5 Fakta Danau Baru di Kupang yang Muncul Pasca Badai Siklon Seroja

Berbahaya nggak, ya?

5 Fakta Danau Baru di Kupang yang Muncul Pasca Badai Siklon Seroja

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Awal April 2021 lalu, kawasan Kupang, Nusa Tenggara Timur diterjang badai sebagai akibat dari siklon tropis Seroja. Badai tersebut ternyata tidak hanya mengakibatkan banjir dan rusaknya rumah warga, Bela. Tetapi juga memicu munculnya danau baru seluas dua hektar.

Bagaimana kondisi ini bisa terjadi? Simak fakta-faktanya berikut ini.

1. Fenomena yang pertama muncul setelah puluhan tahun

5 Fakta Danau Baru di Kupang yang Muncul Pasca Badai Siklon Seroja

Melansir dari ANTARA, danau baru tersebut tadinya merupakan kebun palawija milik warga yang memang struktur tanahnya lebih rendah dibandingkan dengan sekitarnya. Akibat munculnya danau tersebut, kebun palawija yang berisikan buncis, jagung, kacang dan kelapa tersebut mengalami gagal panen karena tanaman terendam air.

Warga setempat mengakui bahwa fenomena ini merupakan fenomena pertama setelah puluhan tahun.

"Danau ini mulai terbentuk saat badai siklon tropis Seroja melanda daerah ini. Pada Senin (5/4/2021) pagi kami melihat air semakin meluas dan mengenangi seluruh lahan pertanian milik petani. Luasan genangan air semakin meluas. Kejadian ini baru pertama kali terjadi, sehingga kami sangat khawatir akan munculnya bencana baru karena ketinggian air terus bertambah,” Hendrik Lasa, warga RT 14/RW 06, Kelurahan Sikumana, Kupang, seperti dikutip dari ANTARA.

2. Belasan mata air baru terus bermunculan di lokasi tersebut

Kekhawatiran Hendrik memang cukup beralasan, Bela. Sebab, sejak tanggal 5 April 2021 hingga 18 April 2021 lalu, belasan mata air baru terus bermunculan di lokasi tersebut. Bukan tak mungkin jika mata air lainnya akan bermunculan juga.

Hal ini membuat ketinggian air semakin mengkhawatirkan. Warga setempat takut jika danau tersebut akan menimbulkan bencana baru di wilayah mereka.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here