Peneliti Prediksi Corona Bisa Sampai September Jika Warga tak Disiplin

Displin melakukan physical distancing adalah kuncinya

Peneliti Prediksi Corona Bisa Sampai September Jika Warga tak Disiplin

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Melihat semakin naiknya angka kasus positif corona atau COVID-19 di Indonesia, beberapa ilmuwan yang tergabung dalam Ikatan Alumni Departemen Matematika FMIPA Universitas Indonesia mengeluarkan prediksi mengenai laju kasus COVID-19 di Indonesia.

Penelitian yang dilakukan oleh Barry Mikhael Cavin, Rahmat Al Kafi, Yoshua Yonatan Hamonangan, dan Imanuel M. Rustijono juga memprediksi kemungkinan terbaik dan terburuk kapan pandemi COVID-19 ini akan berakhir.

Nah, waktunya serius, nih, Bela.

1. Meyakini bahwa banyak orang yang terinfeksi namun tidak menunjukan gejala

Peneliti Prediksi Corona Bisa Sampai September Jika Warga tak Disiplin

Melalui penelitian yang berjudul "Akan sampai kapan perjuangan kita melawan pandemi COVID-19?" ini, para ilmuan yang terdiri dari Barry Mikhael Cavin, Rahmat Al Kafi, Yoshua Yonatan Hamonangan, dan Imanuel M. Rustijono meyakini bahwa banyak orang yang terinfeksi namun tidak menunjukan gejala.

Mereka pun membuat sebuah simulasi penyebaran COVID-19 di Indonesia melalui data kasus kumulatif yang dipublikasikan laman kawalcovid19.id, dari 2 Maret hingga 29 Maret 2020. Data tersebut kemudian diaplikasikan dalam kurva eksponensial dan dihitung secara matematis untuk mendapatkan nilai estimasi kasus COVID-19 di Indonesia. 

2. Membuat 3 skenario untuk prediksi berakhirnya COVID-19 di Indonesia

Melihat data yang menunjukan angka orang terinfeksi dengan jumlah yang berkali-kali lipat dari orang yang terkonfirmasi positif, penelitian ini memprediksi pandemi ini akan mencapai puncaknya pada 16 April mendatang dengan 546 kasus positif baru. Sedangkan, pandemi COVID-19 diprediksi akan mereda pada akhir Mei dan awal Juni.

Penelitian ini juga membuat 3 skenario untuk memprediksi laju kasus COVID-19 di Indonesia. Dalam skenario ini, ketegasan pemerintah dan kedisplinan saling bertanggung jawab untuk membuat pandemi ini segera mereda. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here