Mengenang Masa Kejayaan Kekaisaran Di Kota Terlarang Tiongkok

Kota Terlarang adalah rumah untuk para kaisar

Mengenang Masa Kejayaan Kekaisaran Di Kota Terlarang Tiongkok

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Setiap tahunnya, kemegahan kompleks Kota Terlarang China (Tiongkok) atau Forbidden City, berhasil mengundang ribuan wisatawan untuk berkunjung. Dahulu Kota Terlarang merupakan pusat pemerintahan sekaligus rumah bagi kaisar dengan pengamanan yang ketat. 

Setelah runtuhnya Dinasti Qing, kompleks Kota Terlarang tak lagi digunakan sebagai tempat tinggal kaisar. Beberapa tahun kemudian, kawasan Kota Terlarang dibuka untuk umum serta beberapa kali mengalami pemugaran untuk menjaga kelestariannya.

Sejarah Kota Terlarang China (Tiongkok)

Kota Terlarang, dalam bahasa Tiongkok disebut Zijincheng, dibangun dari tahun 1406 sampai 1420 atas perintah kaisar ketiga Dinasti Ming, Kaisar Yongle. Pada masa pemerintahannya, untuk melindungi keamanannya, Kaisar Yongle memindahkan ibu kota dari Nanjing ke Beijing, yang merupakan wilayah kekuasaannya. 

Berjalan empat tahun masa pemerintahannya, Kaisar Yongle memerintahkan Kuai Xiang untuk membuat rancangan Kota Terlarang di Beijing. Kota Terlarang dibangun di area seluas 72 hektar dengan lebih dari 800 bangunan serta ±9.000 ruangan. Kawasan ini terbagi menjadi tiga bagian yakni area pertahanan, pelataran luar, dan pelataran dalam.

Tempat suci untuk para kaisar

Bukan tanpa alasan kawasan Zijincheng diberi nama Kota Terlarang, sebab di masa kejayaannya rakyat tidak boleh memasuki wilayah ini. Kawasan Kota Terlarang adalah wilayah yang suci sebab kaisar tinggal di sini. 

Para kaisar Tiongkok diyakini merupakan Putra Surga sehingga Kota Terlarang dibangun sebagai replika Istana Ungu di surga. Bahkan, kabarnya, hanya para kasim terpilih yang diperbolehkan memasuki ruang pribadi raja di wilayah istana dalam. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here