Beberapa hari ini angin kencang melanda Jakarta dan daerah sekitarnya. Beberapa pohon pun dilaporkan tumbang. Warganet juga membagikan pengalamannya dengan angin kencang ini yang sampai membuat mereka enggan ke luar rumah karena suaranya.

Hal ini ternyata diketahui sebagai akibat dari Siklon Tropis Paddy. BMKG dalam cuitannya di Twitter pada Selasa (23/11/2021) kemarin mengabarkan bahwa Siklon Tropis Paddy terpantau di Samudera Hindia selatan Jawa Tengah, bertekanan terendah 995hPa dengan kecepatan angin maksimum 40 knot atau 75 km per jam.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Siklon Tropis Paddy berdampak tidak langsung terhadap cuaca di Ibu Kota dan sekitarnya. Mereka juga menghimbau untuk waspada terhadap pohon tumbang. Berikut dampak Siklon Tropis Paddy.

Miliki dampak tidak langsung, angin kencang dan hujan lebat

Siklon Tropis Paddy Landa Jakarta, Ini Penyebab Angin Kencang Kemarinpexels.com/suparerg-suksai

Kembali melansir dari media sosial BMKG, bibit siklon tropis 90 yang awalnya dipantau BMKG telah berubah nama menjadi Siklon Tropis Paddy. Badai ini bergerak ke arah Barat dengan kecepatan 5km/jam menjauhi wilayah Indonesia.

Dari siklon tropis tersebut, dampak tidak langsung yang melanda cuaca di Indonesia antara lain:

  • Angin kencang dan hujan lebat selama 24 jam ke depan terhitung dari hari Selasa kemarin. Angin kencang di wilayah Jakarta atau pulau Jawa kemungkinan bisa terjadi karena badai ini. Daerah yang terkena dampak tidak langsung tersebut adalah Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan D.I. Yogyakarta.
  • Gelombang tinggi mencapai 1,25 – 2,5 m di perairan barat Bengkulu, Teluk Lampung bagian selatan, Selat Sunda bagian utara, perairan selatan Jawa Timur hingga Lombok, Samudra Hindia selatan Jawa Timur hingga NTB.
  • Sementara gelombang tinggi mencapai 2,5 – 4 m diperkirakan terjadi di perairan barat Pulau Enggano, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten hingga Jawa Tengah, Samudra Hindia Barat Kepulauan Mentawai hingga selatan Jawa Tengah.

BMKG: Siklon Tropis Paddy sudah punah

Siklon Tropis Paddy Landa Jakarta, Ini Penyebab Angin Kencang Kemarintwitter.com/infoBMKG

Mengutip dari beberapa sumber, kepala BMKG, Fachri Rajab menyatakan bahwa Siklon Tropis Paddy sudah punah. Badai ini sendiri diketahui sudah bergerak ke arah barat menjauhi Indonesia. Namun, dampak tidak langsung seperti hujan lebat dan angin kencang masih dapat terjadi hingga hari ini.

Siklon tropis sendiri merupakan sistem tekanan rendah dengan masa hidup berkisar rata-rata antara 3 hingga 18 hari. Energi siklon tropis didapat dari dari lautan hangat, mereka akan melemah atau punah ketika bergerak dan memasuki wilayah perairan yang dingin atau memasuki daratan.

Perkiraan cuaca hari ini di Jabodetabek

Siklon Tropis Paddy Landa Jakarta, Ini Penyebab Angin Kencang Kemarinpexels.com/mario-cuadros

BMKG dalam laman resminya menyatakan peringatan dini untuk wilayah DKI Jakarta khususnya Jakarta Timur dan Jakarta Selatan karena berpotensi hujan lebat disertai petir/kilat dan angin kencang pada siang dan sore hari. Sementara daerah lainnya diprediksi cerah hingga berawan untuk hari ini, Rabu (24/11/2021).

Karena cuaca masih belum pasti, tetap berhati-hati dan sedia payung sebelum hujan, ya, Bela. Itulah kabar terbaru mengenai angin kencang yang melanda Jakarta dan sekitarnya sebagai akibat dari Siklon Tropis Paddy.

Baca Juga: 5 Fakta Danau Baru di Kupang yang Muncul Pasca Badai Siklon Seroja

Baca Juga: Inilah 9 Tanaman Hias yang Kuat Bertahan Hidup di Musim Hujan

Baca Juga: Persiapan Musim Hujan, 15 Rekomendasi Merek Cat Genteng Anti Bocor