Setelah dua tahun melarang adanya kegiatan mudik menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri, di tahun 2022 ini pemerintah telah mengizinkan pelaksanaan mudik. Masyarakat diperbolehkan mudik dengan syarat sudah mendapatkan vaksin. 

Tidak hanya mengizinkan, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan bahkan memfasilitasi kegiatan mudik dengan menyelenggarakan program Mudik Gratis 2022. Siapa saja boleh mengikuti program ini. Kamu salah satu yang ingin mudik dan ingin memanfaatkan program ini? Simak selengkapnya mengenai syarat dan caranya di sini, ya!

Daerah tujuan mudik program Mudik Gratis 2022

Mau Mudik Gratis? Ini Cara Daftar & Syarat Mudik Gratis 2022 KemenhubIDNTimes.com/Dini Suciatiningrum

Program Mudik Gratis 2022 ini diselenggarakan dengan tujuan mudik yang terbagi menjadi dua wilayah, yakni wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Untuk tujuan mudik ke Jawa Tengah meliputi Tegal, Semarang, Demak, Kudus, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Wonosobo, Kebumen, dan Purwokerto. Sementara itu, untuk wilayah Jawa Barat, lokasi tujuannya meliputi Cirebon, Tasikmalaya, dan Garut. 

Apakah kampung halamanmu termasuk dari yang disebutkan di atas, Bela?

Jadwal keberangkatan program Mudik Gratis 2022

Untuk menuju lokasi tujuan mudik tersebut, pemerintah telah menyediakan 270 unit bus untuk mengangkut sekitar 10 ribu penumpang. Untuk arus balik, pemerintah hanya menyediakan sekitar 80 unit bis untuk sekitar 2.400 penumpang.

Jadwal keberangkatan program Mudik Gratis 2022 akan dilaksanakan pada 28-29 April 2022. Untuk tanggal 28 April 2022, keberangkatan akan dilaksanakan dari Terminal Tipe A di Bogor, Depok, dan Tangerang. Kemudian, untuk tanggal 29 April 2022, keberangkatan akan dilakukan dari Terminal Tipe A di Jakarta.

Syarat mengikuti program Mudik Gratis 2022

Mau Mudik Gratis? Ini Cara Daftar & Syarat Mudik Gratis 2022 KemenhubUnsplash.com/Ash Gerlach

Jika jadwal keberangkatanmu cocok dan ada lokasi tujuan mudikmu, perhatikan syarat untuk mengikuti program Mudik Gratis 2022, ya, agar kamu lolos dan bisa mendapatkan kesempatan ini. Syarat-syarat tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Calon peserta mudik gratis 2022 wajib memiliki dokumen sah kependudukan, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).
  • Calon peserta mudik juga sudah memperoleh vaksin lengkap atau booster. Bagi calon pemudik yang baru mendapat vaksinasi dosis kedua, wajib membawa hasil negatif tes antigen maksimal 1x24 jam, atau PCR maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.
  • Bagi calon pemudik yang baru mendapat vaksinasi dosis pertama, wajib membawa bukti tes PCR maksimal 3x24 jam sebelum pemberangkatan.
  • Untuk calon pemudik yang mempunyai kondisi khusus yang membuat dirinya tidak bisa divaksinasi, dapat membawa bukti hasil tes PCR 3x24 jam, serta surat keterangan dari rumah sakit pemerintah bahwa yang bersangkutan belum atau tidak dapat mengikuti vaksinasi pada saat pemberangkatan.
  • Peserta anak-anak diwajibkan menyerahkan dokumen KK.
  • Selama pendaftaran dan proses keberangkatan, peserta mudik wajib mengunduh dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Namun, jika ada peserta mudik yang tidak memiliki smartphone, mereka bisa membawa kartu vaksin dan booster.
  • Peserta mudik wajib menaati protokol kesehatan.
  • Peserta mudik wajib membawa e-tiket untuk mengambil nomor bus. E-tiket ini bisa didapatkan dengan mendaftarkan diri melalui situs mudikgratishubdat.dephub.go.id.

Cara mendaftar program Mudik Gratis 2022

Jika kamu merasa sudah memenuhi persyaratan yang dibahas pada poin sebelumnya, kamu bisa langsung mendaftar ke laman resmi Departmen Perhubungan. Ada pun caranya adalah sebagai berikut.

  1. Kunjungi laman https://mudikgratishubdat.dephub.go.id melalui peramban atau browser di laptop, komputer, atau ponsel.
  2. Jika sudah terbuka, pada halaman awal situs, klik opsi "Daftar Mudik".
  3. Masukkan data diri seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP dan nomor telepon aktif.
  4. Masukkan status vaksinasi yang telah dilakukan (vaksin dosis pertama, kedua, atau booster).
  5. Masukkan jumlah pemudik (sendiri atau dengan penumpang lain).
  6. Bila berangkat dengan penumpang lain, jangan lupa pula isikan data dirinya juga seperti nama lengkap, NIK, dan status vaksinasi.
  7. Pastikan data sudah terisi dengan benar. Kemudian klik opsi "Kirim Data Peserta" untuk menuju ke halaman berikutnya untuk memilih jadwal pengambilan tiket.
  8. Pilih lokasi keberangkatan dari daftar yang tersedia, berikut dengan tujuan akhir.
  9. Pilih jenis mudik (hanya mudik saja atau mudik-balik).
  10. Bila kamu memilih jenis mudik saja, pilih tanggal dan lokasi untuk pengambilan tiket. Namun, jika memilih jenis mudik-balik, pilih opsi "mudik dengan motor" atau "mudik tanpa motor".
  11. Jika kamu memilih "mudik dengan motor", masukkan nomor polisi kendaraan, kemudian pilih tanggal dan lokasi pengambilan tiket.
  12. Apabila kamu memilih "mudik tanpa motor", pilih tanggal dan lokasi untuk pengambilan tiket.
  13. Jangan lupa pastikan kembali bahwa data telah terisi dengan benar. Setelah itu, klik opsi "Simpan".
  14. Calon pemudik akan memperoleh kode QR atau e-tiket yang berisi detail data diri sebagai bukti pendaftaran program mudik gratis 2022.
  15. Simpan dan jangan lupa membawa kode QR tersebut ke lokasi pengambilan tiket yang tadi sudah ditentukan jadwalnya.

Jadwal pendaftaran program Mudik Gratis 2022

Mau Mudik Gratis? Ini Cara Daftar & Syarat Mudik Gratis 2022 KemenhubUnsplash.com/Jalal Kelink

Jadwal pendaftaran program Mudik Gratis 2022 sudah dibuka mulai tanggal 18-24 April 2022. Sementara itu, jadwal validasi dan pengambilan tiket dibuka mulai 19-24 April 2022 pukul 09.00-16.00 WIB.

Siap mudik secara cuma-cuma, Bela? Catat jadwalnya dan perhatikan syaratnya, ya!

Baca Juga: "Alunan Temu" Jadi Lantunan Sejuk di Hati, Temani Mudik Bersama IM3

Baca Juga: Jalin Silaturahmi dengan 5 Ide Hampers Lebaran Cantik ini

Baca Juga: 6 Hadis Tentang Silaturahmi dan Keutamaannya