Danone-AQUA Ajak Mahasiswa Bijak Seleksi Produk Konsumsi

Rayakan 50 tahun berkarya

Danone-AQUA Ajak Mahasiswa Bijak Seleksi Produk Konsumsi

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Pola konsumsi masyarakat di Indonesia perlahan mulai membaik, terutama sejak pandemi COVID-19 melanda. Masyarakat saat ini cenderung mengikuti tren kesadaran konsumsi (conscious consumption), yaitu konsumen yang tidak hanya memperhatikan nilai ekonomis dan fungsi dari produk yang dikonsumsi saja, mereka juga memerhatikan dampak dari produk tersebut baik terhadap lingkungan, kesehatan, maupun sosial. Kamu juga ‘kan?

Melihat tren tersebut, Danone-AQUA bekerja sama dengan BEM UI mengajak masyarakat dan khususnya mahasiswa untuk membangun kebiasaan conscious consumption dalam mendukung target pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) yang dilakukan dalam sesi diskusi, Jumat (24/02/23). 

Konsumen usia muda lebih memilih produk ramah lingkungan

Danone-AQUA Ajak Mahasiswa Bijak Seleksi Produk Konsumsi

Nah, kabar baiknya, ternyata generasi mudalah yang sudah ‘melek’ terhadap kebiasaan conscious consumption itu sendiri. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui survei yang dilakukan oleh Katadata pada tahun 2022.

Konsumen pada kelompok usia muda 56,2% cenderung memilih produk ramah lingkungan, 42,1% responden tidak ragu membeli produk dalam kemasan guna ulang, serta 36,2% responden akan memilih produk komersial yang peduli terhadap isu lingkungan dan sosial, lho.

Pakar ekonomi lingkungan serta pendiri lembaga Think Policy Andhyta Firselly Utami, mengutarakan bahwa tren kesadaran konsumsi semakit meningkat di antara masyarakat seiring dengan meluasnya kesadaran tentang dampak konsumsi mereka terhadap lingkungan dan kesehatan.

“Khususnya di antara orang muda, sebagai generasi yang melek digital dan terpapar terhadap lebih banyak informasi melalui media sosial. Mereka adalah populasi terbesar dalam menerapkan kesadaran konsumsi di kehidupan sehari-hari,” pungkas perempuan yang kerap disapa Afutami.

Generasi muda berperan penting dalam bergeraknya tren conscious consumption

Saat ini Indonesia tengah masuk ke dalam masa bonus demografi, di mana Indonesia memiliki generasi muda lebih banyak. Arif Mujahidin, selaku Corporate Communication Director Danone Indonesia menganggap generasi muda merupakan salah satu faktor terpenting sekaligus menjadi dapat menjadi penggerak utama tren conscious consumption.

“Oleh karena itu, kami yakin bahwa dengan mengadopsi gaya hidup conscious consumption terutama dimulai dari kalangan muda, kita dapat memberikan dampak yang lebih positif bagi berbagai pihak,” ungkapannya.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here