Bukannya meredup, Dapur Cokelat justru terus bersinar di usianya yang ke-21 tahun ini. Berkat kegigihan sang pendiri, Ermey Tristiarty, beserta suaminya, Okky Dewanto, toko pastry dan cokelat yang berdiri pada 2001 ini tetap mendapatkan tempat di hati para penggemar cokelat meski zaman perlahan berubah.

"Terima kasih kepada Chocolaters karena telah memilih Dapur Cokelat sebagai toko pastry dan cokelat favorit, kita bersama-sama melewati berbagai masa sejak berdiri di tahun 2001 silam. Pelanggan setia Dapur Cokelat di awal berdiri didominasi oleh generasi 90-an. Saya ingat pelanggan kami saat itu adalah gadis-gadis ABG, yang sekarang menjadi ibu, dan kini anak-anaknya pun ikut menikmati produk cake dan cokelat kami," ungkap Ermey.

Luncurkan aplikasi

Dalam perayaan ulang tahun ke-21 ini, Dapur Cokelat sekaligus meluncurkan sebuah aplikasi yang akan memudahkan pelanggan untuk menikmati produk-produk mereka. Dirancang agar user-friendly, aplikasi ini memungkinkan pemesanan, metode pembayaran, dan pengiriman yang lebih sesuai dengan keinginan pembeli.

Ada harga khusus Rp75 ribu untuk pembelian Double Chocolate Loaf Cake untuk pengguna yang baru mengunduh aplikasi dan cashback untuk transaksi selanjutnya. Member yang berulang tahun pun akan dipilih secara acak untuk mendapatkan kue ulang tahun tiap bulannya.

Soal rasa, Dapur Cokelat punya standar yang sama untuk 29 outlet dan 45 delivery point yang mereka miliki. Pengiriman pun dijamin aman. Sehingga, para pembeli tak perlu khawatir mengenai kualitas produk Dapur Cokelat.

Kembangkan usaha dessert box

Luncurkan Aplikasi, Inovasi Warnai 21 Tahun Perjalanan Dapur Cokelatinstagram.com/chillnbox.id

Dapur Cokelat tak mengabaikan tren dessert box begitu saja. Setelah melakukan serangkaian uji coba resep, mereka meluncurkan sebuah sister brand bernama Chill'n Box pada 2020. Wadahnya didesain agar mudah dibawa dan tentu varian rasa yang unik dan beragam.

Menu andalan mereka adalah Chocolight dan Apricot Chocolate yang didominasi rasa cokelat. Selain bisa didapatkan di gerai dan pick up point Dapur Cokelat, produk-produk Chill'n Box juga bisa dipesan melalui GrabFood, GoFood, ShopeeFood, dan Traveloka Eats.

Buku rekaman perjalanan sudah cetakan kedua

Luncurkan Aplikasi, Inovasi Warnai 21 Tahun Perjalanan Dapur Cokelatdok. Dapur Cokelat

Untuk merekam jatuh bangunnya bersama Dapur Cokelat, Ermey menuangkannya ke dalam sebuah buku berjudul Dapur Cokelat Bercerita. Dibantu oleh Asteria Elanda untuk menulisnya, buku ini telah mencapai cetakan kedua. Tak hanya dari sudut pandang Ermey, Okky sang suami pun turut andil bercerita dalam buku ini.

Bagi Ermey, buku ini sangatlah berarti baginya. Di sana, terdapat fotonya bersama keluarga besar yang diambil oleh fotografer Honda Tranggono. Itu adalah foto keluarga terakhir sebelum ayah, kakak, dan adiknya berpulang ke Yang Maha Kuasa dalam jangka waktu lima hari berturut-turut.

Luncurkan Aplikasi, Inovasi Warnai 21 Tahun Perjalanan Dapur Cokelatdok. Dapur Cokelat

Selain itu, ia juga berbagi motivasi seputar menjalankan bisnis bakery dan pâtisserie untuk para pembaca, khususnya generasi muda, agar bisa terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Saya sungguh berterima kasih kepada pelanggan kami yang selalu setia hingga Dapur Cokelat kini berusia 21 tahun. Kami akan terus dan tidak akan berhenti untuk mendengarkan masukan dan saran dari pelanggan kami, sehingga Dapur Cokelat terus dapat berinovasi, meningkatkan kualitas, dan berkembang untuk menciptakan produk yang terbaik dari masa ke masa,” ujarnya.

Bentuk terima kasih lain dari Dapur Cokelat untuk ulang tahunnya kali ini adalah produk legendaris Two Season Cake akan kembali diluncurkan dengan versi bebas gluten agar lebih sehat. Selain itu, ada kejutan harga spesial Rp199 ribu untuk seluruh kue ukuran regular yang dipesan di aplikasi.

Inspiratif banget, ya, Bela? Usia bisnis Dapur Cokelat yang telah lebih dari dua dekade ini secara tak langsung menggambarkan kegigihan para penggeraknya. Meski dihantam berbagai cobaan, mereka terus maju dan mempelajari tren yang berkembang. Patut dicontoh, nih!

Baca Juga: Bangkitkan Industri Kuliner, Hangry Ajak Brand F&B untuk Bergabung

Baca Juga: Mudah! Begini Cara Mendaftarkan Usaha Sendiri di ShopeeFood

Baca Juga: 7 Tips untuk Kamu yang Ingin Mulai Usaha di Bidang Kuliner