Mengenal Beasiswa PIP, Segini Besaran yang Akan Diterima Peserta Didik

Sudah mulai disalurkan sejak Maret 2023

Mengenal Beasiswa PIP, Segini Besaran yang Akan Diterima Peserta Didik

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan pemerintah untuk menyokong terciptanya pendidikan yang berkualitas. Menyalurkan beasiswa PIP kepada peserta didik menjadi salah satu caranya, nih, Bela. 

Beasiswa PIP adalah kepanjangan dari beasiswa Program Indonesia Pintar. Sebuah program yang disalurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang diadakan setiap tahun. Di tahun 2023 ini beasiswa PIP sudah mulai disalurkan sejak Maret 2023.

Lantas apa sebenarnya beasiswa PIP, siapa saja yang berhak menerima dan berapa besaran dana yang bakal diterima pelajar?

1. Penjelasan beasiswa PIP

Mengenal Beasiswa PIP, Segini Besaran yang Akan Diterima Peserta Didik

Melansir laman Puslapdik Kemendikbud, Rabu (21/6/2023) beasiswa PIP adalah sebuah program yang dirancang demi membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin /prioritas untuk tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah.

Bentuk dari beasiswa PIP adalah bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, serta kesempatan belajar dari pemerintah untuk peserta didik di Indonesia. Meski begitu, tidak setiap orang bisa mendapat bantuan ini.

Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

2. Siapa saja yang berhak dapat beasiswa PIP

Seperti yang dikatakan di atas bahwa tidak semua orang bisa mendapatkan bantuan PIP. Hal tersebut dikarenakan beasiswa PIP berfokus kepada peserta didik yang nantinya ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Untuk itu, beasiswa PIP biasanya disalurkan kepada peserta didik di kelas terakhir, baik SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Bahkan, beasiswa PIP ini juga bisa dirasakan oleh mereka yang mengambil kelas kesetaraan, yakni Paket A, B, dan C. 

Rentang usia penerima beasiswa PIP adalah peserta didik usia 6 tahun sampai dengan 21 tahun yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membantu biaya personal pendidikan.

Nah, tahun ini merujuk pada SK yang dapat diunduh melalui laman pip.kemdikbud.go.id. ada sebanyak 325.230 peserta didik yang akan segera mendapatkan bantuan PIP, lho.

Peserta didik yang tercantum dalam SK tersebut merupakan peserta didik kelas akhir hasil pemadanan pada Dapodik, DTKS dan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPPKE).

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here