Ini Fakta Baru yang Terungkap dari Film Dokumenter 'Burning Sun' BBC

Ternyata mendiang Goo Hara punya peran penting

Ini Fakta Baru yang Terungkap dari Film Dokumenter 'Burning Sun' BBC

BBC menayangkan film dokumenter Burning Sun: Exposing the secret K-pop chat groups pada 19 Mei 2024. Tayangan berdurasi satu jam tersebut mengungkap kronologi dan fakta tersembunyi dari kasus yang melibatkan Seungri eks-BIGBANG, solois Jung Joon Young, dan Choi Jong Hoon eks-F.T Island pada awal 2019 lalu.

Film dokumenter ini berasal dari salinan percakapan grup obrolan KakaoTalk milik Jung Joon Young yang dikirimkan seorang anonim kepada pengacara korban. Berikut rangkuman faktanya.

Kasus molka Jung Joon Young mulai terungkap sebelum skandal Burning Sun

Ini Fakta Baru yang Terungkap dari Film Dokumenter 'Burning Sun' BBC

Skandal Burning Sun mulai terungkap pada awal 2019 dan merembet ke grup obrolan yang melibatkan Seungri. Di sana, ia bersama Jung Joon Young, Choi Jung Hoon, dan sejumlah anggota lainnya kerap membicarakan video asusila yang direkam diam-diam (di Korea Selatan kerap disebut dengan istilah molka) dan dibagikan oleh Jung Joon Young.

Rupanya, dugaan kasus molka terhadap Jung Joon Young tersebut sudah berembus sejak 23 September 2016. Jurnalis bernama Park Hyo Sil menjadi pihak yang mengangkat cerita ini berdasarkan laporan dari seorang perempuan–dengan nama samaran Kyungmi–yang pernah menjadi korbannya.

Kabar ini sempat menghebohkan publik dan membuat Jung Joon Young dipanggil oleh pihak kepolisian. Akan tetapi, ponsel yang harusnya menjadi barang bukti justru disembunyikan di sebuah perusahaan forensik swasta. Kyungmi dan pengacaranya lalu menghadapi situasi sulit karena tidak adanya bukti. 

"Berdasarkan pengacaranya, jika tidak ada bukti yang memadai, ia (Kyungmi) akan berakhir menerima hukuman berat karena melempar tuduhan yang tidak benar. Ia takut ketika mendengarnya sehingga tidak mengambil langkah hukum. Kyungmi lalu membuat pernyataan terbuka bahwa Jung Joon Young tidak bersalah dan meminta maaf kepadanya. Agensi Jung Joon Young buru-buru menggelar konferensi pers untuk membersihkan namanya," ujar Park.

Footage perlakuan kasar Seungri kepada perempuan terungkap

Di media sosial, potongan footage perlakuan kasar Seungri kepada seorang pelayan perempuan langsung menyebar dengan cepat. Video tersebut belum pernah tersebar sebelumnya sehingga membuat netizen cukup tercengang dengan fakta baru ini.

Seungri sendiri merupakan pemilik bisnis klub Burning Sun. Ia divonis 18 bulan penjara atas kasus prostitusi, judi, dan tujuh dakwaan lain. Ia telah menyelesaikan hukuman tersebut pada 9 Februari 2023 lalu.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here