'Kado' Ulang Tahun DKI Jakarta 2021, PPKM Kembali Berlaku

10 ruas jalan ini akan dibatasi!

'Kado' Ulang Tahun DKI Jakarta 2021, PPKM Kembali Berlaku

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Tepat hari ini, Selasa (22/6/2021) adalah hari ulang tahun DKI Jakarta yang ke-494. Perayaan HUT DKI Jakarta kali ini menyusung tema “Jakarta Bangkit”. Di tahun-tahun sebelumnya, perayaan ulang tahun Jakarta selalu dipenuhi hingar bingar, mulai dari konser hingga pameran kebudayaan. Namun, ini adalah kali kedua Jakarta harus merayakan ulang tahunnya dalam kondisi pandemi.

Tak ada perayaan yang mewah, malah Jakarta harus menelan kepahitan bahwa kasus COVID-19 semakin meninggi. Hal itu menjadikan pengetatan PPKM kembali berlaku, mulai dari penutupan beberapa ruas jalan, penutupan toko di jam 8 malam, hingga larangan olah raga di luar rumah.

 Berikut ini adalah sederet ‘kado ulang tahun’ bagi DKI Jakarta yang amat berbeda dari sebelumnya.

Lonjakan kasus COVID-19

'Kado' Ulang Tahun DKI Jakarta 2021, PPKM Kembali Berlaku

Kasus COVID-19 di Indonesia terkhusus DKI Jakarta kembali meroket. Tercatat per Senin (21/6/2021) kemarin, 5.014 kasus terjadi dalam satu hari. Kini secara akumulasi terdapat 479.043 kasus COVID-19, dengan 439.007 pasien sudah sembuh, 7.976 orang meninggal dunia dan 20.717 orang melakukan isolasi mandiri.

Kasus kematian pun mencatat rekor tersendiri di angka 74 kasus dalam sehari. Sebelumnya kasus kematian berada di angka 70 kasus dalam sehari. Lonjakan ini sudah terjadi sejak bulan Mei tepatnya setelah hari raya Idul Fitri. Namun, semakin meroket dimana kasus harian di atas 4.000 kasus berjalan selama lima hari berturut-turut sejak Kamis (17/6/2021).

Dinas Kesehatan DKI Jakarta memprediksi lonjakan tertinggi akan terjadi pada Agustus 2021. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, Dinkes DKI memprediksi kasus aktif harian Covid-19 pada Agustus 2021 mendatang bisa mencapai 218.000. Hal ini terkait dengan varian baru virus corona, varian delta yang memiliki potensi penularan lebih cepat.

Rumah sakit yang terancam kolaps

Akibat lonjakan tersebut, rumah sakit pun dipenuhi dengan pasien yang mengantri hingga terlantar akibat menipisnya tempat tidur isolasi maupun ICU. Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) untuk tempat tidur isolasi sudah mencapai 90 persen. Sedangkan ICU sudah 81 persen.

Padahal jumlah tersebut sudah jauh meningkat sejak dua minggu lalu dan rata-rata pasien yang datang adalah pasien dengan gelaja yang berat. Mereka pun harus duduk di kursi hingga berdiri untuk menunggu mendapat perawatan.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here