin laki-laki dan perempuan. 

Batuan tersebut berasal dari granit yang terkikis oleh air laut dan panas. Lokasinya berada di hamparan pantai yang indah dengan air pasang yan tenang sehingga makin menarik untuk tujuan wisata.

Itu dia 10 objek wisata Koh Samui yang cocok sebagai destinasi liburan untuk keluarga. Selain pesona alamnya yang memukau, keberagaman budayanya juga menarik untuk dijelajahi, bukan? 

IDN Media Channels

Latest from Travel