Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Tempat Wisata Populer di Irlandia, Ada Lokasi Syuting 'Star Wars'

Wajib kamu kunjungi!

Natasha P.

Lanskap arsitektur berupa ribuan kastil kuno yang megah menjadikan Irlandia tampak seperti negeri dongeng yang nyata. Negara yang berlokasi di Benua Eropa dan merupakan anggota dari Uni Eropa ini memiliki tingkat kejahatan yang sangat minim. Mendapat predikat salah satu negara paling aman di dunia, tak mengherankan apabila Irlandia menjadi destinasi terbaik di Eropa untuk berlibur.

Negara ini punya pesona wisata yang luar biasa berupa bangunan bersejarah, museum terkenal, dan bentang alam menakjubkan. Kalau kamu punya kesempatan, tak ada salahnya untuk mendatangi tempat wisata populer di Irlandia pilihan Popbela di bawah ini.

1. Dublin Castle

Viator.com

Destinasi arsitektur yang wajib kamu kunjungi saat ke Irlandia adalah Dublin Castle. Terletak di Dame Street, Dublin Castle mempunyai tinggi 9 meter. Desain bangunan kastil yang megah ini didirikan di atas lahan seluas 4,4 hektar.

Kastil yang digunakan sebagai istana bagi King John pada abad ke-12 untuk memimpin Irlandia ini telah berusia lebih dari 800 tahun.

2. National Botanic Gardens

Lonely Planet

Berikutnya ada National Botanic Gardens yang menjadi rumah bagi 20.000 tanaman hidup dan jutaan koleksi spesies tanaman kering. Masih berlokasi di Ibu Kota Irlandia, Dublin, kebun raya nasional ini mempunyai arsitektur yang estetik berupa rumah kaca yang menakjubkan.

Tempat wisata edukasi ini berdiri pada tahun 1795 dan mencakup area seluas 19,5 hektar. Lokasinya pun strategis dan terjangkau, yakni terletak 5 kilometer di utara pusat kota Dublin.

3. Kilmainham Gaol

History Ireland

Biasanya bekas penjara identik sebagai markas mistis dan gudang cerita horor. Tapi di Dublin, Irlandia, terdapat bekas penjara yang justru dialihfungsikan sebagai tempat wisata yang apik. Namanya Kilmainham Gaol dan merupakan salah satu museum sejarah di Irlandia. Museum ini merupakan memoar untuk mengenang para pahlawan revolusioner Irlandia yang telah gugur.

Sebelum jadi museum, destinasi ini dulunya merupakan penjara yang dibangun pada 1796. Di masa lalu, tokoh revolusioner Irlandia yang melakukan pemberontakan dipenjara di Kilmainham Gaol.

4. National Museum of Ireland

Expedia.com

Wisata museum yang menarik untuk ditandangi saat ke Irlandia berikutnya adalah Museum Nasional Irlandia.

Museum yang sudah dibuka sejak tahun 1890 ini punya tiga cabang yang tersebar di penjuru kota Dublin. Menariknya lagi, setiap cabang memiliki koleksi berbeda-beda. Yaitu Museum Arkeologi, Museum Sejarah Alam, serta Museum Seni Dekoratif dan Sejarah. Adapun cabang museum yang paling populer adalah Museum Arkelogi yang terletak di Kildare Street.

5. Dunluce Castle

Speeupflow.com

Penggemar Game of Thrones tak boleh melewatkan tempat ini saat berlibur ke Irlandia. Lantaran, Dunluce Castle sendiri merupakan lokasi asli dari House of Greyjoy dalam serial populer HBO tersebut. Benteng-benteng dari kastil ini berlokasi persis di ujung tebing laut. Membuat penampakannya semakin berkesan dengan balutan lukisan alam dari laut biru dan langit yang bersih. Benteng yang berlokasi di Provinsi Ulster ini merupakan benteng peninggalan sejarah yang dibangun oleh keluarga MacQuillan pada sekitar tahun 1500.

6. Giant's Causeway

National Trust

Menikmati sunset di pantai mungkin sebuah pengalaman yang biasa. Untuk menjajal suasana baru, cobalah untuk menyaksikan sunset dengan mendaki Giant's Causeway. Wisata populer di Irlandia ini terdiri dari kumpulan bebatuan heksagonal hasil endapan magma letusan gunung dari milyaran tahun yang lalu.

Berlatarkan hamparan laut yang luas dan indah, tempat ini adalah spot Instagramable terbaik untuk mengabadikan momen di Irlandia.

7. Skellig Michael

Heritage Island

Dengan arsitektur kastil yang menakjubkan atau bentang alam yang spektakuler sebagai daya tarik, tak mengherankan apabila tempat wisata di Irlandia sering kali menjadi langganan lokasi syuting film atau serial. Salah satunya adalah Pulau Skellig Michael yang menjadi lokasi syuting Star Wars.

Pulau yang populer dengan nama Great Skellig ini berlokasi di wilayah County Kerry. Karena meninggalkan warisan berupa habitat alami bagi spesies makhluk hidup, UNESCO pun menobatkan pulau ini sebagai situs warisan budaya yang dilindungi.

8. Cliffs of Moher

Cliffsofmoher.ie

Cliffs of Moher adalah destinasi alam di Irlandia yang bisa kamu kunjungi saat sedang jenuh dan penuh pikiran. Tempat ini menawarkan tebing curam pinggir pantai dengan pemandangan samudra lepas yang sangat indah. Lokasinya yang jauh dari pusat kota dan hingar bingar kesibukan, membuat tempat ini menjadi pilihan terbaik untuk melepaskan semua kepenatan.

Pengalaman berupa berdiri di pinggir batuan tebing sambil menghirup udara segar, menikmati memandangi indahnya lautan atlantik bisa kamu dapatkan di sini. Jika beruntung, kamu bisa menyaksikan atraksi sekumpulan lumba-lumba yang berenang serta menyapamu di tengah pantai.

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu sudah ada keinginan untuk menjadikan Irlandia sebagai destinasi liburan luar negerimu? Tulis di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Travel