Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, penetapan tanggal 1 Ramadan 1442 H juga akan melalui sidang penetapan (isbat) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Dalam sidang ini, Menteri Agama akan mendengarkan laporan pemantauan bulan (hilal) di beberapa titik yang menjadi penanda datangnya 1 Ramadan 1442 H.

Tiga tahap sidang isbat

Sidang isbat ini akan dimulai pada 12 April 2021 pukul 16.45 WIB dengan tiga tahapan. Tahapan sidang isbat tersebut adalah sebagai berikut.

Tahap pertama akan dimulai dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1442 H yang disampaikan oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag pada pukul 16.45 WIB dan disiarkan langsung melalui tayangan televisi.

Tahap kedua, setelah salat maghrib sidang isbat awal Ramadan baru akan digelar secara tertutup.

Lalu pada tahap ketiga, akan digelar konferensi pers untuk menyampaikan hasil sidang isbat oleh Menteri Agama yang juga akan disiarkan melalui TVRI dan media sosial Kemenag.

Sah! Hasil Sidang Isbat Tetapkan 1 Ramadan 1442 H Besok, 13 April 2021ANTARA FOTO

Hasil sidang Isbat menetapkan 1 Ramadan 1442 H jatuh pada 13 April 2021

Berdasarkan tahapan sidah isbat yang telah dilaksanakan, maka Menteri Agama menetapkan bahwa 1 Ramadan 1442 H, jatuh pada 13 April 2021. Itu artinya, mulai malam ini, umat Islam di Indonesia sudah dapat melaksanakan ibadah salat tarawih dan mempersiapkan diri untuk sahur agar dapat menjalankan ibadah puasa di esok hari.

"Keputusan dari sidang isbat tadi tanpa ada perbedaan, tanpa ada dissenting opinion, bersepakat dan kami menetapkan bahwa 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada tanggal 13 April 2021," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai sidang isbat penentuan awal Ramadan yang disiarkan daring hari ini.

Selamat berpuasa kepada semua pembaca Popbela yang melaksanakan ibadah puasa. Semoga kita bisa melaluinya dengan baik dan wabah ini bisa segera berlalu.

Baca Juga: Menyentuh, Ini 11 Ucapan Maaf Menjelang Puasa Ramadan

Baca Juga: Penuh Suka Cita, Ini 15 Ucapan Sambut Ramadan Lengkap dengan Gambar

Baca Juga: 7 Cara Efektif Mengkhatamkan Alquran di Bulan Ramadan