Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Siap Travelling, Ini 7 Biaya Liburan yang Perlu Dipersiapkan

Kegiatan liburan akan sangat memengaruhi jumlah anggaranmu

Mariana Politton

Mendekati momen liburan, kerap menghadirkan keinginan tak terbendung untuk menjelajahi destinasi wisata favorit. Dalam rangka memanifestasikannya, kamu pun menikmati euforia menyusun itinerary sebagai bagian perencanaan karena memberi gambaran liburanmu.

Eits, tahukah kamu? Kunci utama dalam perencanaan liburan yang sesungguhnya harus berawal dari perencanaan keuangan yang cermat. Soalnya, alokasi budget berperan penting dalam menentukan bagaimana kamu dapat berkegiatan dan menikmati kegiatan tersebut.

Tenang, Popbela sudah menyiapkan ulasan mengenai 7 biaya liburan yang perlu dipersiapkan demi kelancaran rencana liburanmu. So, mari kita pelajari bersama, Bela!

1. Biaya pengurusan dokumen

etias.com

Merencanakan liburan tidak hanya sekadar menentukan destinasi wisata, lalu semuanya pun beres. Kamu harus mengetahui bahwa beberapa negara memerlukan beberapa dokumen sebagai salah satu syarat untuk berkunjung, seperti paspor, visa, dan lain-lain.

Untuk mengurus hal ini, ada biaya-biaya yang perlu kamu bayarkan. Namun, perlu diketahui bahwa nilai biaya pengurusan dokumen ini dapat berbeda-beda. Maka dari itu, kamu perlu mencari tahu dan memasukannya dalam rencana anggaran liburanmu.

2. Biaya transportasi

alison.com

Namanya saja sudah liburan, kamu pasti akan melakukan mobilitas atau perpindahan dari satu tempat ke tempat lainnya. Entah ke luar kota, luar pulau, atau luar negeri sekalipun, kamu pasti akan mengandalkan transportasi yang memungkinkan perjalanan liburanmu.

Eits, pengunaan transportasi meliputi perpindahan berangkat dan pulang, serta pergerakanmu kala menjalani liburan di lokasi tujuan. Itu berarti daftar rencana anggaran untuk biaya transportasi ini akan panjang dan harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari.

3. Biaya tempat penginapan

bcdtravel.com

Kecuali kamu berencana untuk liburan sekali jalan, kamu tentu harus memikirkan tempat penginapan. Biasanya, sih, tempat penginapan yang efektif dan efisien adalah tempat penginapan yang lokasinya dekat dengan rencana dalam daftar itinerary-mu.

Akan tetapi, pertimbangan terkait biaya tempat penginapan sebaiknya meliputi kurun waktu atau berapa lama kamu akan berlibur, serta ekspetasi fasilitas apa yang kamu butuhkan. Jangan lupa sesuaikan ekspetasi tersebut dengan kemampuan anggaran liburanmu, ya!

4. Biaya makanan

nesta.org.uk

Mana mungkin seseorang berlibur tanpa mengekspetasikan wisata kuliner? Setidaknya, kamu pasti berkeinginan untuk mencoba makanan lokal, baik makanan berat untuk kebutuhan sehari-hari maupun jajanan kecil yang akan memberi pengalaman tersendiri.

Perihal ini, ingat, rencana anggaran biaya makanan harus bisa dikontrol alias realistis. Artinya coba hindari alokasi biaya makanan yang terlalu besar jika berpotensi menyulitkan momen liburanmu. Sebagai saran, lakukan review tempat makanan dan cari tahu kisaran harganya.

5. Biaya telepon, internet maupun paket data

matadornetwork.com

Terlepas dari kamu berlibur secara solo atau berkelompok, komunikasi adalah hal yang harus dijaga selama menjalani liburan. Entah untuk memberikan kabar kepada orang-orang di tempat asalmu atau memudahkan komunikasi antara satu sama lain kala berlibur.

Nah, biaya telepon ini akan sangat diperlukan dengan mengandalkan biaya internet atau sewa wi-fi dari Indonesia maupun paket data yang terkoneksi di lokasi tujuan. Dengan ini, kelancaran komunikasi akan terbantu dan biayanya cenderung tidak selalu mahal, lho.

6. Biaya selama liburan

jaypeehotels.com

Berlibur selalu mengenai pergi ke banyak tempat-tempat wisata yang menyenangkan hati. Mungkin, kamu berencana untuk mengunjungi taman bermain, kebun binatang, kolam renang publik, atau tempat bernuansa alam yang menjadi khas kota tujuan.

Semuanya itu menuntut rangkaian biaya; setidaknya ada biaya tiket masuk. Selain itu, kamu bisa saja tergiur untuk membeli beberapa souvenir untuk oleh-oleh. Untuk itu, rencana anggaran biaya ini harus ditetapkan sesuai segala kemungkinan dan perencanaan realistis.

7. Biaya darurat

mybanktracker.com

Pada akhirnya, manusia dapat berencana, tetapi hari esok akan selalu menjadi misteri. Begitu juga dengan liburanmu, setiap perencanaan tidak akan memberi kepastian mengenai apa-apa saja yang akan terjadi, terlepas dari segala keinginan yang positif.

Untuk mengantisipasinya, kamu wajib menyisihkan sejumlah uang untuk keperluan darurat yang bisa saja terjadi. Entah uang darurat akan dipergunakan untuk masalah kesehatan atau masalah sejenis lainnya, alokasi budget harus dianggap sebagai salah satu prioritas.

Sekarang, kamu sudah tahu, deh, biaya-biaya liburan apa saja yang perlu dipersiapkan dan juga diperhitungkan. Itu berarti kamu sudah siap untuk traveling and enjoy the moment!

IDN Media Channels

Latest from Travel