Kasus Covid-19 kian melambung tinggi, maka itu vaksinasi menjadi hal yang amat diperlukan untuk membantu imun tubuh kebal dari virus. Pemerintah pun mengajak seluruh masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi ini.

Bagi kamu yang ingin vaksin dan berada di Jakarta dan sekitarnya, sejumlah lokasi di Ibu Kota ini menyediakan layanan vaksin gratis dan beberapa bisa datang langsung (walk in). Berikut rincian lokasi dan jadwalnya!

1. Jakarta international Equestrian Park, Pulomas, Jakarta Timur

Catat! Ini Lokasi Vaksin Gratis di Jakartaenesis.com

Berlokasi di Jakarta Timur, program vaksin ini diselenggarakan oleh Enesis Grup. Persyaratannya yang diperlukan adalah warga dengan KTP DKI atau domisili DKI Jakarta diperbolehkan mendaftar. Program ini berlangsung pada 21 Juni sampai dengan 8 Juli 2021 dengan waktu pelayanan dari Senin sampai dengan Jumat dimulai pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB. Untuk info selengkapnya atau mendaftar bisa langsung ke enesis.com/vaksin.

2. Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan

Universitas Budi Luhur, Jakarta Selatan juga membuka vaksin gratis bagi warga berusia 18 tahun ke atas dengan KTP DKI Jakarta atau yang berdomisili di Jakarta. Jadwal penyelenggarakan dari 21 Juni-12 Agustus 2021, Senin-Sabtu pukul 08.00-14.00 WIB. Khusus tanggal 22-24 Juni 2021 akan ditiadakan sementara dan kembali dibuka setelah tanggal tersebut.

3. RSUP Persahabatan, Klinik Vaksin Rawat Jalan, Jakarta Timur

Catat! Ini Lokasi Vaksin Gratis di Jakartatwitter.com/rs_persahabatan

Kembali berada di Jakarta Timur, RSUP Persahabatan menyelenggarakan sentra vaksin yang dibuka setiap hari Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 WIB. Persyaratan vaksinasi masih sama untuk warga berusia 18 tahun ke atas dengan KTP DKI, surat keterangan domisili DKI atau karyawan yang bekerja di wilayah Jakarta Timur. Vaksin yang digunakan adalah Sinovac. Untuk pendaftaran bisa melalui situs rsuppersahabatan.co.id/daftar-vaksin.

4. Mal Taman Anggrek, Lt.4, Jakarta Barat

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta Barat dan ber-KTP DKI Jakarta atau berdomisili di Jakarta bisa langsung mengunjungi Mal Taman Anggrek. Untuk update kuota dan waktu vaksinasi bisa dicek di akun Instagram Mal Taman Anggrek. Umumnya, vaksinasi berlangsung dari hari Senin sampai Minggu pukul 10.00 - 16.00 WIB.

Jenis vaksin yang digunakan adalah AstraZeneca untuk penerima vaksinasi dosis pertama dan Sinovac untuk penerima vaksinasi dosis kedua yang sebelumnya sudah menerima vaksinasi dosis pertama dengan jenis vaksin yang sama. Perlu diketahui bahwa dosis pertama dan kedua harus menggunakan jenis vaksin yang sama.

5. BBPK (Hang Jebat), Jakarta Selatan

Kementrian Kesehatan RI beserta Kementrian Balai Besar Pelatihan Kesehatan Jakarta menyelenggarakan vaksinasi gratis untuk warga DKI Jakarta dan domisili DKI Jakarta di BBPK (Hang Jebat), Jakarta Selatan. Vaksinasi ini kan berlaku hingga tanggal 30 Juni 2021. Waktu penyelenggaraannya, yaitu pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB. Untuk persyaratan dan ketersediaan kuota bisa langsung mengunjungi situs loket.com/event/vaksinbbpk.

6. Mall Cilandak Town Square, Jakarta Selatan

Catat! Ini Lokasi Vaksin Gratis di Jakartainstagram.com/townsquareCilandak

Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyelenggarakan vaksinasi gratis untuk warga dengan usia minimal 18 tahun dengan KTP DKI. Program ini diselenggarakan dari tanggal 15 Juni - 29 Juni 2021. Warga yang ingin divaksin, bisa datang langsung (walk in) pada hari yang sama dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. 

Persyaratannya adalah sebagai berikut.

  • Berusia 18 tahun ke atas.
  • Membawa kelengkapan KTP DKI Jakarta. Bagi yang berdomisili di DKI Jakarta, menunjukkan surat domisili dari RT RW setempat, atau bekerja di DKI Jakarta dengan membawa surat keterangan kerja/ID Card kantor.
  • Melewati screening kesehatan oleh tim vaksin pada hari H.
  • Mempunyai BPJS.
  • Tidak berlaku untuk peserta yang terdaftar di program vaksin Gotong Royong.

7. Prisma Kedoya Sport Club, Jakarta Barat

NDC Mission dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mengadakan vaksinasi covid-19 untuk umum dan gratis. Vaksin yang digunakan adalah AstraZeneca. Persyaratannya kembali untuk warga berusia 18 tahun – 60 tahun dan sehat, memiliki KTP DKI Jakarta atau domisili DKI Jakarta.

Pelaksanaannya sendiri hanya tiga hari terhitung dari Rabu, 23 Juni 2021 hingga Jumat, 25 Juni 2021, pukul 08.00 WIB – 14.00 WIB di Prisma Kedoya Sport Club. Untuk menghindari penumpukan peserta maka pendaftaran diberlakukan secara online di ndcpmna.org.

8. Fasilitas kesehatan setempat

Catat! Ini Lokasi Vaksin Gratis di Jakartaberitajakarta.id

Pemerintah DKI Jakarta juga membuka pendaftaran online vaksinasi melalui aplikasi Jakarta Kini (Jaki) atau melalui website corona.jakarta.go.id/id/vaksinasi. Pendaftaran tersebut terbuka untuk penduduk yang ber-KTP DKI Jakarta maupun bagi mahasiswa atau pekerja di Jakarta. Tak hanya online, pendaftaran juga bisa langsung mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat.

9. Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Depok

Sedikit jauh dari Jakarta, Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) juga menyelenggarakan sentra vaksinasi bagi para lansia, pra lansia, pendamping serta pelayan publik. Kuota yang disediakan terbatas. Program vaksinasi ini tidak dipungut biaya dan menggunakan jenis vaksin Sinovac produksi PT Bio Farma (Persero). Tersedia pendaftaran online melalui situs xlaxiata.co.id/id/indonesiabangkit atau datang langsung ke RSUI serta drive thru.

Itu dia sejumlah lokasi vaksin gratis di Jakarta yang bisa kamu datangi. Yuk, segera daftarkan diri kamu untuk dapat menekan penyebaran virus COVID-19.

Baca Juga: Fatwa MUI: Pemberian Vaksin Tidak Akan Membatalkan Puasa

Baca Juga: Catat! Inilah 5 Mitos Vaksin yang Perlu Kamu Ketahui

Baca Juga: Vaksin COVID-19 Gratis untuk Masyarakat Indonesia, Siapa yang Pertama?