Jaringan Komunikasi, Jadi Hal Paling Penting Selama Masa Pandemi

CEO Ericsson, Börje Ekholm: "Lebih penting dari sebelumnya"

Jaringan Komunikasi, Jadi Hal Paling Penting Selama Masa Pandemi

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Di masa pandemi seperti saat ini, nyaris semua kegiatan dilakukan dari rumah. Mulai dari pekerjaan, sekolah, bahkan beribadah pun dilakukan di rumah. Jika sudah begini, konektivitas jaringan komunikasi yang baik menjadi hal paling penting agar semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

Hal ini pula yang menjadi perhatian khusus bagi perusahaan telekomunikasi global, Ericsson. Melalui rangkaian acara Ericsson UnBoxed Office, President and CEO Ericsson, Börje Ekholm, menjelaskan pentingnya konektivitas selama masa krisis, serta kesempatan yang kita miliki saat ini untuk memikirkan kembali bagaimana jaringan dapat digunakan di masa depan.

Ericsson berupaya memberikan jaringan komunikasi terbaik selama masa pandemi

Jaringan Komunikasi, Jadi Hal Paling Penting Selama Masa Pandemi

“Kesehatan, keamanan, dan kesejahteraan karyawan, pelanggan, serta mitra kami merupakan prioritas utama kami,” ujar Ekholm dalam menanggapi krisis COVID-19 yang sedang berlangsung. “Kami bekerja keras dalam melakukan apa yang dapat kami kontribusikan dalam upaya mengendalikan dan memperlambat pandemi ini.” 

Ekholm menekankan pentingnya jaringan komunikasi yang kuat dan dapat diandalkan pada keadaan saat ini. Menjaga hubungan baik untuk tetap dekat dengan pelanggan serta selalu menyediakan konektivitas dan kualitas jaringan terbaik bagi mereka juga merupakan hal yang penting untuk terus dilakukan.

“Bahkan di saat sebuah negara menjalani lockdown, teknisi kami tetap bekerja untuk menjaga jaringan tetap siaga dan berjalan normal,” ujarnya.

Ia juga menyoroti perubahan transformatif yang telah terjadi pada jaringan selama dua bulan terakhir. Perubahan tersebut menunjukkan perpindahan trafik secara cepat dari area bisnis ke area perumahan hanya dalam hitungan hari. Pada banyak jaringan, trafik meningkat sebesar 20 persen.

Bahkan dengan aturan “stay at home” (di rumah saja) yang berlaku hampir di seluruh dunia, Ericsson mampu memfasilitasi  karyawan yang mengoperasikan jaringan pelanggan dari Network Operation Centers global di rumah mereka masing-masing tanpa memengaruhi kinerja mereka.

Ericsson menetapkan aturan kerja jarak jauh secara global sejak awal Maret dan kini sebanyak 85.000 karyawannya rutin bekerja dari rumah.

Kualitas jaringan menjadi hal paling penting

“Lebih penting dari sebelumnya, konektivitas adalah kunci. Seiring dengan penyebaran COVID-19, jaringan telekomunikasi yang stabil (fixed) dan seluler telah menjadi bagian yang lebih besar dalam infrastruktur yang sangat kritikal saat ini. Hal ini menunjukkan pentingnya kualitas pada konektivitas,” ujar Ekholm.

Berdasarkan studi terbaru tentang data siklus hidup 4G pada lebih dari 30 negara, Ericsson menganalisa hubungan antara kualitas jaringan dan kinerja keuangan. Kesimpulan dari studi tersebut menunjukan bahwa kualitas jaringan merupakan cara ampuh untuk menurunkan tingkat berhentinya pelanggan (churn rate) dan meningkatkan pendapatan rata-rata dari tiap pengguna (ARPU). 

5G menawarkan kesempatan bagi penyedia layanan untuk memperoleh keuntungan sebagai penggerak pertama (first-mover) serta menciptakan perbedaan performa jaringan yang signifikan dengan pesaing.

“Kami telah melihat tanda-tanda awal dari penyedia layanan yang memonetisasi berbagai kesempatan bisnis dari 5G. Hal tersebut terjadi dengan adanya tren ARPU yang positif dan pendapatan yang terus meningkat dalam menjadi pelopor di pasar 5G,” ucap Ekholm.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here