5 Negara Alami Gelombang Panas Terparah, Adakah Indonesia?

Suhu panas sampai tembus sampai 50 derajat Celsius!

5 Negara Alami Gelombang Panas Terparah, Adakah Indonesia?

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Kamu merasakan akhir-akhir ini begitu gerah, Bela? Rupanya, gelombang panas atau heat wave tengah melanda sejumlah negara Asia, terutama di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Fenomena yang disebabkan oleh pergerakan semu matahari ini membuat suhu rata-rata di beberapa kota mengalami peningkatan. 

Meskipun demikian, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa suhu panas yang melanda Indonesia rupanya bukan termasuk gelombang panas, lho. Berikut daftar negara yang benar-benar mengalami gelombang panas.

1. Bangladesh

5 Negara Alami Gelombang Panas Terparah, Adakah Indonesia?

Mengutip siaran pers resmi BMKG, Bangladesh tercatat memiliki daerah dengan suhu terpanas dalam fenomena gelombang panas kali ini. Pada 17 April, suhu di kota Kumarkhali, distrik Kusthia tercatat sebesar 51,2 derajat Celsius. 

"Sebuah gelombang panas akut tengah melanda distrik Dhaka, Faridpur, Manikgonj, Pabna, Bagerhat, Jashore, Chuadanga, dan Kushtia. Juga gelombang panas ringan hingga sedang menyapu tempat lain di seluruh negeri dan (memiliki) kemungkinan berlanjut," ungkap Met Office dalam buletin, dikutip dari The Business Standard.

2. India

Di media sosial, netizen tengah dihebohkan dengan suhu ekstrem India yang sampai membuat aspal jalanan meleleh. Penelusuran Popbela menemukan bahwa video tersebut terjadi pada 11 April kemarin, tepatnya di kota Surat. Hal serupa juga dilaporkan terjadi di kota Ahmedabad sebulan sebelumnya, mengutip dari Times of India.

Karena kejadian ini, masyarakat setempat mempertanyakan kualitas aspal yang digunakan oleh kontraktor. Namun, suhu juga diduga berpengaruh mengingat akhir-akhir ini suhu tertinggi di sana mencapai 44 derajat Celsius. Hal ini juga mengakibatkan 13 orang tewas dan muncul anjuran untuk mengurangi kegiatan di luar ruangan.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here