Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tips Mencuci Pakaian di Hotel Saat Liburan, Atasi Pakaian Kotormu

Nyaman tanpa kepikiran pakaian kotor

Nabila Damaan

Ketika berlibur di hotel, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, termasuk bagaimana mengatasi permasalahan pakaian kotor. Liburan memang menyenangkan, sayangnya, tumpukan pakaian kotor tentu akan semakin bertambah setiap harinya.

Mencuci pakaian saat bepergian akan mengurangi beban yang harus dilakukan saat tiba di rumah dan membantu mengemas lebih sedikit barang. Kedengarannya memang sedikit ribet, namun mencuci pakaian di hotel saat liburan tentu sangat membantu. Bagaimana? Simak tips berikut ini, ya!

1. Gunakan layanan hotel

love2laundry.com

Jika pakaian kotor telah menjadi pertimbangan, sebelum memesan kamar hotel wajib hukumnya mengecek fasilitas hotel yang kamu tinggali, apakah menyediakan jasa laundry atau tidak. Banyak hotel menawarkan layanan pencucian pakaian, baik itu layanan kering maupun cuci basah.

Biasanya, di kamar hotel terdapat tas laundry yang dapat digunakan untuk menyimpan cucian kotor. Setelah itu akan terdapat formulir yang harus diisi agar pihak hotel mengetahui apa yang perlu dilakukan. Formulir tersebut mencakup tarif layanan yang akan dikenakan. Panduan untuk meninggalkan cucian biasanya tertera pada tas (misalnya, tinggalkan di kamar untuk pembersihan, atau hubungi meja depan).

2. Cuci pakaian manual

independenttravelcats.com

Adapun cara yang lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencuci sendiri pakaian di kamar mandi hotel. Cara ini tentu lebih menekan biaya pengeluaran ketika liburan, meskipun akan sedikit membuatmu kerepotan.

Mencuci pakaian kotor sendiri di hotel sebaiknya dilakukan di penghujung hari, tentu agar tidak mengganggu liburanmu. Adapun yang harus kamu sediakan untuk memulai mencuci pakaianmu di kamar mandi hotel adalah sumbatan wastafel, deterjen dan pewangi pakaian. Jika perlu, kamu juga bisa menyediakan tali jemuran portable untuk menjemur pakaian.

3. Gunakan mesin cuci umum

independenttravelcats.com

Banyak hotel kelas menengah hingga mewah dilengkapi dengan fasilitas mesin cuci dan pengering umum yang tersedia bagi para tamu. Kamu dapat menggunakan fasilitas ini untuk mencuci pakaian sendiri. Pastikan untuk membawa deterjen dan pelembut pakaian, karena biasanya tidak disediakan oleh hotel.

4. Cari binatu lokal

swsgroup.com

Jika jasa binatu hotel nggak sesuai dengan budget liburan, serta mencuci pakaian di kamar hotel cukup merepotkan, opsi lainnya adalah meluangkan sedikit tenaga untuk mencari binatu lokal di sekitar hotel. 

Pergi ke layanan binatu sangat mudah digunakan, namun penting untuk memastikan untuk menemukan layanan binatu yang bagus, di sinilah membaca ulasan Google sangatlah diperlukan. Binatu lokal biasanya menawarkan jasa dengan harga yang lebih terjangkau, hanya saja prosesnya mungkin akan sedikit lebih lama.

5. Rencanakan dengan bijak

kindlaundry.com

Selalu perencanakan waktu dengan bijak saat mencuci pakaian di hotel. Jangan menunggu hingga tumpukan pakaian kotor menumpuk, karena ini dapat membuat tugas akan menjadi lebih sulit. Setiap kali kamu memiliki sedikit waktu luang, manfaatkan kesempatan untuk mencuci beberapa pakaian.

Itulah tips mencuci pakaian di hotel saat liburan. Dari ke-5 cara di atas mana yang kira-kira akan kamu lakukan, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Travel