Berdampak Lewat Kreativitas Versi F. Aming Santoso & Cinta Laura Kiehl

Jadi upaya pemberdayaan potensi anak bangsa

Berdampak Lewat Kreativitas Versi F. Aming Santoso & Cinta Laura Kiehl

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Ada ribuan jalan untuk menciptakan dampak positif di lingkungan masyarakat. F. Aming Santoso (President Director sekaligus CEO iForte & Protelindo Group) dan Cinta Laura (artis dan pengusaha) memilih cara-cara kreatif, mulai dari memperkenalkan budaya Indonesia hingga menularkan cara kreatif berpikir kepada anak-anak di area yang kurang terjangkau.

Cerita lebih lengkapnya, F. Aming Santoso dan Cinta Laura Kiehl membagikannya di acara Fortune Indonesia Summit 2024 sesi Rebalancing Value and Values pada Kamis (7/3). Keduanya membeberkan perspektif menarik tentang cara memberdayakan anak-anak bangsa lewat sebuah gerakan kreatif.

Ingin kenalkan budaya

Berdampak Lewat Kreativitas Versi F. Aming Santoso & Cinta Laura Kiehl

Perusahaan iForte dan Protelindo merupakan penggagas Pagelaran Sabang Merauke. Tahun 2024, pertunjukan ini sudah menginjak tahun kelima yang akan diadakan pada 17–18 Agustus mendatang dengan tema The Indonesia Broadway. Selama lima tahun itu pula talenta-talenta bangsa dirangkul sebagai penampil lewat proses audisi.

Nyatanya, iForte dan Protelindo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi alih-alih seni. F. Aming Santoso selaku President Director sekaligus CEO mengungkap bahwa inilah caranya menjangkau masyarakat lebih luas, sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia yang indah.

"Bicara value dan values perusahaan biasa. Value itu kan kinerja, keuntungan. Kalau values perusahaan itu misalnya capability, teamwork, profesionalisme, inovasi–yang menunjang value. Tapi kalau itu aja kan tidak cukup. Makanya kita cari sesuatu yang kreatif, yaitu budaya Indonesia yang indah, buat suatu pagelaran. Harapannya bisa mem-balance value dan values konvensional ini," ujar Aming.

Berkontribusi untuk kegiatan sosial

Sementara itu, Cinta Laura Kiehl menularkan dampak positif tersebut lewat pendidikan dan gerakan sosial. Sebagai insan yang telah lama terjun dunia hiburan, ia memanfaatkan pengetahuannya di industri ini sebagai celah untuk mencerdaskan anak bangsa.

"Konten-konten yang mereka konsumsi melalui media online, media sosial tidak membantu mereka membangun critical thinking atau problem solving skill. Apa yang akan terjadi pada masa depan negara kita? Dari situ aku berpikir, karena sudah sekian belas tahun aku bergerak di industri entertainment, bagaimana caraku sebagai entertainer untuk berkontribusi terhadap cara berpikir anak Indonesia? Melalui Cinta Para Semesta (CPS) ada platform Puella, yaitu wadah agar anak muda Indonesia bisa berdiskusi tentany isu terkini," tutur sosok peraih Fortune 40 Under 40 2024 ini.

Selain itu, Cinta juga dikelilingi oleh keluarga yang punya jiwa sosial tinggi. Melalui Soekarseno Foundation, keluarganya berupaya meratakan akses pendidikan di daerah-daerah tak terjangkau seperti di kaki Gunung Salak. Terbaru, ia ingin berkontribusi untuk Papua dengan dana yang telah dikumpulkannya lewat gerakan Act For Love.

"Setelah acara Fortune ini aku dan timku di Act For Love akan terbang ke Papua untuk pertama kalinya. Sebagai orang yang belum pernah menginjakkan kaki di Papua, aku nggak tahu harus mulai dari mana. Tapi dari situ aku minta diperkenalkan oleh gubernur setempat dan aku akan melihat langsung apa yang dibutuhkan warga setempat," ungkapnya.

Ternyata, cara untuk memberi dampak positif kepada masyarakat ada beragam, ya, Bela. Salut banget dengan kreativitas dua sosok ini!

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here