Ini Kabar Platform Video on Demand di Indonesia selama Masa Pandemi

Ada yang untung besar, ada pula yang terpaksa tutup

Ini Kabar Platform Video on Demand di Indonesia selama Masa Pandemi

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Selama tiga bulan beraktivitas di rumah saja, tentu jadi banyak kegiatan dan kebiasaan baru yang kita lakukan. Mulai dari berkebun, merintis bisnis, hingga ketagihan nonton drama Korea. Apapun yang kita lakukan, semuanya memiliki tujuan yang sama, yakni mengisi waktu selama berada di rumah.

Karena nggak bisa menonton di bioskop, menonton film dan serial melalui platform video on demand menjadi pilihan yang tepat. Di masa pandemi ini pun, penyedia layanan video on demand juga mengalami pasang surut. Ada yang meraup banyak untung karena bertambahnya jumlah subscriber. Tapi, ada pula yang terpaksa tutup.

Bagaimana, ya, kabar deretan penyedia layanan platform video on demand di Indonesia selama masa pandemi ini?

1. Netflix

Ini Kabar Platform Video on Demand di Indonesia selama Masa Pandemi

Dari semua penyedia layanan paltform video on demand, Netflix menjadi perusahaan yang paling banyak meraup keuntungan di masa pandemi ini. Awal tahun 2020 ini, jumlah pelanggan berbayar Netflix bertambah 15,77 juta dibandingkan quarter sebelumnya. Tahun ini, sampai bulan Maret 2020, jumlah pelanggan berbayar Netflix mencapai 182,86 juta.

Salah satu alasan mengapa jumlah pelanggan Netflix bertambah secara signifikan adalah rilisnya beragam konten original Netflix yang meraih rating tinggi dan viral. Sebut saja serial drama Crash Landing On You, Itaewon Class, dan Sex Education.

2. Viu

Selanjutnya ada Viu yang juga mengalami pertumbuhan jumlah pelanggan berbayar. Viu mengalami pertumbuhan sebesar 20% di masa pandemi ini.

Selain karena masa pandemi dan work from home, salah satu alasan naiknya jumlah pelanggan berbayar Viu adalah tayangnya serial drama Korea yang menjadi viral di media sosial, yakni The World of The Married. Serial drama yang berdurasi 16 episode ini menjadi viral dan mendapat rating tertinggi di penayangan episode terakhirnya.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here