Tidak Tangkal Virus Corona, Ini Bahaya Semprotkan Disinfektan ke Tubuh

Ini akibatnya jika terpapar langsung pada tubuh

Tidak Tangkal Virus Corona, Ini Bahaya Semprotkan Disinfektan ke Tubuh

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Akhir-akhir ini, marak munculnya bilik disinfektan di beberapa tempat umum, komplek perumahan dan perkantoran. Nantinya, masyarakat diminta untuk masuk ke dalam bilik untuk disemprotkan disinfektan. Hal ini diklaim dapat membunuh virus yang menempel pada tubuh, termasuk virus corona atau COVID-19.

Sayangnya, ternyata hal ini keliru, lho! 

Kenapa, ya?

Hanya untuk benda mati, bukan untuk tubuh atau baju

Tidak Tangkal Virus Corona, Ini Bahaya Semprotkan Disinfektan ke Tubuh

Melansir dari halaman resmi covid19.go.id, dikatakan bahwa disinfektan pemakainnya hanya diperuntukan untuk benda mati, bukan untuk tubuh ataupun baju kita. Tubuhmu pun tidak akan terlindungi dari COVID-19 setelah disemprotkan disinfektan jika tetap berkontak fisik dengan orang sakit.

"Cairan disinfektan bisa membersihkan virus pada permukaan benda-benda dan BUKAN pada tubuh atau baju dan TIDAK AKAN melindungi Anda dari virus jika berkontak erat dengan orang sakit," tulisnya. 

2. WHO: "Menyemprot alkohol atau klorin pada tubuh seseorang tidak akan membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh"

Organisasi kesehatan WHO Indonesia pun memberikan himbauan yang sama. Menurutnya, penyemprotan disinfektan pada tubuh tidak akan membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh, Bela.

"Tidak. Menyemprot alkohol atau klorin (bahan dasar disinfektan)  pada tubuh seseorang tidak akan membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh," tulisnya saat ditanyai apakah menyemprot tubuh dengan alkohol atau klorin dapat membunuh virus baru.

Baca Juga: 13 Mitos Mengenai Virus Corona yang Telah Dijawab Oleh WHO

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here