Sundance Film Festival: Asia persembahan Sundance Institute dan XRM Media yang didukung oleh IDN Media akan kembali hadir di tahun 2022 ini, yaitu pada 25-28 Agustus 2022 di Jakarta, Indonesia.

Pada tahun keduanya ini, Sundance Film Festival: Asia akan dilakukan secara offline. Penonton akan bisa hadir menikmat pemutaran film, menyaksikan diskusi panel, dan berbagai rangkaian acara lainnya yang dirancang khusus untuk audiens Indonesia. Seluruh rangkaian acara akan diumumkan pada pertengahan tahun ini.

"Kami sangat senang untuk kembali bekerja sama dengan XRM Media dalam menghadirkan festival ini secara offline di Jakarta. Ini merupakan kesempatan berharga untuk membagikan film-film independen favorit kita semua pada penonton di Indonesia," ujar Tabitha Jackson, Festival Director Sundance Film Festival, seperti dikutip dari rilis yang diterima Popbela.

William Utomo, Chief Operating Officer IDN Media menambahkan, "Kami sangat antusias untuk menghadirkan Sundance Film Festival: Asia secara offline dan tentunya tetap memberikan yang terbaik untuk para pecinta film di Indonesia. Semoga festival ini bisa terus menjadi platform yang mendukung kemajuan industri film."

Tak berhenti di Sundance Film Festival yang diadakan Januari lalu, Sundance akan terus mencari karya film pendek dari filmmaker berbakat di seluruh dunia.

"Tahun lalu, kompetisi film yang kami adakan berjalan sangat sukses. Kami sangat mengagumi karya-karya yang didaftarkan, 10 karya terbaik di kami tampilkan Sundance Asia dan 2 karya terpilih ditayangkan di Sundance Film Festival pada Januari lalu. Kami antusias untuk melihat lebih banyak karya di kompetisi tahun ini," ungkap ujar Mike Plante, Senior Short Film Programmer Sundance Film Festival. 

Siap-Siap, Sundance Film Festival: Asia 2022 akan Hadir Secara OfflineDok. IDN Media

Untuk terus mendukung filmmakers Indonesia, Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia yang disponsori oleh Argo pun akan kembali diadakan. Para filmmakers bisa mendaftarkan film pendek genre apapun karya mereka yang sudah selesai diproduksi pada atau sesudah 1 Januari 2020, dengan durasi film selama 3-20 menit. Pendaftaran dibuka mulai 18 April hingga 31 Mei 2022 untuk Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas yang tinggal di dalam maupun luar negeri.

Dewan juri yang merupakan perwakilan dari Sundance Institute, IDN Pictures, dan Argo akan mengkurasi pilihan film pendek dari seluruh pendaftar yang masuk. Dewan juri juga akan memilih pemenang penghargaan Jury Award yang akan menerima hadiah US$2.000 yang disponsori oleh Argo. Nama-nama yang akan menjadi dewan juri dalam kompetisi ini adalah sebagai berikut.

● Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival
● Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival
● Mike Plante, Senior Programmer, Short Film, Sundance Film Festival
● Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
● Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo

Film pendek yang terpilih akan ditayangkan di platform Argo saat Sundance Film Festival: Asia 2022 bulan Agustus nanti dan juga didistribusikan secara global melalui platform Argo setelah festival berlangsung. Selain itu, mereka juga akan berkesempatan mengikuti seleksi untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2023.

Informasi mengenai cara pendaftaran serta syarat dan ketentuan bisa dilihat melalui situs https://SundanceFilmFestivalAsia.org atau halaman Film Freeway di
https://filmfreeway.com/SundanceAsia.

Baca Juga: Sundance Film Festival Asia: Berani Ikut Festival Demi Promosi Karya

Baca Juga: Sundance Film Festival: Asia 2021, Film Rilisan Digital Vs Bioskop

Baca Juga: Sundance Film Festival: Asia 2021 Dilaksanakan Meriah di Indonesia