Babak Baru #BlackLivesMatter, Berbagai Perubahan yang Terjadi 

Inilah runut kejadian yang akan dicatat sejarah

Babak Baru #BlackLivesMatter, Berbagai Perubahan yang Terjadi 

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Pasca kematian George Floyd pada 25 Mei 2020, protes mengguncang kota Minneapolis dan menyusul kota-kota lain di Amerika. Gerakan kemanusiaan dengan tagar #BlackLivesMatter yang diusung sejak 2013, kembali menggaung. Namun, kali ini dengan progres yang lebih masif.

Puluhan ribu orang telah berkerumun di jalan-jalan untuk mengekspresikan kemarahan dan kesedihan mereka, siang dan malam. Hal tersebut pun bahkan tak luput dari rumor penyusupan pihak lain yang ingin membuat protes damai ini menjadi protes rusuh dengan perusakan berbagai fasilitas publik.

Sejak kematian Floyd—dan tumpukan amarah atas ketidakadilan terhadap status hukum yang mengakibatkan kematian Breonna Taylor, protes telah meletus di (setidaknya) 140 kota di Amerika Serikat dan beberapa negara lain, seperti New Zealand, Kanada, hingga Inggris.

Semenjak protes berlangsung dari akhir Mei tersebut, perkembangan besar apa saja yang terjadi?

1. Setelah demonstrasi dimulai pada 26 Mei, di Minneapolis, unjuk rasa menyebar ke berbagai negara bagian, dimulai dari Memphis dan Los Angeles.

Babak Baru #BlackLivesMatter, Berbagai Perubahan yang Terjadi 

2. Setelah unjuk rasa merebak di beberapa negara bagian, mantan petugas kepolisian yang bertanggung jawab atas penangkapan George Floyd dan menyebabkan ia kehilangan nyawa, ditangkap dan didakwa pada 29 Mei 2020. Mengutip dari CNN Amerika, mereka adalah (kiri ke kanan) Derek Chauvin, J. Alexander Kueng, Thomas Lane dan Tou Thao.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here